Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series Maladministrasi, Pemkot Banjarmasin Diminta Setop Tertibkan Reklame Sepihak

Masih Banyak Pengunjung dan Pedagang di Pasar Tidak Kenakan Masker

- Apahabar.com Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:25 WIB

Masih Banyak Pengunjung dan Pedagang di Pasar Tidak Kenakan Masker

Puluhan personel gabungan yang dipimpin Pasi Ops Kodim Martapura Kapten Inf Mujiono kali ini mengunjungi Pasar Sejumput Citra Sekumpul. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan Kodim 1006/Martapura bersama petugas Satpol PP dan personel polisi bergerak memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menyasar sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Puluhan personel gabungan yang dipimpin Pasi Ops Kodim Martapura Kapten Inf Mujiono kali ini mengunjungi Pasar Sejumput Citra Sekumpul. Pada kesempatan itu, petugas gabungan memberikan imbauan kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

Imbauan yang disampaikan diantaranya agar tetap menjaga jarak aman dalam berinteraksi dengan orang lain (pshysical distancing) minimal 1 meter dan memakai masker. Petugas juga meminta kepada warga yang sudah selesai belanja agar langsung pulang dan membersihkan diri di rumah.

Dihadapan warga yang sedang berbelanja di pasar, petugas berharap semua warga mematuhi larangan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Pasi Ops Kodim Martapura Kapten Inf Mujiono mengatakan, berdasarkan pemantauannya, ditemukan puluhan orang berkerumun, para pedagang duduk berdekatan. Dan seluruhnya tanpa memakai masker, bahkan ada pula yang merokok sembari bercanda.

“Saya tegur semua karena mereka telah melanggar imbauan pemerintah untuk selalu memakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak,” ucap Kapten Inf Mujiono kepada apahabar.com di Martapura.

Kesadaran masyarakat untuk memakai masker, kata Kapten Inf Mujiono, memang harus terus diingatkan. Bahkan, ia merasa jengkel kalau masih ada orang yang tidak menggunakan masker di luar rumah, termasuk saat sedang belanja di pasar.

“Ini salah satu kelalaian (tidak memakai masker) yang sangat fatal dalam mencegah dan memutuskan mata rantai penularan virus korona,” tandasnya.

Mahdi (35), salah satu pengunjung pasar yang mendapat teguran keras. Pasalnya, petugas dibuat geram oleh warga Martapura itu lantaran sikap acuhnya saat diminta kenakan masker.

“Dia beralasan karena rumahnya tak jauh dari lokasi pasar sehingga ia enggan mengenakan masker,” sesal Mujiono.

Ditempat terpisah, Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengakui, petugas yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Banjar (tim gugus tugas covid-19) jumlahnya terbatas sehingga tidak bisa setiap saat mengawasi pemakaian masker. Namun demikian, dia mengharapkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa memakai masker, terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah.

“Mari selamatkan diri, keluarga dan saudara-saudara kita yang lain dari penularan COVID-19 dengan gunakan masker. Hal ini sangat penting dan wajib, tentunya dengan menggunakan masker ditempat publik resiko terpapar covid-19 dapat dihindari,” seru Letkol Arm Siswo Budiarto, yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Eddy Andriyanto - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Niha, Juara Tartil Se-Kalsel asal Kotabaru Hafal Quran Sejak Kecil
apahabar.com

Kalsel

Anggota Pemadam Kebakaran Terluka hingga Sesak Nafas
apahabar.com

Kalsel

Misteri Jasad di Irigasi Riam Kanan, Polisi Temukan Motor Korban
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Kabupaten Banjar; 58 ODP, 1 PDP Dirujuk ke RSUD Ulin
apahabar.com

Kalsel

BMKG Ramal Hujan Ringan di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Terobos ‘Kandang Banteng’, Sekdaprov Kalsel Diam-Diam Maju Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jumat Berkah, Polsek Tapin Utara Bagi-Bagi Sembako
apahabar.com

Kalsel

Bantu Korban Kebakaran Pulau Bromo, DEMA UIN Banjarmasin Galang Dana di Jalanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com