7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Nikah di New Normal, Vendor Wedding Kalsel Wajib Usung Protap Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 30 Juni 2020 - 11:07 WIB

Nikah di New Normal, Vendor Wedding Kalsel Wajib Usung Protap Covid-19

Resepsi pernikahan dengan mengaungkan prosedur tetap (protap) pencegahan Covid-19 kian diminati di era new normal. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Era new normal atau kenormalan baru telah dimulai.

Izin resepsi pernikahan di tengah Covid-19 mulai dilonggarkan seiring pencabutan maklumat kapolri tentang larangan dan upaya pembubaran kerumunan.

Belakangan, izin itu membawa angin segar bagi sejumlah vendor pernikahan.

Salah satunya Glowingbjm, wedding organizer (WO) di Banjarmasin yang telah menyiapkan protokol khusus dalam merayakan pesta pernikahan.

“Untuk new normal ini, pastinya dibutuhkan jasa WO yang dapat mengatur jalannya acara dari sebelum sampai hari H,” ucap owner GlowingBJM, Yudhi Julian kepada apahabar.com, Selasa (30/6).

GlowingBJM bahkan membuat video khusus yang menggambarkan simulasi saat pernikahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Seperti memastikan para kru dalam kondisi sehat, penggunaan masker, sarung tangan dan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan pada barang dekorasi, pengecekan suhu tubuh hingga mengatur jarak antara tamu undangan dan mempelai.

Video berdurasi 2 menit ini diposting melalui akun instagram @glowingbjm.

Menurut Yudhi, video ini dibuat sebagai ajakan agar vendor lain juga menerapkan protokol yang sama.

Selain itu, juga menjadi bahan edukasi masyarakat yang ingin menyelenggarakan pesta dengan kondisi aman.

“Tidak perlu khawatir untuk merayakan pesta atau datang ke undangan. Tugas WO memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik dari tamu masuk sampai pulang,” lanjutnya.

GlowingBJM disebutnya menjadi vendor pernikahan pertama di Kalsel yang serius menerapkan protokol Covid-19 bagi konsumennya. Konsep ini sudah mereka terapkan pada prosesi akad nikah.

Atensi masyarakat cukup tinggi, sebab GlowingBJm juga menawarkan paket khusus yang mencakup seluruh perlengkapan prosesi akad pernikahan.

“Kami membuat paket akad nikah (all in), jadi customer tinggal duduk manis saja. Alhamdulillah atensi luar biasa, hampir 20 yang masuk,” beber dia

Walau telah mengatur konsep dengan rapi, namun Yudhi mengakui masih menemui kendala saat pelaksanaan. Di antaranya adalah saat mengatur para tamu yang datang berbondong-bondong.

“Misal tamu yang sering minta foto pake HP atau berdempetan. Solusinya adalah melakukan pembatasan undangan,” jelasnya

Untuk mengatasinya, GlowingBJM membuat konsep dekorasi dengan menggunakan undakan (bertangga). Mencegah penyebaran Covid-19, tamu yang ingin berfoto menggunakan ponsel pribadi juga ditolak secara halus.

Dari segi harga, tidak jauh berbeda dengan harga normal sebelum pandemi terjadi. Justru adanya paket ini akan membuat keuntungan bagi calon konsumennya.

“Kami masih tetap memberikan harga lama. Paket all ini membuat customer lebih mudah tidak perlu ke sana kemari mencari vendor,” tuturnya

Memulai usaha sejak 2012, bisnis ini dia jalankan bersama sang istri yang merangkap sebagai Make Up Artis. Pada 2017, bisnis terus berkembang menjadi usaha Wedding Organizer.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mencabut Maklumat Nomor MAK/2/III/2020 bertanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.

Salah satu poin yang dimuat dalam Maklumat Kapolri yang dicabut itu antara lain larangan membuat keramaian yang melibatkan massa atau berkerumun.

Pencabutan maklumat itu untuk mendukung kebijakan pemerintah mengenai adaptasi tatanan kehidupan baru atau new normal.

Selanjutnya, kapolri mengeluarkan Surat Telegram Nomor STR/364/VI/OPS.2./2020 tanggal 25 Juni 2020, kata Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (26-6-2020).

Dia memerinci telegram tersebut berisi upaya mendukung new normal yakni pertama, melakukan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kedua, meningkatkan kerja sama lintas sektoral dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19.

Ketiga, sosialisasi dan edukasi secara terus menerus bersama stakeholders untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

Keempat, berkoordinasi secara intensif dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah. Bagi daerah zona oranye dan merah yang masih menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diminta tetap melakukan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

apahabar.com

GlowingBJM disebutnya menjadi vendor pernikahan pertama di Kalsel yang serius menerapkan protokol Covid-19 bagi konsumennya. Foto: GlowingBJM

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polresta Banjarmasin Gratiskan Pembuatan SIM, Ini Syaratnya
Sudah Disemprot Disinfektan, Polres Batola Juga Imbau Warga Kurangi Nongkrong

Kalsel

Sudah Disemprot Disinfektan, Polres Batola Juga Imbau Warga Kurangi Nongkrong
apahabar.com

Kalsel

Catatan Pemilu 2019 di Banjarmasin, Dari Surat Suara Tertukar hingga Petugas TPS Diancam
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Lahan Kosong Depan Kantor Bupati Tanbu Dilalap Api
apahabar.com

Kalsel

Terungkap, Penculikan Anak di Tanah Bumbu Bermotif Ekonomi
apahabar.com

Kalsel

Temuan Sesosok Kerangka Manusia di Pantai Cabe Bikin Geger Warga, Simak Identitasnya
apahabar.com

Kalsel

Dewan Pers Sebut Media Kurang Soroti Caleg Lokal
apahabar.com

Kalsel

Batu Siring Jadi Penyebab Bocornya Pipa Tua PDAM Bandarmasih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com