Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang Jumlah Kesembuhan Covid-19 di Tanbu Capai 5.593 Pasien KPK Obok-Obok Rumah Bupati HSU, Kapolres Angkat Suara

Obati Penderita Covid-19, Kalsel Kembangkan Terapi Plasma Konvalesen

- Apahabar.com     Minggu, 7 Juni 2020 - 21:00 WITA

Obati Penderita Covid-19, Kalsel Kembangkan Terapi Plasma Konvalesen

Ilustrasi Covid-19. Foto-pixabay

apahabar.com, BANJARMASIN – Kedatangan rombongan Menteri Kesehatan membawa angin segar bagi penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan. Selain alat tes PCR dan sejumlah bantuan lainnya, Kalsel juga akan menerapkan anjuran terkait terapi Plasma Konvalesen.

“Hari ini Menteri Kesehatan telah menyampaikan Plasma Konvalesen sebagai salah satu pengobatan yang telah direkomendasikan WHO,” ucap Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis terbarunya, Minggu (7/6).

Terapi ini terbilang baru, namun diklaim dapat dilakukan penanganan pada pasien dengan kondisi berat. Muslim berharap sejumlah bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat dapat mempercepat kesembuhan pasien.

“Kita berharap pengobatan ini dapat memberikan tingkat kesembuhan yang lebih baik dan cepat,” ujarnya

Sebelumnya, rombongan tim GTPP Pusat yang diwakili oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengunjungi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Banjarbaru.

Ini sebagai bentuk atensi khusus dari Presiden Joko Widodo atas tingginya kasus penularan Covid-19 di Kalsel. Sehingga, tim diberangkatkan ke Kalsel untuk memantau secara langsung penanganan Covid-19.

“Menkes membawa 9 packs Plasma Konvalesen. Ini sudah terbukti mampu membantu pasien yang sangat berat. Kita harap, mereka yang sudah sembuh bersedia mendonorkan plasmanya ke Dinas Kesehatan,” ucap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Dalam kunjungan tersebut , pemerintah juga menyalurkan bantuan berupa 2 unit mesin PCR, 5.000 PCR test, RNA 5.000 test, VTM 5.000 test, Rapid Test 6.000, Face Shield 2.000 pcs, Masker Bedah 25.000 pcs, Medical Gloves 3.000 pcs, APD 3.500 pcs, Buffon CAP 300 pcs, Masker N95 2.000 pcs.

“Tambahan selain membawa 2 mesin PCR, juga membawa ventilator 4 unit, oxygen concentrate, kemudian vitamim c, perlengkapan APD yang sejak awal didistribusikan,” lanjutnya

Untuk diketahui, saat ini tercatat sebaran positif Covid-19 di Kalsel sebanyak 1.285 kasus. 1.079 pasien di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan karantina secara khusus.

Jumlah pasien sembuh dan meninggal dunia tercatat tipis yaitu 108 pasien sembuh dan 98 pasien meninggal dunia.

apahabar.com

Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim. Foto-Istimewa

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Undi Pemenang Hajatan, Mowilex Bersama PT Sumber Tanjung Jaya Kenalkan Produk Baru
apahabar.com

Kalsel

New Normal, Rumah Ibadah di Banjarmasin Akan Segera Dibuka
PPKM Banjarmasin

Kalsel

Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Dapat Jatah Tambahan Kuota Haji, Berapa?
apahabar.com

Kalsel

Ketika Tokoh Kalsel Jebolan KNPI Kembali Berkumpul
Mentari

Kalsel

BREAKING NEWS: Ancam Mogok Kerja, Puluhan Karyawan Geruduk Hotel Grand Mentari Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Lewat Sekolah Pintar, KPU Kalsel Bertekad Didik Pemilih
apahabar.com

Kalsel

271 Pasien DBD, Dinkes Banjar Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com