Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya

Partisipasi Masyarakat Bisa Tekan Angka Positif Covid-19 di HST

- Apahabar.com Kamis, 25 Juni 2020 - 08:56 WIB

Partisipasi Masyarakat Bisa Tekan Angka Positif Covid-19 di HST

Bupati Chairansyah bersama Forkopimda HST memantau Pasar Agrobisnis Barabai, Rabu (24/6). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah meminta agar Tim Gugus Tugas Covid-19 selalu menyosialisasikan protokol kesehatan, terutama dalam pencegahan virus Corona.

Hal itu disampaikan bupati usai melihat Data Covid-19 se-Kalimantan Selatan (Kalsel) per 24 Juni.

Di HST, jumlah orang terkonfirmasi positif merupakan paling rendah dibanding 12 kabupaten/kota lainnya di Kalsel.

Per 24 Juni, ada 32 pasien positif corona yang terkonfirmasi. Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya sembuh dan 1 orang meninggal. Sementara saat ini menyisakan 19 pasien positif yang masih dirawat.

“Alhamdulillah penanganan Covid-19 di HST tergolong berhasil karena jumlah kumulatif yang positif sampai hari ini paling rendah di Kalsel,” kata bupati, Rabu(24/6).

Faktor utama menekan angka itu, kata bupati adalah sinergisitas antara pemerintah, ulama, dan masyarakat dalam upaya menghambat penyebaran wabah asal Negeri Tirai Bambu.

“Kepatuhan warga tak lepas dari sinergitas antara pemerintah bersama unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, dan para ulama,” tekan bupati.

Faktor itu juga berkat ditekankannya aturan maupun imbauan pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan Pemkab HST. Misalnya memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan tidak berkerumunan, dan juga memberlakukan sistem take away atau membeli secara daring.

“Kita selalu kompak, saling bahu-membahu dalam mencegah Covid-19 di HST ini, termasuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,” terang bupati.

Saat ini, pada desa-desa se HST telah menyiagakan tim dan membentuk Kampung Tangguh. Tugasnya mencegah Corona masuk dari suatu wilayah ke desa-desa.

“Strategi kami menekankan (pada) partisipasi publik, partisipasi masyarakat. Gugus tugas tidak hanya dibentuk di kabupaten dan kecamatan tapi sampai kelurahan, desa , bahkan ada RT/RW banyak relawan,” tutup Chairansyah.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Workshop Pendidkan Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Salurkan Sembako dari BNI Barabai
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Keahlian, 60 Warga HST Mengikuti Pelatihan Kerja
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Mulai Digelar, Musrenbang Kecamatan di HST Serap Aspirasi Warga
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Gelar Webinar, Diskominfo HST Buka Dua Pembahasan PEN
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Harlah PMII HST, Berry: Berikan Kontribusi Bermanfaat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kunjungi HST, Paman Birin Terima Saran dari Bupati
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pastikan Bapok Aman Saat Iduladha, TPID Sidak ke Pasar Barabai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com