Kopi Liberika Diminati Mancanegara, SPI Kalsel Sebut Mutiara Hitam Gambut Keren! OB-Sekuriti UIN Antasari Banjarmasin Juga Divaksin OTT KPK di Amuntai, Pegawai Kaget Ruang Kerja Bupati HSU Sudah Disegel Siang Ini, KSAL Bareng Menko Perekonomian Kunker Tinjau Vaksinasi-Replanting di Kotabaru Raperda Pajak HST Tuai Kritik, Jangan Matikan Usaha Kecil

Peduli Inflasi di Kalsel, Bank Indonesia Inisiasi Komunitas Move On Generation

- Apahabar.com     Jumat, 26 Juni 2020 - 13:33 WITA

Peduli Inflasi di Kalsel, Bank Indonesia Inisiasi Komunitas Move On Generation

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Move On Generation. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan Move On Generation. Sebuah cara mengenal kebijakan bidang moneter, khususnya pengendalian inflasi dan kebijakan makroprudensial.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Kalsel, Rahmat Dwisaputra mengatakan partisipasi dan kepedulian generasi muda sangat diperlukan untuk mendukung strategi pengendalian inflasi di masa kini hingga masa depan.

“Pemahaman mengenai inflasi yang baik juga dapat mendorong masyarakat bijak berbelanja dan konsumsi sebagai gaya hidup,” ucap Rahmat Dwisaputra melalui siaran pers yang diterima apahabar.com, Jumat (26/6).

Pengetahuan mengenai fungsi Bank Indonesia dalam kebijakan makroprudensial berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, sebagai salah satu dari tiga pilar bidang tugas Bank Indonesia.

“Selain menetapkan, melaksanakan kebijakan moneter serta mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,” kata Rahmat.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan mengendalikan inflasi, kata dia, mencari alternatif komoditas substitusi dari komoditas yang menjadi pendorong inflasi, seperti ikan mas sebagai substitusi ikan haruan (gabus).

“Kegiatan kreasi memasak ikan mas merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan subtitusi ini kepada masyarakat,” bebernya.

Kemudian, generasi muda juga dapat berkreasi melalui media sosial mengenai ide kontribusi menjaga inflasi melalui perilaku sehari-hari.

“Untuk mengendalikan inflasi tidak bisa dilakukan Bank Indonesia saja, namun memerlukan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat,” cetusnya.

Oleh karena itu, ia menganggap perlu dibentuk sebuah komunitas peduli inflasi. Di mana setiap harinya terus mengingatkan masyarakat, baik melalui ajakan di media sosial maupun media lain.

“Komunitas tersebut kami beri nama ‘Move on Generation’, yakni komunitas peduli inflasi. Terdiri dari generasi muda yang mempunyai semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jelang Rilis Data Neraca Perdagangan Juli, IHSG Dibuka Menguat
apahabar.com

Ekbis

Dipicu Pelemahan Dolar, Rupiah Ditutup Menguat
apahabar.com

Ekbis

Bank Mandiri Syariah Hadirkan Promo Belanja
apahabar.com

Ekbis

IHSG Ditutup Melemah Pasca Aksi Demonstrasi Ricuh
apahabar.com

Ekbis

Suram, Saham Tokyo Dibuka Anjlok Gegara Wall Street

Ekbis

Dipicu Aksi Ambil Untung Investor, IHSG Ditutup Terkoreksi
apahabar.com

Ekbis

Tiket AirAsia Hilang di Agen Online, Intervensi Kompetitor?
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Lagi Jadi Rp 935.000 per Gram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com