ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Ekbis

Jumat, 26 Juni 2020 - 13:33 WIB

Peduli Inflasi di Kalsel, Bank Indonesia Inisiasi Komunitas Move On Generation

Reporter: Muhammad Robby - apahabar.com

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Move On Generation.
Foto-Istimewa

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Move On Generation. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan Move On Generation. Sebuah cara mengenal kebijakan bidang moneter, khususnya pengendalian inflasi dan kebijakan makroprudensial.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Kalsel, Rahmat Dwisaputra mengatakan partisipasi dan kepedulian generasi muda sangat diperlukan untuk mendukung strategi pengendalian inflasi di masa kini hingga masa depan.

“Pemahaman mengenai inflasi yang baik juga dapat mendorong masyarakat bijak berbelanja dan konsumsi sebagai gaya hidup,” ucap Rahmat Dwisaputra melalui siaran pers yang diterima apahabar.com, Jumat (26/6).

Pengetahuan mengenai fungsi Bank Indonesia dalam kebijakan makroprudensial berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, sebagai salah satu dari tiga pilar bidang tugas Bank Indonesia.

Baca juga :  Triwulan II, Intip Utang Luar Negeri Indonesia

“Selain menetapkan, melaksanakan kebijakan moneter serta mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,” kata Rahmat.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan mengendalikan inflasi, kata dia, mencari alternatif komoditas substitusi dari komoditas yang menjadi pendorong inflasi, seperti ikan mas sebagai substitusi ikan haruan (gabus).

“Kegiatan kreasi memasak ikan mas merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan subtitusi ini kepada masyarakat,” bebernya.

Kemudian, generasi muda juga dapat berkreasi melalui media sosial mengenai ide kontribusi menjaga inflasi melalui perilaku sehari-hari.

Baca juga :  Triwulan II, Intip Utang Luar Negeri Indonesia

“Untuk mengendalikan inflasi tidak bisa dilakukan Bank Indonesia saja, namun memerlukan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat,” cetusnya.

Oleh karena itu, ia menganggap perlu dibentuk sebuah komunitas peduli inflasi. Di mana setiap harinya terus mengingatkan masyarakat, baik melalui ajakan di media sosial maupun media lain.

“Komunitas tersebut kami beri nama ‘Move on Generation’, yakni komunitas peduli inflasi. Terdiri dari generasi muda yang mempunyai semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Impor Hewan Hidup dari China Resmi Dilarang, Berikut Daftarnya
apahabar.com

Ekbis

Jaga Likuiditas Perbankan, LPS Turunkan Bunga Penjamin 25 BPS
apahabar.com

Ekbis

H1 Ramadan, Harga Bawang Putih di Banjarmasin Makin Menggigit !
apahabar.com

Ekbis

Kementerian ESDM Belum Restui Harga Gas Naik
apahabar.com

Ekbis

Penurunan Harga Pertamax Cs Bikin Tekor Pengusaha SPBU Kalsel!
apahabar.com

Ekbis

Tampil ‘Wajah’ Baru, Cafe Rumah The PanasDalam Tempat Instagramable
apahabar.com

Ekbis

Momen Natal dan Tahun Baru, Kadis Perdagangan Kalsel Wanti-Wanti Pelaku Usaha
apahabar.com

Ekbis

2020, People Development dan Digitalisasi UMKM Jadi Fokus Bank Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com