Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

Perlu Tambahan Cartridge, RSUD Hasan Basry Upgrade Alat Pendeteksi HIV Jadi Pendeteksi Covid-19

- Apahabar.com Rabu, 24 Juni 2020 - 11:34 WIB

Perlu Tambahan Cartridge, RSUD Hasan Basry Upgrade Alat Pendeteksi HIV Jadi Pendeteksi Covid-19

RSUD Hasan Basry, Kandangan. Foto-net

apahabar.com, KANDANGAN – RSUD Brigjend H Hasan Basry (BHHB) Kandangan mengupgrade alat pemeriksaan Human Immunodeficiency Virus (HIV) maupun Tuberkolosis (TB) menjadi alat khusus Covid-19.

Direktur utama RSUD BHHB Kandangan, Dr Hj Rasyidah mengakui sekitar satu pekan ini pihaknya sudah punya mesin Tes Cepat Molekuler (TCM), yaitu salah satu alat untuk mengecek apakah pasien yang menjalani isolasi terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

Pemeriksaan TCM itu dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Tes itu akan mengidentifikasi Ribonucleic Acid (RNA) pada Covid-19.

“Alatnya dari kami, sedangkan cartridge dari Kementerian Kesehatan RI,” ujar Dokter Rasyidah pada apahabar.com, Rabu (24/6).

TCM itu, jelas Dokter Rasyidah, sebenarnya dipakai untuk pemeriksaan HIV maupun TB. Karena saat ini sangat diperlukan pemeriksaan cepat, maka cartridge TCM itu diupgrade untuk pemeriksaan Covid-19 dalam melakukan pemeriksaan Swab terhadap pasien yang terindikasi terpapar virus Corona.

“Peruntukan TCM itu nantinya untuk pasien PDP yang dirawat di RSUD BHHB Kandangan. Untuk mempercepat diagnose, kami baru dapat 60 cartridge dari Kemenkes dan sudah dipakai untuk Swab evaluasi pasien,” jelasnya.

Saat ini, pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 HSS sudah mengajukan permintaan cartridge TCM khusus Covid-19 itu.

“Mudah mudahan diberi (Kemenkes),” ujarnya.

Dokter Rasyidah sangat mengharapkan alat khusus itu agar apabila ada PDP yang masuk RS, nantinya akan lebih cepat terkonfirmasi, sehingga waktu perawatan juga akan lebih cepat dan pasien yang sebelumnya menjalani isolasi tidak harus menunggu lama untuk menunggu hasil Swab.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS Raih Anugerah Satyalancana Pembangunan
apahabar.com

HSS

Syamsuri Minta Hubungan Eksekutif dan Legislatif Dijaga dengan Baik
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Sambut Kepulangan Pasien yang Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

HSS

Tinjau TPA Baru, Bupati HSS Ingin Hilangkan Kesan Jijik
apahabar.com

HSS

Kabar Baik! Lansia Positif Covid-19 Asal HSS Dinyatakan Sembuh
apahabar.com

HSS

Workshop BUMDes Tingkatkan Profesionalisme dalam Pengelolaan
apahabar.com

HSS

Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah
apahabar.com

HSS

Diusulkan Mendapat Penghargaan, Bupati Achmad Fikry Ingin Fokus Bekerja
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com