Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Petaka Lubang Eks Tambang di Banjar, Tanggung Jawab Siapa?

- Apahabar.com Minggu, 14 Juni 2020 - 19:56 WIB

Petaka Lubang Eks Tambang di Banjar, Tanggung Jawab Siapa?

Tim Basarnas ketika melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di lokasi danau eks tambang yang diduga kuat milik anak Perusahaan Daerah (PD) Baramarta. Foto-apahabar.com/Muhammad Fauzi Fadilah

apahabar.com, RANTAU – Pemilik PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara) di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar diminta bertanggung jawab menutup lubang eks tambang di lokasi itu.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan, Isharwanto mengatakan di wilayah itu hanya ada aktifitas perusahaan tambang yang mengantongi izin PKP2B, yakni Perusahaan Daerah (PD) Baramarta.

“Kalau pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) bisa kita tegur, tapi kalau memiliki PKP2B itu kewenangan Jakarta (pusat),” ujar Isharwanto, menjawab siapa yang harus bertanggung jawab menutup lubang tambang di sana.

Isharwanto mengatakan, apabila itu adalah milik IUP terbitan dari kabupaten dan diserahkan ke provinsi, maka Dinas ESDM Kalsel yang bertanggung jawab menindaklanjuti permasalah pelanggaran itu.

“Tanyakan saja ke Baramarta, itu bukan kewenangan kita, PKP2B kewenangan pemerintah pusat,” jawab Kabid Minerba ESDM Kalsel, Gunawan saat di konfirmasi apahabar.com melalui gawainya, Sabtu (13/6).

Lubang tambang yang ditinggalkan menganga hingga menjadi danau dan menyatu dengan aliran sungai itu telah menelan korban jiwa.

Korban itu seorang pemancing ikan, Kasyful Anwar (40) kerap disapa Paman Apul, warga Desa Pakutik Kecamatan setempat yangt hari ini ditemukan tewas mengapung di area danau, setelah tenggelam sejak Jumat (12/6) lalu.

Selaras dengan Isharwanto. Camat Sungai Pinang, Soeharto juga mengatakan bahwa di wilayah sana ada aktifitas pertambangan PD. Baramarta.

“Sekitar 2 Bulan lalu sudah tidak ada aktivitas tambang di sini. Lubang itu milik Sub Kontraktor PD. Baramarta, yaitu PT. Madhani Talah Tajatah Nusantara,” ujar Soeharto dikonfirmasi apahabar.com melalui gawainya, Sabtu (13/6).

Soeharto mengaku tidak tahu persis kapan lubang tambang itu dibiarkan menganga. Ia hanya bisa menaksir, “Ya, kira-kira ada lah sudah 5 Tahun lebih,” ujarnya.

“Terisinya air hingga menjadi danau itu karena air hujan hingga akhirnya menyatu dengan aliran sungai. Desa Rantau Nagka dan Pakutik itu berdampingan,” imbuhnya.

Soeharto sangat menyayangkan karena tidak adanya reklamasi. Sampai saat ini sebagai camat, ia belum mendengar ada perencanaan reklamasi di sana.

“Setahu saya, apabila habis ditambang itu harusnya direklamasi tapi kenyataannya banyak juga lubang-lubang yang dibiarkan terisi air,” katanya.

Soeharto juga merasa lubang-lubang tambang di wilayahnya terkesan dibiarkan hingga menjadi danau kecil.

“Sepengetahuan saya tidak ada plang atau peringatan apapun ketika kami ke lapangan. Ya kesannya, apa adanya begitu,” ujar Soeharto.

Dia mengungkapkan bahwa lubang tambang yang merenggut nyawa warganya itu hanya salah satu lubang eks tambang yang belum di reklamasi di sana.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

41 Ribu Kepala Keluarga di Banjarmasin Masuk BDT Warga Miskin
apahabar.com

Kalsel

Heboh, Penjual Sayur Ditemukan Tewas dengan Beton di Kepala

Kalsel

Besok, Dinkes Banjarmasin Gelar Acara Tepuk Tangan Selama 56 Detik, Ada Apa?
apahabar.com

Kalsel

Tak Patuhi Protokol Kesehatan di Banjarmasin, Simak Sanksinya
apahabar.com

Kalsel

Duh, Sebaran Covid-19 di Tanbu Capai 287 Kasus
apahabar.com

Kalsel

2 Lagi Warga Kotabaru Sembuh dari Covid-19, Sudah 437 Pasien Pulih
apahabar.com

Kalsel

Syafruddin: HUT PDIP Bukan Arena Kampanye Caleg
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Oli Bekas Cemari Sungai di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com