Viral Shogun Vs Vario di Kandangan Lama, Dua Pengendara Tewas Seketika! Dahsyatnya Banjir di Satui, Haruyan, hingga Kotabaru: Kerugian Petani Tembus Miliaran Rupiah! Hari Terakhir Penutupan KSPN Loksado, Sejumlah Pelancong Disuruh Putar Balik Puluhan Ribu Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Sembuh Update Banjir Satui & Pantauan Jalan Penghubung Batulicin-Banjarmasin 

Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, KPU Banjarbaru Beberkan Gambaran Prosesnya

- Apahabar.com Jumat, 26 Juni 2020 - 15:32 WIB

Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, KPU Banjarbaru Beberkan Gambaran Prosesnya

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat. Foto-net

apahabar.com, BANJARBARU – Penyelenggaran Pilkada 2020 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni digelar di tengah pandemi Covid-19. Skema pemilihan atau pencoblosan pun mulai dirancang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat mengatakan aturan pelaksanaan pemilihan ini masih dalam tahap penggodokan atau masih dirancang. Belum diundang-undangkan dalam Peraturan KPU (PKPU).

“Cuma melihat dari rancangannya untuk saat pencoblosan nanti semua menggunakan atau menerapkan protokol kesehatan baik itu petugas KPPS maupun pemilih itu akan menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya kepada apahabar.com, Jumat (26/6) siang.

Alat pelindung diri atau APD pun sudah disiapkannya misal untuk petugas seperti masker, sarung tangan sekali pakai. Sedangkan untuk pemilih diminta menggunakan masker sendiri namun APD lain seperti sarung tangan dan disinfektan disiapkan.

“Kami akan menyediakan juga sarung tangan untuk pemilih, setiap peralatan yang terjadi kontak (fisik) akan disterilkan dengan semprotan disinfektan. Semua pintu masuk dan pintu keluar disediakan tempat cuci tangan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, akan ada pembatasan sosial atau physical distancing di ruang pemilihan. Di mana pemilih akan dibagi waktunya agar tidak terjadi antrian atau penumpukan.

“Jadi tidak semua yang datang berkumpul boleh semua masuk. Semua diatur ada batasan tertentu sehingga ruang untuk menunggu itu bisa diterapkan social distancing-nya,” tambah Hegar.

Bahkan, bebernya pemilih yang datang namun dalam kondisi tidak fit juga telah disiapkan bilik tersendiri namun masih dalam satu lokasi pemilihan.

“Jika pemilih yang datang dalam kondisi tidak enak badan atau demam, tetap dilayani cuma kami menyediakan bilik khusus untuk mencoblos jadi tidak menggunakan bilik umum tapi tetap dilokasi yang sama,” bebernya.

Sekelumit gambaran tata cara pemilihan umum tadilah yang saat ini masih dirancang. Dan segera di regulasikan.

“Jadi rancangannya itu, nanti kita tunggulah regulasinya, nanti disitu akan dijelaskan secara teknis,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Dana Perjalanan Dinas Dewan Kota Dialihkan Tangani Covid-19
apahabar.com

Kalsel

ABK Tugboat Meninggal di Perairan Sungai Barito, Dievakuasi Ala Covid-19
apahabar.com

Kalsel

FSPMI Siap Terjunkan Puluhan Buruh Metal Protes Dua Perusahaan Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Banjarmasin 10 Mei, Angka Kematian Lebih Tinggi dari Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Penghitungan Terbaru KPU di Kalsel, 24 April: Jokowi Salip Prabowo di Tanbu

Kalsel

Lagi, Geger Mayat Pria Mengapung di Pulau Laut Barat Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Kabar Covid-19 Kalsel: 83 Positif, Terbanyak dari Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Lihainya Wanita Pembuang Bayi di Satui Sembunyikan Kehamilan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com