BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Pilkada Serentak 2020, KPU Jamin Hak Pilih Pasien Covid-19

- Apahabar.com Jumat, 12 Juni 2020 - 05:20 WIB

Pilkada Serentak 2020, KPU Jamin Hak Pilih Pasien Covid-19

Ketua KPU Arief Budiman. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, hak pilih pasien Covid-19 dipastikan dijamin oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan meski si pasien tidak mendatangi tempat pemungutan suara, karena dalam perawatan, namun pihaknya tetap akan mengakomodir suara mereka.

“Petugas yang akan datang memakai alat pakaian pelindung diri lengkap ke rumah sakit-rumah sakit rujukan,” kata dia, Kamis (11/6).

Disamping itu, KPU juga akan menyediakan satu bilik khusus mencoblos bagi masyarakat yang dengan keluhan kondisi kesehatan di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Nantinya, ada pemisahan bilik suara. Menurut Arif bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 dan mengurangi kekhawatiran pemilih untuk datang memberikan hak suara mereka ke TPS.

“Kekhawatiran soal tinta tanda sudah mencoblos juga kita pikirkan, nantinya tidak mencelupkan jari ke tinta, rencananya akan diteteskan pakai pipet tetes,” ujarnya.

Ini dilakukan tentunya guna mengurangi kekhawatiran pemilih terhadap risiko penyebaran Covid-19 melalui tinta tesebut, meskipun dalam berbagai penelitian virus tidak bisa hidup dalam tinta ungu itu sebab memiliki kandungan yang bisa membunuh virus.

KPU menyebutkan tetap akan menggelar Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020 sesuai dengan kesepakatan pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu.

Namun menurut Arif, pilkada bisa saja ditunda kalau anggaran dan peralatan pelindung diri tidak dapat didistribusikan tepat waktu.(ant)

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Asyik, Gaji ke-13 PNS Cair Besok
apahabar.com

Nasional

Bertemu Mendagri Australia, Mahfud Md Bahas Penanganan Terorisme
apahabar.com

Nasional

Terbaring di Rumah Sakit, Begini Kondisi Terkini Ustaz Yusuf Mansur
apahabar.com

Nasional

Kemenkes: Kondisi 2 WNI Positif Corona Baik, tapi Tak Nyaman Karena Dikenal
apahabar.com

Nasional

Hasil Autopsi Mahasiswa ITB yang Tewas Saat Penelitian di Kotabaru
apahabar.com

Nasional

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional
apahabar.com

Nasional

Busyro Artikan Sujud Syukur Prabowo Bukan Rayakan Kemenangan
apahabar.com

Nasional

289 Anak di Papua Terpapar Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com