Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit Taspen Kirim Ratusan Paket Sembako Bantu Korban Banjir Kalsel

Ratusan Orang Reaktif di Banjarmasin Jalani Swab Massal

- Apahabar.com Rabu, 24 Juni 2020 - 13:46 WIB

Ratusan Orang Reaktif di Banjarmasin Jalani Swab Massal

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarmasin dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 menyelenggarakan Swab Test Massal. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ratusan orang yang dinyatakan reaktif virus Covid-19 menjalani Swab Test Massal di Jalan Jendral Sudirman, Banjarmasin Tengah tepatnya depan Siring 0 KM, Rabu (24/6) pagi.

Giat swab tes massal diselenggarakan oleh jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarmasin dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Kalsel, Kombes Erwinn Zainul Hakim mengatakan, mereka yang datang untuk diswab tes merupakan orang-orang yang sudah di-tracking oleh Dinkes Banjarmasin dan dinyatakan reaktif virus Covid-19, selain itu ada pula yang menjalani swab tes ulang.

“Targetnya ada 500 orang yang kita swab hari ini, hasil dari tracking oleh 62 puskesmas di Banjarmasin. Tapi kalau yang datang lebih 500 orang kita juga sudah siapkan,” katanya.

Demi menghindari perkumpulan massa, swab tes dilakukan secara drive thru atau langsung dari atas kendaraan pasien yang diperiksa.

“Kita lakukan swab berjalan, data mereka yang reaktif kita masukan dalam aplikasi, jadi masyarakat yang ingin swab tinggal masukan nomor induk kependudukan (NIK) di aplikasi ponsel, nanti di sana muncul bar code, setelah bar code muncul dibaca petugas. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kontak fisik petugas dan pasien,” katanya.

Dikatakan Erwinn, aplikasi yang digunakan adalah hasil rancangan dari anggota Polda Kalsel. Ke depannya aplikasi tersebut juga akan digunakan di seluruh Puskesmas yang ada di Kalsel.

“Hasilnya nanti akan ketahuan di aplikasi tersebut. Di sana nanti juga akan terlacak orangnya, jadi yang positif tidak bisa kabur-kabur lagi,” katanya.

Sementara untuk masyarakat yang terkendala tidak mempunyai ponsel pintar atau tidak paham penggunaan, maka akan dibantu oleh petugas.

“Kalau sudah ditracking dan ada datanya, bisa masukkan lewat ponsel petugas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, swab masal dilakukan agar pihaknya lebih cepat untuk mendapatkan jumlah orang yang terpapar virus Covid-19.

“Supaya puncaknya cepat ketemu, seperti naik gunung, kalau kita tidak sampai di puncak, bagaimana mau turun. Jadi kita cari puncak kurva itu secepatnya dan penanganannya juga bisa disegerakan,” katanya.

Untuk hasil swab, Machli memprediksi akan keluar setelah 10 hari. “Akan kita serahkan sampelnya ke Rumah Sakit Ansari Saleh Banjarmasin, karena di sana sudah ada ala PCR-nya, jadi tidak perlu ke Banjarbaru lagi,” katanya.

Machli mengatakan, hingga saat ini jumlah pasien di Banjarmasin yang ditemukan positif Covid-19 dari hasil swab diprediksi akan terus meningkat.

“Prediksi kita, di Banjarmasin tembus sekitar 1.500. Makanya kita terus cari,” katanya.

Saat ini, kata Machli, per harinya di Kota Banjarmasin sendiri, pihaknya rata-rata menemukan 20-30 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Riyad Dafhi R - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dandim Barabai Ingin Keharmonisan TNI dan Insan Pers Selalu Terjalin
apahabar.com

Kalsel

Catatan Manis Iptu Alam Sakti Swara Sebelum Purna Tugas
apahabar.com

Kalsel

Token Gratis untuk Warga Kalsel-Teng: Ada Kepanikan, PLN Jangan Pasif!
apahabar.com

Kalsel

Pedagang Bendera Musiman di Banjarmasin Mulai Berburu Keuntungan

Kalsel

VIDEO: Diduga Culik Siswi SMPN Banjarbaru, Desertir Polisi Didor !!
apahabar.com

Kalsel

Mulai Malam Ini, Perbatasan Batola dengan Banjar di Jejangkit Ditutup Total
apahabar.com

Kalsel

Pasca Kebakaran di Jalan Sulawesi, Korban Harapkan Bantuan Bahan Bangunan
apahabar.com

Kalsel

Imbas Covid-19, Ratusan Madrasah di Banjarmasin Diliburkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com