Target 1 Juta Barel, Pemerintah Siap Danai Penuh Survei Seismik 3D Positif Covid-19, Cepat Sembuh Ketum PBNU Said Aqil Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Ribuan Petani Terdampak Covid-19 di Kalsel Diusulkan Terima Bantuan

- Apahabar.com Selasa, 16 Juni 2020 - 14:37 WIB

Ribuan Petani Terdampak Covid-19 di Kalsel Diusulkan Terima Bantuan

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Ribuan petani terdampak Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menerima Tiga bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Secara keseluruhan di Kalsel dari 13 kabupaten/kota untuk buruh tani yang terdampak ada 9100-an orang, kita sudah memasukkan mereka untuk mendapatkan BLT (Bantuan langsung tunai, red), masuknya dari masing-masing kabupaten/kota,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman kepada apahabar.com, Selasa (16/6) pagi.

Syamsir menjelaskan, ada dua tipe petani, yakni petani penggarap dan buruh tani, untuk petani penggarap ialah petani yang memiliki lahan tetap, sedangkan buruh tani ialah mereka yang bekerja harian.

“Petani kita ini disebut dengan buruh tani dan petani penggarap. Kalau petani penggarap mereka yang memiliki lahan tetap. Kalau untuk buruh tani ini ada dampaknya karena mereka mengambil upah harian,” jelasnya, “Nah, buruh tani ini lah yang masuk ke dalam petani terdampak Covid-19.”

Selain BLT dari kabupaten/kota masing masing, sambungnya, pihaknya telah mengusulkan bantuan sembako untuk 9100 buruh tani terdampak pada Pemprov Kalsel.

“Kita mempersiapkan bantuan sembako untuk mereka 9100 itu dari Gubernur melalui APBD, dapatnya per tiga bulan, kita sudah usulkan, nanti setelah di ACC akan dibagikan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, bantuan dari pemerintah pusat pun telah dibagikan pihaknya pada masyarakat lingkup pertanian yang terdampak Covid-19.

Adapun paket bantuan yang disalurkan berupa beras premium, gula pasir, minyak goreng, susu kental manis, telur asin, bawang merah, dan bawang putih.

“Ada 341 paket untuk petugas lapangan lingkup pertanian terdampak,” terangnya.

Juga, lanjutnya, ada bantuan sarana produksi (saprodi) untuk petani di Kalsel.

“Untuk petani juga mendapatkan bantuan saprodi, di beberapa kabupaten/kota tapi bertahap karena melihat kondisi tanamnya kapan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menu Setara, Siasat Batola Perangi Kasus Stunting
apahabar.com

Kalsel

Besok, Piala Adipura Akan Diarak Sampai Balaikota Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Hasil Swab Massal di Tabalong, Puluhan Orang Positif Covid-19!
apahabar.com

Kalsel

Pub Jadi Diskotik di Banjarmasin, Ibnu Sina: Tindak Segera
apahabar.com

Kalsel

Kades Kupang Turut Lepas Warganya Selesai Isolasi Mandiri
apahabar.com

Kalsel

Curhat Ketua BPBD Hadapi ‘Teror’ Api di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

BMKG Ingatkan Tujuh Wilayah Kalsel Agar Waspada Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Satlantas Polres Banjar Temukan Motor Fajri Setelah 5 Tahun Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com