BREAKING! Api Kembali Berkobar di Gang Nuri Banjarmasin Kebakaran Gang Nuri, Asrama Anak Yatim Ikut Ludes Terbakar Fakta Sejarah Jembatan Barito: Sempat Ingin Diberi Nama Soeharto hingga Terpanjang di Asia Tenggara Menang Dua Game, Ganda Putra Indonesia Marcus/Kevin Gilas Pasangan Inggris Raya JANGAN PANIK! Banjarbaru Resmi Terapkan PPKM Level IV 26 Juli

Ribuan Petani Terdampak Covid-19 di Kalsel Diusulkan Terima Bantuan

- Apahabar.com     Selasa, 16 Juni 2020 - 14:37 WITA

Ribuan Petani Terdampak Covid-19 di Kalsel Diusulkan Terima Bantuan

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Ribuan petani terdampak Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menerima Tiga bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Secara keseluruhan di Kalsel dari 13 kabupaten/kota untuk buruh tani yang terdampak ada 9100-an orang, kita sudah memasukkan mereka untuk mendapatkan BLT (Bantuan langsung tunai, red), masuknya dari masing-masing kabupaten/kota,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman kepada apahabar.com, Selasa (16/6) pagi.

Syamsir menjelaskan, ada dua tipe petani, yakni petani penggarap dan buruh tani, untuk petani penggarap ialah petani yang memiliki lahan tetap, sedangkan buruh tani ialah mereka yang bekerja harian.

“Petani kita ini disebut dengan buruh tani dan petani penggarap. Kalau petani penggarap mereka yang memiliki lahan tetap. Kalau untuk buruh tani ini ada dampaknya karena mereka mengambil upah harian,” jelasnya, “Nah, buruh tani ini lah yang masuk ke dalam petani terdampak Covid-19.”

Selain BLT dari kabupaten/kota masing masing, sambungnya, pihaknya telah mengusulkan bantuan sembako untuk 9100 buruh tani terdampak pada Pemprov Kalsel.

“Kita mempersiapkan bantuan sembako untuk mereka 9100 itu dari Gubernur melalui APBD, dapatnya per tiga bulan, kita sudah usulkan, nanti setelah di ACC akan dibagikan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, bantuan dari pemerintah pusat pun telah dibagikan pihaknya pada masyarakat lingkup pertanian yang terdampak Covid-19.

Adapun paket bantuan yang disalurkan berupa beras premium, gula pasir, minyak goreng, susu kental manis, telur asin, bawang merah, dan bawang putih.

“Ada 341 paket untuk petugas lapangan lingkup pertanian terdampak,” terangnya.

Juga, lanjutnya, ada bantuan sarana produksi (saprodi) untuk petani di Kalsel.

“Untuk petani juga mendapatkan bantuan saprodi, di beberapa kabupaten/kota tapi bertahap karena melihat kondisi tanamnya kapan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Resmi Tersangka, Ketua Nasdem Tanah Laut Langsung Masuk DPO
apahabar.com

Kalsel

Gusti Jamhar Akbar, Seniman Lamut Banjarmasin Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Silpa Banjarmasin Meningkat Ratusan Miliar, Dewan Pertanyaan Kinerja SKPD
BAGUNA

Kalsel

BAGUNA Kalsel Buka Dapur Umum dan Bagikan Ribuan Nasi Bungkus

Kalsel

Pemprov Kalsel Gelar Rakor Persiapan Karhutla di Tengah Pandemi
apahabar.com

Kalsel

Apotek Al Fatih Buka Layanan Konsultasi Pengobatan Gratis
apahabar.com

Kalsel

Pandemi Covid-19, Janda di Banjarmasin Menurun
apahabar.com

Kalsel

Jokowi Disuguhi Lontong Orari dan Ketupat Kandangan Ikan Gabus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com