BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Tak Ber-IMB, Inspektorat Turun Tangan Menyingkap Tabir Sejarah Banjar (1): Misteri Makam Demang Lehman Luna Maya Pakai Dress Rp 44 Juta dan Handbag Rp 383 Juta, Netizen Kira Mantan Ariel Noah Tenteng Kaleng Cat! Kejutan! OPIN Susul Insan Kotabaru Dukung 2BHD

Ribuan Spesimen Covid-19 Kalsel Masih Antre Pengujian

- Apahabar.com Jumat, 26 Juni 2020 - 21:28 WIB

Ribuan Spesimen Covid-19 Kalsel Masih Antre Pengujian

Ilustrasi Covid-19. Foto-US Food and Drug Administration/AFP

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kalimantan Selatan terus memaksimalkan laboratorium pengujian dalam mendeteksi hasil swab masyarakat yang terindikasi Covid-19. Ini terlihat dari pesatnya peningkatan baik kasus positif maupun pasien sembuh.

“Jumlah spesimen yang masuk berjumlah 17.897 dan saat ini sudah terperiksa 13.924 spesimen,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis terbarunya, Jumat (26/6).

Seperti diketahui, saat ini pengujian spesimen Covid-19 di Kalsel dilakukan di laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru dan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

“Kemudian pada hari ini, spesimen yang sudah diperiksa dan hasilnya keluar sebanyak 424,” lanjutnya

Dari spesimen tersebut, terdata 41 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Terdiri dari 18 orang dari Tanah Laut, 5 orang dari Barito Kuala, 3 orang dari Hulu Sungai Selatan, 14 orang dari Banjarmasin dan 1 orang dari Banjarbaru.

“Total ada 2.876 kasus dan 2.120 pasien masih dalam perawatan di rumah sakit dan karantina secara khusus maupun isolasi mandiri,” katanya

Kasus positif hari ini berasal dari 2 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 39 orang dari hasil pelacakan tim surveilans di sejumlah tempat.

“2 PDP dari RSUD Ulin Banjarmasin. Kemudian hasil tracking yaitu 12 dari Banjarmasin, 18 dari Tanah Laut, 1 dari Banjarbaru, 3 dari Hulu Sungai Selatan dan 5 dari Barito Kuala,” sebutnya

Pasien sembuh juga terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada hari ini, 39 orang kembali dinyatakan negatif dari Covid-19. Penambahan ini terdiri dari 1 pasien perawatan RSUD Ulin Banjarmasin, 1 pasien perawatan RSUD Hasan Basry Kandangan, 1 pasien karantina khusus di Bapelkes Banjarbaru, 2 pasien perawatan RSUD Hadji Boejasin, 1 pasien perawatan karantina di Tanah Laut, 4 pasien karantina khusus di Hulu Sungai Selatan, dan terbanyak yaitu 29 pasien perawatan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

“Ada penambahan sehingga totalnya 578 yang sembuh. Kita bersyukur dalam minggu ini terjadi penyembuhan yang signifikan,” ungkap Muslim

Sementara itu terdata jumlah PDP sebanyak 305 dan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 798 orang. Pada kasus kematian dilaporkan juga bertambah 2 kasus menjadi 178 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

Editor: Syarif

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Upaya Meyakinkan Potensi Wisata Kalsel Terus Digenjot
apahabar.com

Kalsel

Dampak Virus Corona, Penjual Jamu Jahe dan Kunyit Mulai Diburu
apahabar.com

Kalsel

Singgung Kriminalitas di Banjarmasin, Psikolog: Kemampuan Kontrol Diri Pelaku Rendah
apahabar.com

Kalsel

PWI Kalsel Serahkan Hand Sanitizer kepada Wartawan Pressroom Kota Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Biadab! 2 Remaja Cabul di Kotabaru Gagahi Anak di Bawah Umur
apahabar.com

Kalsel

PDAM Bandarmasih Kuras Reservoir IPA Pramuka Esok Hari, Berikut Daerah Terdampak
apahabar.com

Kalsel

Ditinggal Saksikan Liga RT, Sebuah Rumah di Tala Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Dikepung Kabut Asap, Perbatasan Banjarbaru-Tala Macet Parah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com