7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Rupiah Selasa Pagi Menguat, Namun Berpotensi Melemah Hari Ini

- Apahabar.com Selasa, 30 Juni 2020 - 12:34 WIB

Rupiah Selasa Pagi Menguat, Namun Berpotensi Melemah Hari Ini

Ilustrasi rupiah. Foto: Voi.id

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (30/6) pagi bergerak menguat ditopang pernyataan Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve (Fed) yang akan mempertahankan suku bunga rendah.

Pada pukul 9.30 WIB rupiah bergerak menguat 90 poin atau 0,63 persen menjadi Rp 14.154 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.244 per dolar AS.

“Pagi ini, sebagian aset mata uang berisiko termasuk rupiah terlihat positif karena adanya komentar tertulis Gubernur Fed yang menyatakan akan mempertahankan suku bunga sangat rendah dalam jangka waktu yang lama untuk membantu memulihkan ekonomi,” ujar Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa.

Di sisi lain, lanjut dia, data indeks aktivitas manufaktur dan non-manufaktur China pada bulan Juni yang menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas memberikan harapan pergerakan ekonomi dunia sehingga turut mempengaruhi mata uang negara berkembang.

Kendati demikian ia mengatakan kekhawatiran pelaku pasar uang terhadap peningkatan penyebaran Covid-19, baik di dalam negeri maupun eksternal masih belum hilang sehingga potensi pembalikan arah mata uang rupiah berpotensi terjadi pada hari ini.

“Tarik menarik sentimen positif dan negatif ini bisa membuat rupiah bergerak mengalami pelemahan atau penguatan yang tipis hari ini,” katanya.

Ia memperkirakan pergerakan rupiah pada Selasa ini berpotensi bergerak di kisaran Rp 14.150 hingga Rp 14.300 per dolar AS.

Pada Senin (29/6) kemarin rupiah ditutup melemah 25 poin atau 0,18 persen menjadi Rp 14.245 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.220 per dolar AS.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Penerimaan Pajak 2019 Tumbuh Tipis
apahabar.com

Ekbis

Ini Sebab Nissan Tarik 150 Ribu Kendaraan di Jepang
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Melemah Seiring Koreksi Mata Uang Asia
apahabar.com

Ekbis

Dorong Daya Beli, Bank Mandiri Gratiskan Biaya Isi Saldo GoPay
apahabar.com

Ekbis

Gelaran Pemilu Sukses, Industri Manufaktur Diyakini Bakal Meningkat
apahabar.com

Ekbis

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom
apahabar.com

Ekbis

Mentan Memproyeksi Produksi Beras 2021 Capai 20 Juta Ton
apahabar.com

Ekbis

Bayar SPP Pakai Gopay dan Ovo Bukan Lagi Lelucon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com