Peredaran Rokok Ilegal Tinggi, KAKI Kalsel Geruduk Kantor Ditjen Bea Cukai Status Siaga Banjir di Balangan Berlaku hingga 12 Desember Waspada Banjir Rob, BPBD Tanah Bumbu Ingatkan Warga Pesisir Laut Puncak Harjad ke-56 Tabalong, Momentum Melanjutkan Estafet Pembangunan Lebih Maju Tergantung Status, Banjarmasin Punya Rp 500 Juta Siap Dirikan Dapur Umum-Logistik

Satu Keluarga Positif Covid-19 di Banjarmasin Diabaikan, Wakil Rakyat Bereaksi

- Apahabar.com     Rabu, 3 Juni 2020 - 21:20 WITA

Satu Keluarga Positif Covid-19 di Banjarmasin Diabaikan, Wakil Rakyat Bereaksi

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, H Muhammad Yamin. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Kasus keluarga positif Covid-19 dari Banjarmasin yang terkesan diabaikan mendapat perhatian serius para wakil rakyat kota ini.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, H Muhammad Yamin menyesalkan kurang perhatian Pemerintah Kota Banjarmasin kepada satu keluarga dinyatakan positif covid-19 di Pekapuran Raya itu.

“Kita berharap, khususnya pada Pemkot Banjarmasin dalam penanganan Covid-19 jangan sampai terjadi miss komunikasi. Apalagi kepada pasien ODP atau positif, jangan sampai hal seperti ini terulang lagi. Kita ingin memutus mata rantai. Maka perhatikan warga jangan hanya terfokus pada pasiennya, tapi juga keluarganya,” ujar Yamin, Rabu (3/6).

Politisi Gerindra ini mengatakan jangan sampai keluarga yang mengkarantina mandiri di rumah berkeliaran tanpa bantuan. “Pemerintah mesti perhatian kepada keluarga pasien. Apalagi pemkot bersama dewan sudah membahas anggaran inikan sudah cukup besar, jadi tolong dimaksimalkan. Jangan sampai menunggu bola, laporan kelurahan, kecamatan atau RT,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yamin menjelaskan semestinya pasien sudah positif dibawa ke rumah karantina. Tapi apabila konsekuensi harus isolasi mandiri, maka Dinkes, pihak pemkot, ataupun Dinsos datang memperhatikan.

apahabar.com

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Matnor Ali. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

“Selama karantina itu pasti mereka tidak keluar rumah. Mereka mau makan apa. Maka peran pemkot lah untuk hadir memperhatikan, jangan sampai mereka diabaikan,” pungkasnya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Matnor Ali berjanji akan segera mendiskusikan persoalan ini dengan Dinas terkait, mengingat mungkin saja kasus seperti ini juga terjadi di kawasan lain.

“Ini semua tanggung jawab pemerintah dan harus segera diselesaikan oleh pemerintah Kota Banjarmasin,” sebutnya.

Matnor Ali berharap persoalan seperti ini tidak terjadi kepada pasien positif covid-19 lainnya. “Nanti kita bicarakan dengan pihak terkait, jangan sampai ini terjadi lagi,” ucap Matnor.

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial, Iwan Ristianto mengatakan, agar keluarga yang bersangkutan berkoordinasi dengan tim gugus kelurahan melalui ketua RT setempat.

Karena menurutnya, sesuai prosedur bantuan terdampak covid-19 bisa disalurkan jika ada usulan dari ketua RT kepada kelurahan.

“Sementara usulan warga akan ditindaklanjuti jika sudah ada diusulkan lewat kelurahan,” ujarnya usai rapat bersama Komisi IV DPRD Banjarmasin.

Selama ini dikatakan Iwan, bantuan yang diberikan berupa sembako dan uang senilai Rp100 ribu per hari, yang diberikan selama menjalani karantina 10 atau 14 hari.

Hal serupa dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) HM Hilmi. Ia mengatakan, pihaknya siap menyalurkan bantuan 1×24 jam, asalkan ada usulan.

“Karena kita hanya menunggu bola, karena yang tahu warganya adalah RT. Jadi kita akan secepatnya akan menyalurkan bantuan jika ada usulan kelurahan melalui RT,” terangnya.

Untuk kasus ini Helmi menerangkan pihaknya akan segera menelpon tim gugus kelurahan, dan secepatnya dapat memberikan bantuan ke warga tersebut.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahya Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Atlet Kempo POPDA 2021 Asal Tanbu Cidera, Dispora Kalsel Siapkan Asuransi
apahabar.com

Kalsel

Bang Dhin Desak Dinkes Kalsel Sediakan Dokter Paru di RS Boejasin
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini Diprediksi Tak Sepenuhnya Bersahabat
apahabar.com

Kalsel

HUT ke-74 RI, Malam Ini Pemkab HST Gelar Apel Kehormatan di TMP Kesuma Bangsa
P3K

Kalsel

Gandeng Sejumlah Komunitas di Kabupaten Banjar, Polres Banjar Lakukan P3K di Astambul
apahabar.com

Kalsel

Besok Malam, NSA Project Movement Hadirkan Pertunjukan Gamalan di Taman Budaya
Mantewe

Kalsel

Polda Kalsel Tetapkan Tiga Tersangka Kecelakaan Maut Tambang Mantewe Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Patroli Antisipasi Kejahatan Jalan Ditingkatkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com