Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Sukamta: Redistribusi Tanah Upaya untuk Memberi Kepastian Hukum Masyarakat

- Apahabar.com Minggu, 21 Juni 2020 - 17:48 WIB

Sukamta: Redistribusi Tanah Upaya untuk Memberi Kepastian Hukum Masyarakat

Bupati Tala Sukamta saat menghadiri sidang panitia pertimbangan landreform program retribusi tanah yang bertempat di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Sabtu (19/6). Foto: Humas Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut, Sukamta mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang tidak memiliki tanah atau ada yang mengerjakan tanah namun tidak mempunyai alas hukum yang jelas.

“Makanya redistribusi tanah harus benar-benar menjadi salah satu upaya untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat sekaligus mendorong usaha ekonomi masyarakat Tala,” kata Sukamta di sela sidang panitia pertimbangan landreform program retribusi tanah yang bertempat di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Sabtu (19/6).

Redistribusi tanah menurut dia menjadi salah satu program pembangunan yang sangat penting bagi masyarakat, sebab itu merupakan bukti keberpihakan pemerintah kepada masyarakat.

Makanya dia beranggapan bahwa tak cukup hanya sebatas redistribusi dan menerima sertifikat semata, namun juga harus ada tindak lanjut dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ataupun instansi di Tala.

Sehingga redistribusi tersebut dapat memberikan dampak ekonomi yang nyata di tengah-tengah masyarakat.

Redistribusi tanah sebenarnya adalah agar masyarakat memiliki sertifikat yang kemudian bisa dijaminkan ke bank untuk pengembangan usaha mereka.

“Jangan sampai setelah menerima sertifikat, tanahnya langsung dijual,” ujarnya.

Ia pun menyadari dengan adanya sertifikat tanah maka akan terwujud tertib pertanahan di Kabupaten Tala, sehingga kasus-kasus pertanahan di masa depan semakin menurun.

Terlebih kasus sengketa lahan di Tala cukup tinggi apalagi dengan masuknya berbagai investasi di Kabupaten Tala yang berpotensi memicu sengketa pertanahan yang lebih besar lagi.

Kepala BPN Tala, Syamsu Wijana yang juga selaku Wakil Ketua Panitia Pertimbangan Landreform menuturkan, berdasarkan penelitian yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dapat disimpulkan bahwa tanah yang dimohon merupakan tanah-tanah yang telah dikuasai masyarakat sebanyak 1.200 bidang dan berlokasi di 8 desa di Tanah Laut, yakni Desa Kandangan Lama, Kandangan Baru, Batu Tungku, Batu Mulya, Raden, Sungai Bakau, Handil Birayang Atas dan Handil Birayang Bawah.

Eksistensi tanah yang dimohonkan pun adalah tanah pertanian, berada di luar area kawasan hutan, HGU dan hak-hak atas tanah lainnya serta tidak dalam keadaan sengketa, baik batas-batasnya maupun kepemilikannya dengan pihak manapun.

Lebih lanjut dia melaporkan, redistribusi tanah di Kabupaten Tala yang semula ditargetkan sebanyak 3.003 bidang, kini hanya mencukupi sebanyak 1.200 bidang dikarenakan penghematan anggaran untuk Covid-19.

“Mudah-mudahan sisanya serta tambahannya bisa kita laksanakan di tahun 2021,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula turut diserahkan sertifikat Barang Milik Negara (BMN) oleh Kepala BPN Tala, Syamsu Wijana kepada Bupati Tala, H. Sukamta.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Datangi Rumah Warga, Sukamta Bagikan 100 Tas Berisi Sembako
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Gelar Diklatcab dan Rakercab, HIPMI Tala Diminta Ciptakan Pengusaha Muda
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Peredaran Uang di Tala Expo Mencapai Rp 5,5 Miliar
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Dukung Industri Kecil Menengah, Sukamta Launching “Karomah”
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Panen Padi di Mekarsari, Bupati Tala Apresiasi Keberhasilan Desa
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Abdi Rahman Minta ASN Tingkatkan Etos Kerja
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Hujan Deras, Merah Putih Tetap ‘Berkibar’ di Tala
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Lansia dan Penyandang Disabilitas di Tala Mulai Terima BLT
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com