Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Sungai Kintap Meluap, Ratusan Rumah Penduduk Terendam

- Apahabar.com Minggu, 21 Juni 2020 - 22:17 WIB

Sungai Kintap Meluap, Ratusan Rumah Penduduk Terendam

Genangan air merendam rumah warga. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Intensitas hujan tinggi dalam tiga hari membuat air di Sungai Kintap meluap. Akibatnya ratusan rumah yang berdekatan aliran sungai itu terendam, Minggu (21/06).

Kepala BPBD Tala HM Kusri di lokasi bencana banjir menuturkan air naik di pemukiman warga akibat hujan lebat dalam tiga hari. “Air mencapai pinggang orang dewasa,” ujar Kusri kepada apahabar.com, Minggu (21/06) Sore.

BPBD Tanah Laut sudah siap siaga sebelum banjir merendam, hal ini dikarenakan alat pendeteksi banjir atau Early Warning System (EWS) yang dipasang pihak BPBD di desa Kintapura tepatnya di RT 09 sudah menunjukkan peringatan sejak Sabtu (20/06) pukul 05.00 Wita.

Menurut Kusri saat ini ketinggian air mencapai 2 meter dari ketinggian sungai yang normal seperti biasanya. Diperkirakan air akan naik lagi pada malam nanti karena kondisi masih hujan, Mengantisipasi hal itu dilakukan evakuasi kepada warga.

“Melambatnya air surut lantaran bertepatan air laut yang pasang, hingga air lambat turun ke laut,” katanya.

Selain di dua desa di Kecamatan Kintap yang terdampak banjir, Desa Asam Asam Kampung dan Sungai Baru, Kecamatan Jorong juga ikut terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi. BPBD pun disiagakan di desa ini, namun saat ini kesiagaan lebih diprioritaskan penanganannya di dua desa di Kecamatan Kintap.

“Doakan kami bersama tim sehat selalu, karena saat ini Covid 19 juga masih berlangsung, dan setelah banjir ini kita juga mesti waspada dengan kemungkinan bencana karhutla,” katanya.

Terparah banjir akibat luapan Sungai Kintap adalah Desa Kintapura sebanyak 276 buah rumah terendam.

Dari badan jalan kampung air pasang setinggi pinggang orang dewasa kemudian Desa Kintap Kecil 39 buah rumah dan Kintap 17 buah rumah terendam. “Ada sekitar 10 RT yang terendam,” di Wilayah Kintap.

Sementara di Di Desa Asam-Asam Kampung 210 Buah rumah terendam akibat luapan sungai di wilayah tersebut. Beruntung dalam kejadian banjir itu tidak ada korban jiwa.
Saat ini Sekda Tanah Laut H. Dahnial Kifli Kadinsos Noorhidayat, Camat Kintap Eko Trianto serta para petugas BPBD turun langsung untuk mengecek situasi terkini dan mengevakuasi warga yang rumahnya sudah terendam banjir, Minggu (21/06).

Dengan menggunakan perahu karet Sekda bersama rombongan mengarungi banjir yang arusnya cukup deras melanda desa tersebut.

Dahnial Kifli menuturkan evakuasi dilakukan untuk mengantisipasi air yang saat ini masih naik dan ditakutkan listrik padam maka akan membuat tidak nyaman warga.

“Di tempat pengungsian nya nanti akan dicek kesehatannya dan petugas akan membuka dapur umum, dan saat ini masih mencari warga warga yang belum mau mengungsi, namun barang barang harta benda kita amankan,” ungkap Dahnial.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

VIDEO: Tak Perpanjang Izin Usaha, Pedagang Minol Banjarmasin Kebanyakan Ilegal
Korban Penganiayaan

Kalsel

Waspada Penipuan Bermodus Kakek Korban Penganiayaan di Landasan Ulin Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Covid-19, Pengunjung RSUD Tanbu Dilarang Masuk Area Rawat Inap

Kalsel

Buruh Harian di Banjarmasin Barat Ditemukan Tewas Tertelungkup
apahabar.com

Kalsel

Merokok di Pesawat, Kakek asal Kalsel Diamankan Petugas Avsec
apahabar.com

Kalsel

Pemkot Banjarmasin: Libur Sekolah Diperpanjang Dua Pekan
apahabar.com

Kalsel

Adaro Spectrapreuner Berhasil Ciptakan UMKM Mandiri
apahabar.com

Kalsel

Aksi Tolak Omnibus Law di Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat Ditutup!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com