Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Tala Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Sukamta: Berkat Kerja Keras

- Apahabar.com Selasa, 16 Juni 2020 - 15:06 WIB

Tala Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Sukamta: Berkat Kerja Keras

Lewat video conference, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan Tornanda Syaifullah, menyampaikan Pemkab Tanah Laut meraih Opini WTP, Selasa (16/6). Foto-istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini WTP ini merupakan yang ketujuh kalinya diraih Pemkab Tala secara berturut-turut.

Kepastian diraihnya WTP Kabupaten Tala disampaikan oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah, dalam Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 yang digelar melalui video conference daring, Selasa (16/6).

“Alhamdulillah kerja keras kita, baik dalam penyusunan LKPD maupun penatausahaan keuangan sekaligus dalam melakukan tindak lanjut dari hasil temuan-temuan dari BPK, sehingga hari ini LHP APBD 2019 kita bisa mempertahankan Opini WTP yang ketujuh kalinya untuk Pemkab Tala,” ucap Bupati Tala Sukamta.

Menurut Sukamta, raihan tersebut adalah hasil kerja keras dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tala (BPKAD) dan Inspektorat Tala. Selain itu Sukamta juga berterimakasih kepada para bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran serta bendahara barang dan jasa.

Orang nomor satu di Tala itu mengharapkan kedepannya apa yang sebelumnya menjadi menjadi temuan dari BPK jangan menjadi temuan berulang.

“Apapun yang menjadi temuan BPK tolong jangan lagi menjadi temuan di tahun yang akan datang. Artinya masalah klasik seperti itu jangan diulang supaya kita bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Tala H Atmari juga menyampaikan apresiasinya.

“Ini sungguh luar biasa, berkat binaan dari Bupati Tala yang juga bekerja sama dengan DPRD Tala untuk penyusunan APBD 2019 Tala. Ini hal yang sangat baik. Kita kembali meraih opini WTP,” tutur Atmari.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalsel Tornanda Syaifullah mengapresiasi seluruh Pemkab/Pemkot se-Kalsel karena seluruh kota/kabupaten menerima Opini WTP.

“Sangat luar biasa untuk LKPD 2019 seluruh kabupaten/kota se-Kalsel menerima Opini WTP. Ini sangat membanggakan tentunya,” jelasnya.

Ia menambahkan, Opini WTP ini merupakan pernyataan pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

Dimulai dari hasil penilaian kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kemudian kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Tornanda Syaifullah pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh Pemkab dan Pemkot se-Kalsel yang telah bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja cermat dalam mengelola APBD tahun 2019.

“Kinerja ini bisa terus ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan tahun-tahun berikutnya, serta pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: AHC14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Sukamta Pastikan Pasar Rakyat di Tala Tetap Buka

Kab. Tanah Laut

Sukamta Pastikan Pasar Rakyat di Tala Tetap Buka
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Pemkab Tala Launching Logo Pariwisata
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

BNN Kalsel Gelar Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Tala
Bupati Tala Sumbangkan Gaji untuk Relawan Tanggap Darurat Covid-19

Kab. Tanah Laut

Bupati Tala Sumbangkan Gaji untuk Relawan Tanggap Darurat Covid-19
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Hujan Deras, Merah Putih Tetap ‘Berkibar’ di Tala
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Baru Dilantik, Darmin Dipuji Sukamta
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Pemkab Tala Raih Penghargaan KUR Terbaik Nasional
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Darmin: Jasa Layanan Pencatatan Sipil Wajib Gratis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com