Agar Koalisi Penanggulangan AIDS Banjarmasin Tak Lagi Mati Suri Kebakaran Pekapuran Raya, Bumil Dilarikan ke RS Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin 

Tangani Covid-19, Pemprov Kalteng Alokasikan Rp500 Miliar

- Apahabar.com     Selasa, 23 Juni 2020 - 10:25 WITA

Tangani Covid-19, Pemprov Kalteng Alokasikan Rp500 Miliar

Ilustrasi Coronavirus Disease (Covid-19). Foto-Shutterstock/Wan

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri mengatakan anggaran yang telah dialokasikan pemerintah provinsi untuk menangani pandemi Covid-19 mencapai sebesar Rp500 miliar hingga akhir tahun.

“Kami anggarkan sekitar Rp500 miliar. Selama tidak ada lonjakan atau ledakan luar biasa, kami hitung dana tersebut cukup dan mungkin lebih,” katanya di Palangka Raya, Kalteng, Selasa (23/6).

Setelah dievaluasi, berbagai keperluan wajib dipenuhi, seperti tahap awal yaitu penyediaan peralatan yang harganya cukup mahal, hingga barulah kemudian kebutuhan operasional yang sifatnya rutin.

Pihaknya memperkirakan penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya berada di angka Rp6 miliar per bulannya.

“Kemudian juga alokasi untuk jaring pengaman sosial, dilakukan distribusi berbagai bantuan untuk meringankan masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” jelas Fahrizal.

Pihaknya juga akan mengulas mengenai anggaran untuk pembangunan fisik atau program lain ke depannya. Apabila dimungkinkan dilakukan pergeseran, maka tentu pendanaan untuk mendukung program lainnya akan dilaksanakan.

“Bagaimanapun aktivitas pembangunan tidak boleh terhenti. Saat adanya aktivitas pembangunan maka di situ terjadi pergerakan perekonomian,” ungkapnya.

Melalui pergerakan perekonomian yang tercipta, pihaknya berharap akan ada sumber pendapatan atau pekerjaan yang bisa didapat masyarakat.

“Kami akan evaluasi dari serapan-serapan anggaran yang ada, barulah kemudian hal tersebut bisa segera diputuskan dan kami upayakan dalam waktu segera,” tuturnya.

Saat ini, sudah berjalan bulan keenam 2020, sehingga dengan dana yang tersedia pihaknya bisa memprediksi ketersediaan anggaran dengan pemenuhan berbagai kebutuhan hingga akhir tahun. Apabila angkanya mencukupi, maka bisa dimungkinkan dilakukan pergeseran kembali.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

prokes

Kalteng

Cegah Covid-19, Satgas Kapuas Timur Bagikan Spanduk Imbauan Prokes ke Masjid
apahabar.com

Kalteng

Dear Pemkab Kapuas, Objek Wisata Rumah Betang Sungai Pasah Butuh Perhatian
Covid-19

Kalteng

Trend Kasus Covid-19 Meningkat, Kapuas Tak Laksanakan PSBB

Kalteng

Diduga Korupsi Dana Desa Ratusan Juta, Kades Pantai Kapuas Jadi Tersangka
kadinkes palangka raya

Kalteng

Kadinkes Palangka Raya Minta Provinsi Buka RS Perluasan
Kakak Kandung Gubernur Kalteng

Kalteng

Satu Tarikan Napas, Kakak Kandung Gubernur Kalteng dan Thisia Halijam Sah Suami-Istri
Luapan Air Sungai Barito Jadi Kolam Renang Dadakan di Muara Teweh

Kalteng

Luapan Air Sungai Barito Jadi Kolam Renang Dadakan di Muara Teweh  
Kompensasi

Kalteng

Warga Selat Hilir Kapuas Tuntut Kompensasi Menara Telekomunikasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com