BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Tangguh Tanggap Covid-19, Desa Mekarjaya di Angsana Tanbu Dijadikan Percontohan

- Apahabar.com Selasa, 9 Juni 2020 - 23:15 WIB

Tangguh Tanggap Covid-19, Desa Mekarjaya di Angsana Tanbu Dijadikan Percontohan

Unsur Muspida dan Muspika Tanbu saat melakukan peninjauan di Desa Mekarjaya. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Desa Mekar Jaya, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi percontohan Desa Tangguh Tanggap Covid-19, seperti yang dicanangkan Kemendagri.

Desa ini telah mendeklarasikan kesiapan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

Dengan sejumlah fasilitas yang sudah terpenuhi, Desa Mekarjaya kini sudah siap menjadi desa tangguh tanggap Covid-19.

Sejumlah sarana dan prasarana terpenuhi, mulai dari rumah karantina, dapur relawan, dapur umum, lahan ketahanan pangan desa dan ketahanan pangan masyarakat serta lahan pemakaman pasien Covid-19.

Desa Mekarjaya sendiri saat ini memiliki empat posko yang selalu dijaga oleh tim relawan untuk mendeteksi warga yang keluar masuk wilayah desa.

Untuk rumah karantinanya di desa ini mampu menampung 10 orang dari luar daerah dengan dilengkapi fasilitas dapur dan kamar mandi.

Kemudian untuk tim relawan akan selalu diberikan vitamin sebagai penunjang daya tahan tubuh dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri, mengatakan Mekarjaya merupakan salah satu percontohan desa tangguh tanggap Covid-19 yang dicanangkan oleh Kemendagri RI di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga Desa Mekarjaya menjadi motivasi desa lainnya, karena di Tanah Bumbu sendiri setiap kecamatan akan mencanangkan dua desa tangguh tanggap Covid-19,” sebutnya.

Kades Mekarjaya, Joko Wiyono Setiawan, mengatakan pada desa tangguh tanggap banua ini semua aparat desa dilibatkan, fasilitas dan penanganan selama karantina juga dipenuhi.

Begitu juga ketahanan pangan yang telah disediakan desa dan masyarakat, akan dimanfaatkan agar bisa memenuhi kekurangan pangan.

“Saya dan semua relawan sudah berkomitmen dan berdeklarasi untuk melakukan penanganan Covid-19 demi masyarakat bersama,” tegasnya.

Untuk ketahanan pangan, setiap rumah warga penuh dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Hampir semua warga di Desa Mekarjaya memiliki tanaman sendiri. Sehingga untuk menghadapi pandemi Covid-19 ketahanan pangan mereka tercukupi dan masyarakat sudah siap.

Sementara itu, Wakapolres Tanah Bumbu, Kompol Arief Prasetya, didampingi Kapolsek Angsana, Iptu H Tony Haryono, mengapresiasi atas langkah yang dilakukan Desa Mekarjaya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kampung tangguh tanggap banua ini sangat membantu sekali. Saya salut dengan kepala desa yang memberikan pembinaan, sehingga pekarangan warga hingga ke samping jalan raya pun ditanami jenis tanaman yang bermanfaat,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, kesiapan desa mulai dari tim relawan, rumah karantina dan dapur umum relawan, lahan ketahanan pangan desa dan masyarakat sangat siap. Bahkan dari desa juga sudah menyiapkan lahan untuk pemakaman bagi pasien Covid-19.

“Desa Mekarjaya ini sudah sangat siap menghadapi pandemi ini,” tandasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tanah Bumbu

Dua Desa di Tanbu Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Banua

Tanah Bumbu

Tanbu Masih Zona Merah, Acara Pernikahan Jadi Sorotan
apahabar.com

Tanah Bumbu

Hipmi Tanah Bumbu Gandeng Disdagri Majukan UMKM
apahabar.com

Tanah Bumbu

Ekonomi Lesu Akibat Pandemi, Bupati Kotabaru Minta UKM di Pedesaan Dikembangkan
apahabar.com

Tanah Bumbu

Kemenag Tanbu Keluarkan Panduan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban
apahabar.com

Tanah Bumbu

Yayasan Haji Maming Berbagi, Dua Ekor Sapi Dikirim ke Pemkab Tanbu
apahabar.com

Ekbis

Jelang Rakercab, Hipmi Tanah Bumbu Perkuat Konsolidasi
apahabar.com

Tanah Bumbu

Rooswandi Minta SKPD Tingkatkan Disiplin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com