Lari ke Kaltim, Terduga Buronan Kalsel Jadi Buruan di Hutan Samboja! Hasil PSU di Kabupaten Banjar; BirinMu Menang Besar, Ini Rinciannya Harga Minyak Terdongkrak Ramalan Kenaikan Permintaan DITANGKAP! Terduga Pembunuh Sopir Truk PT BKB di Tapin Kalsel Fakta Baru Kasus Pembunuhan Sopir Truk di Jalan Hauling Tapin

Tangguh Tanggap Covid-19, Desa Mekarjaya di Angsana Tanbu Dijadikan Percontohan

- Apahabar.com Selasa, 9 Juni 2020 - 23:15 WIB

Tangguh Tanggap Covid-19, Desa Mekarjaya di Angsana Tanbu Dijadikan Percontohan

Unsur Muspida dan Muspika Tanbu saat melakukan peninjauan di Desa Mekarjaya. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Desa Mekar Jaya, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi percontohan Desa Tangguh Tanggap Covid-19, seperti yang dicanangkan Kemendagri.

Desa ini telah mendeklarasikan kesiapan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

Dengan sejumlah fasilitas yang sudah terpenuhi, Desa Mekarjaya kini sudah siap menjadi desa tangguh tanggap Covid-19.

Sejumlah sarana dan prasarana terpenuhi, mulai dari rumah karantina, dapur relawan, dapur umum, lahan ketahanan pangan desa dan ketahanan pangan masyarakat serta lahan pemakaman pasien Covid-19.

Desa Mekarjaya sendiri saat ini memiliki empat posko yang selalu dijaga oleh tim relawan untuk mendeteksi warga yang keluar masuk wilayah desa.

Untuk rumah karantinanya di desa ini mampu menampung 10 orang dari luar daerah dengan dilengkapi fasilitas dapur dan kamar mandi.

Kemudian untuk tim relawan akan selalu diberikan vitamin sebagai penunjang daya tahan tubuh dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri, mengatakan Mekarjaya merupakan salah satu percontohan desa tangguh tanggap Covid-19 yang dicanangkan oleh Kemendagri RI di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga Desa Mekarjaya menjadi motivasi desa lainnya, karena di Tanah Bumbu sendiri setiap kecamatan akan mencanangkan dua desa tangguh tanggap Covid-19,” sebutnya.

Kades Mekarjaya, Joko Wiyono Setiawan, mengatakan pada desa tangguh tanggap banua ini semua aparat desa dilibatkan, fasilitas dan penanganan selama karantina juga dipenuhi.

Begitu juga ketahanan pangan yang telah disediakan desa dan masyarakat, akan dimanfaatkan agar bisa memenuhi kekurangan pangan.

“Saya dan semua relawan sudah berkomitmen dan berdeklarasi untuk melakukan penanganan Covid-19 demi masyarakat bersama,” tegasnya.

Untuk ketahanan pangan, setiap rumah warga penuh dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Hampir semua warga di Desa Mekarjaya memiliki tanaman sendiri. Sehingga untuk menghadapi pandemi Covid-19 ketahanan pangan mereka tercukupi dan masyarakat sudah siap.

Sementara itu, Wakapolres Tanah Bumbu, Kompol Arief Prasetya, didampingi Kapolsek Angsana, Iptu H Tony Haryono, mengapresiasi atas langkah yang dilakukan Desa Mekarjaya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kampung tangguh tanggap banua ini sangat membantu sekali. Saya salut dengan kepala desa yang memberikan pembinaan, sehingga pekarangan warga hingga ke samping jalan raya pun ditanami jenis tanaman yang bermanfaat,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, kesiapan desa mulai dari tim relawan, rumah karantina dan dapur umum relawan, lahan ketahanan pangan desa dan masyarakat sangat siap. Bahkan dari desa juga sudah menyiapkan lahan untuk pemakaman bagi pasien Covid-19.

“Desa Mekarjaya ini sudah sangat siap menghadapi pandemi ini,” tandasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tanah Bumbu

Lahan Pembangunan Ponpes Darul Hijrah di Tanbu Mulai Dibersihkan
Upadate Covid-1

Tanah Bumbu

Upadate Covid-19 Tanbu: Positif 6 Orang, Sembuh 4
Vaksinasi

Tanah Bumbu

Mulai Hari Ini, Vaksinasi Dosis Kedua untuk Nakes di Tanbu Disuntikkan

Tanah Bumbu

Update Covid-19 di Tanbu, Pasien Sembuh Bertambah
apahabar.com

Tanah Bumbu

Satgas TMMD Kodim 1022 Tanah Bumbu dan Warga Gotong Royong Bersihkan Lingkungan
apahabar.com

Tanah Bumbu

H Ready Kambo Buka Pelaksanaan Bimtek Hisab Rukyat
Zona Hijau

Tanah Bumbu

Alhamdulillah, 4 Kecamatan di Tanbu Masuk Zona Hijau Covid-19
apahabar.com

Tanah Bumbu

Banjir di Satui Stagnan, Camat Ungkapkan Kondisi Terkini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com