Tragis, Petani Tabalong Tersambar Petir Sepulang Tanam Padi Ssttt.. Rampok Tanah Laut Lolos dari Penyekatan di Hutan Samboja Alasan H2D Kembali Tolak Hasil Rekapitulasi PSU di Banjarmasin Heboh Buronan Kalsel Kabur ke Hutan Samboja, Ternyata Rampok Tanah Laut Batal Tender Jalan di Batola, CV Ridho Menang Gugatan PTUN

Target Rp 2,5 Miliar, Pendapatan Pajak Walet di Kapuas Cuma Rp 26 Juta

- Apahabar.com Selasa, 23 Juni 2020 - 18:45 WIB

Target Rp 2,5 Miliar, Pendapatan Pajak Walet di Kapuas Cuma Rp 26 Juta

Bangunan usaha sarang burung walet di Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

apahabar.com – KUALA KAPUAS – Menjamurnya bangunan usaha rumah sarang burung walet di Kabupaten Kapuas, Kalteng sepertinya masih belum mampu memberikan kontribusi optimal bagi pendapatan asli daerah setempat.

Berdasarkan data Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas bahwa hingga Juni 2020, penerimaan pendapatan dari pajak usaha sarang burung walet baru terealisasi Rp 26 juta.

“Penerimaan PAD dari pajak usaha sarang burung walet sampai saat ini baru terealisasi Rp 26 juta atau satu persen dari tari target sebesar Rp 2,5 miliar,” kata Kepala BPPRD Kapuas, Andres Nuah di Kuala Kapuas, Selasa (23/6).

Andres membeberkan bahwa masih rendahnya penerimaan pajak walet karena, pertama pada pandemi Covid saat ini pihaknya kesulitan bergerak untuk melakukan pungutan pajak tersebut dilapangan secara door to door.

Kemudian kedua, masih banyak pengusaha walet yang tidak taat untuk melaporkan hasil usahanya. “Yang taat itu mungkin sekitar satu sampai dua persen saja, dan itu pun kami tidak tahu kebenarannya,” ujarnya.

Karenanya, mantan Pj Sekda Kapuas ini berharap pihak pemerintahan kecamatan juga bisa bergerak untuk melakukan pungutan pajak walet secara door to door.

“Karena kalau kami tidak mungkin bisa bergerak secara door to door ke semua kecamatan. Kalau pihak kecamatan mereka lebih dekat dengan pengusaha walet yang ada di wilayahnya,” pungkas Andres Nuah.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Tambah 16 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Palangka Raya Jadi 168 Orang
apahabar.com

Kalteng

Puluhan Wartawan dan Anggota TNI di Muara Teweh Jalani Rapid Test
apahabar.com

Kalteng

6 Pria Ditangkap, Polisi Bidik Cukong Logging di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Usulan Dua Kabupaten Baru di Kalteng Sudah Sampai ke DPR RI
Covid-19

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 8 Positif, 5 Sembuh
Kalteng

Kalteng

Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus
apahabar.com

Kalteng

Respon Wali Kota Palangka Raya Usai Izin PSBB Ditolak Kemenkes
apahabar.com

Kalteng

Ketua IAKMI Kapuas: Selain Covid-19, DBD Juga Ancaman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com