Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Tarif Melonjak, Ini 5 Poin Kesepakatan DPRD Banjarbaru dengan PLN

- Apahabar.com Selasa, 16 Juni 2020 - 20:17 WIB

Tarif Melonjak, Ini 5 Poin Kesepakatan DPRD Banjarbaru dengan PLN

Suasana rapat di aula paripurna DPRD Banjarbaru membahas lonjakan tarif listrik bersama PT PLN. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARMASIN – Tampung keluhan masyarakat terkait lonjakan tarif listrik, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru sepakati lima poin penting dengan PT PLN.

Kesepakatan itu tercipta saat kedua belah pihak menggelar rapat intens di Gedung DPRD Banjarbaru, Selasa (16/6) sore.

“Ada 5 poin hasil kesepakatan di rapat tadi,” ujar Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Napsiani Samandi saat ditemui awak media usai rapat.

Kelima poin tersebut dijelaskannya yakni segera melakukan investigasi pada tagihan rekening yang terindikasi melonjak.

Lalu, sepakat untuk tidak melakukan pemutusan apabila ada keterlambatan pembayaran listrik pelanggan dalam kondisi saat ini.

Kemudian lagi, harus ada perhitungan kWh pemakaian dengan jelas.

“(Lalu) Petugas dibekali data data pemakaian masyarakat jadi bisa menjelaskan ke masyarakat. Dan mendirikan posko pengaduan, sehingga betul betul masyarakat bisa melaporkan hal hal ini,” ungkap Napsiani Samandi merincikan.

Napsiani menegaskan, kelima hal tersebut sangat penting untuk dapat meredam gejolak di masyarakat yang selama ini merasakan lonjakan tagihan listrik.

“PLN mereka tidak bisa mengambil keputusan, tapi mereka akan mengirim surat ke PLN Wilayah, kami minta tembusannya nanti. Wilayah nanti yang berkewenangan meneruskan ke pusat. Yang jelas PLN memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik hanya selisih pemakaian saja,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Napsiani, mengetahui ini sebagai kebijakan nasional, tapi perlu ada langkahp-langkah yang konkrit di daerah.

Sementara itu, Tim komunikasi PT PLN (Persero) UIKL Kalimantan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin, Sudarto menjanjikan segera menindaklanjuti kelima poin tersebut.

“Tadi poinnya sudah disampaikan, tanggapan PLN ada hal-hal yang memang akan kami teruskan ke pusat terkait regulasi nasional, karena sesuai regulasi komitmen kita dengan rekan rekan anggota dewan. Kita akan bersurat ke kantor wilayah, di mana surat tersebut akan kita tembuskan,” janjinya.

Menurutnya, untuk poin penundaan pemutusan listrik pelanggan dan menampilkan pemakaian kWh pelanggan bukanlah hal yang berat.

“Poin itu sebenarnya hal yang tidak terlalu berat tapi rekening (rupiah per kWh) itu bukan prodak lokal tapi prodak nasional sekali di ubah otomatis nasional berdampak. Kami akan sampaikan ke unit kami di atas,” terangnya.

Sedangkan untuk poin lainnya, kata Sudarto pihaknya dapat melakukannya sendiri.

“Untuk poin lainnya seperti kebijakan investigasi masyarakat itu bisa dilakukan sendiri,” pungkasnya.

apahabar.com

Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Napsiani Samandi saat ditemui awak media usai rapat dengan PLN di gedung DPRD Banjarbaru, Selasa (16/6) sore. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Rooswandi Salem Kukuhkan Pengurus Saka Pramuka Cabang
apahabar.com

Kalsel

Bansos Harus Tepat Sasaran, Kodim 1002 Barabai Andalkan Babinsa
apahabar.com

Kalsel

Tambah 75 Kasus Positif dalam Sepekan, Semua Kecamatan di Banjarbaru Zona Merah
apahabar.com

Kalsel

Rusunawa Teluk Kelayan Masih Sepi Peminat

Kalsel

Tekan Angka Kriminalitas Perairan, Kapolda Kalsel Sambangi Kanwil DJBC Kabagsel Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Usulan Raperda Pemda Direspon Positif Seluruh Fraksi DPRD Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Cuti Kampanye, Darmawan Jaya Serahkan Fasilitas Negara ke Pemkot Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Wisuda Purna Bhakti Digelar, Kapolda Kalsel: Ini Bentuk Penghargaan Atas Pengabdian Mereka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com