Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Tekan Covid-19, Desa Batulicin Irigasi Jadi Kampung Tangguh Banua

- Apahabar.com Rabu, 17 Juni 2020 - 18:16 WIB

Tekan Covid-19, Desa Batulicin Irigasi Jadi Kampung Tangguh Banua

Bupati, Kapolres dan Dandim saat meninjau inovasi kampung tangguh banua di Desa Batulicin Irigasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu dicanangkan menjadi Kampung Tangguh Banua, Rabu (17/6).

Pencanangan kampung tangguh banua ini dilakukan oleh Bupati bersama Kapolres dan Dandim 1022 Tanah Bumbu ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan.

Desa Batulicin Irigasi merupakan salah satu desa yang dijadikan kampung tangguh banua dikarenakan keberhasilannya dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19.

Desa ini juga memiliki kemandirian, baik dari segi ketahanan pangan masyarakat, posko relawan, dapur umum hingga posko kesehatan.

Kesigapan tim relawan Desa Batulicin Irigasi juga dianggap mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya dengan menyediakan beberapa inovasi.

Inovasi tersebut di antaranya tempat isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana, screening room, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan, Desa Batulicin Irigasi melalui ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan pekarangan, baik tanaman jangka pendek maupun panjang.

Di sektor peternakan, desa ini juga memiliki peternakan ayam, kambing, dan sapi serta perikanan air tawar.

Selain itu, desa ini juga telah menyediakan rumah singgah sebagai posko induk yang tidak berjauhan dengan posko kesehatan.

Kemudian rumah isolasi dan menyiapkan lahan pemakaman sekaligus relawannya apabila ada warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Kampung tangguh banua ini merupakan kerja sama tiga pilar yakni pemerintah kabupaten, TNI dan Polri yang bersinergi dalam hal pencegahan dan penanganan, serta kemandirian dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor menyambut baik dan sangat mengapresiasi program kampung tangguh banua di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, yang digagas oleh Polres dan Kodim 1022 Tanah Bumbu serta pihak terkait lainnya.

“Keberadaan kampung tangguh banua sebagai upaya penanganan Covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong. Apalagi saat ini, bukan hanya ancaman Covid-19 yang kita hadapi, namun muncul ancaman akan kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi ini,” beber Bupati.

Oleh karena itu, Sudian Noor, melalui momentum pencanangan kampung tangguh banua ini mengajak semua pihak terkhusus masyarakat Desa Batulicin Irigasi agar dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami tanaman holtikultura yang cepat menghasilkan.

“Sehingga, ketika terjadi ancaman kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi Covid-19 ini, kita dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan masyarakat di sekitar kita,” ujarnya.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Sugianto Marweki, turut mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan new normal atau tatanan kehidupan baru.

Ia meminta agar masyarakat senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah pusat maupun daerah.

“Taati segala anjuran protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah, agar kita semua terhindar dari wabah Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1022 Tanah Bumbu, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar.

“Selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, agar diri kita, keluarga dan lingkungan masyarakat bisa terjaga dan terhindar dari virus dan penyakit,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Sudian Noor bersama Kapolres dan Dandim juga menyerahkan bantuan bibit sayuran kepada Kepala Desa Batulicin Irigasi.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tanah Bumbu

Iduladha, Pedagang Kembang Ketiban Berkah

Tanah Bumbu

Wabup Tanbu Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk Peserta Pelatihan Otomotif
berobat

Tanah Bumbu

Tak Bisa Berobat Gratis di Tanbu, Ibu Penderita Kista Ini Terpaksa Harus Pulang Kampung
apahabar.com

Tanah Bumbu

Update Covid-19 di Tanbu: 10 Sembuh, 2 Positif
apahabar.com

Tanah Bumbu

Balai Penyuluh KB di Satui Tanbu Diresmikan
apahabar.com

Tanah Bumbu

Ekonomi Lesu Akibat Pandemi, Bupati Kotabaru Minta UKM di Pedesaan Dikembangkan
apahabar.com

Tanah Bumbu

Kodim 1022 Tanah Bumbu Sosialisasikan Penegakan Disiplin Covid-19
Dana

Tanah Bumbu

Pencairan Dana JPS Tahap 3 di Tanbu Masih Berproses
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com