Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Terus Bertambah, Positif Covid-19 Banjarbaru Didominasi Transmisi Lokal

- Apahabar.com Kamis, 18 Juni 2020 - 15:18 WIB

Terus Bertambah, Positif Covid-19 Banjarbaru Didominasi Transmisi Lokal

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Banjarbaru, Rizana Mirza (tengah). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Kasus Covid-19 di Banjarbaru terus bertambah. Hari ini, dilaporkan pengidap baru semuanya dari transmisi lokal.

“Tidak ada kluster baru, semuanya transmisi lokal,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Banjarbaru, Rizana Mirza kepada apahabar com, Kamis (18/6) siang.

Merebaknya kasus transmisi lokal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang berlalu lalang dari daerah satu ke daerah lainnya.

“Masyarakat Banjarbaru masih banyak yang keluar daerah ke daerah yang paparan Covid-19-nya masih cukup luas karena bolak-balik itu akhirnya terpapar juga,” katanya.

Selain kasus penularan lokal, penambahan jumlah pengidap disebutkan karena gencarnya tracing dan tracking ke kontak erat pasien positif oleh tim surveilans. Dari sana, banyak didapatkan pengidap baru Covid-19.

Meski begitu, Rizana enggan menyebut hal ini sebagai lonjakan kasus. Dikarenakan menurutnya, ini hasil perhitungan kumulatif tes swab.

“Berkaitan dengan hasil yang terkesan lonjakan, sebenarnya ini bukan lonjakan, karena ini hasil kumulatif semua (yang dites),” ungkapnya.

Jadi, sampel swab yang diserahkan ke laboratorium pemeriksaan Covid-19 di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru itu keluarnya lama. Sekali keluar juga berbarengan.

Sehingga disebutnya positif Covid-19 di Banjarbaru terkesan melonjak padahal hanya karena hasil kumulatif swab.

“Itu dikumpulkan dikirim ke BBTKLPP. Kemudian hasilnya langsung keluar semua, sehingga pada waktu waktu tertentu tiba tiba ada yang muncul 4, 5 sampai 11 nah itu tidak menggambarkan hasil setiap hari ya, karena hasil di BBTKL itu tidak keluar harian, sehingga hasilnya terkesan seperti lonjakan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, menurut data sebaran Covid-19 Banjarbaru, per Rabu (17/6) tercatat ada total 127 kasus terkonfirmasi positif. Dengan rincian 83 kasus dalam perawatan, 34 kasus sembuh, 6 kasus meninggal dunia dan 5 kasus drop out.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Warga Sungai Tiung diberi Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Ingin Gerakan Salat Subuh Berjemaah Meluas di Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Jamin Kesiapan BPBD Hadapi Bencana
Pemkot

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Terima Penghargaan Siddhakarya
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kabar Duka, Ayahanda Wali Kota Banjarbaru Tutup Usia
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Said Abdullah Hadiri Tablig Akbar bersama Syekh Muhammad Jaber
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

TP. PKK Banjarbaru Gencar Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Darmawan Jaya Hadiri Forum Diskusi Kupas Tuntas Permenkes 3/2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com