Pengungsi Sempat Reaktif, BBPPKS Kalimantan Sediakan Ruang Isolasi Pria Paruh Baya di Balikpapan Ditemukan Tewas Tergantung Pascabanjir HST, Tumpukan Sampah di Kota Barabai Capai 2.000 Rit Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Vulkanik Setinggi 500 Meter Update Covid-19 di Tanbu: Positif 18 Orang, Sembuh 12

TGTPP Provinsi Monitoring dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Tanbu

- Apahabar.com Minggu, 14 Juni 2020 - 18:53 WIB

TGTPP Provinsi Monitoring dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Tanbu

TGTPP Covid-19 Provinsi Kalsel monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 di Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu menerima kunjungan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kunjungan mereka dalam rangka monitoring dan evaluasi percepatan penanganan sekaligus rapat koordinasi (rakor) tracing dan tracking Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan dipimpin Ketua Harian TGTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie, yang diterima oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, Ready Kambo, didampingi Sekda, Rooswandi Salem, dan unsur forkopimda di Gedung Mahligai Bersujud, Kapet, Minggu (14/6).

Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel bersama rombongan.

Rooswandi yang juga menjabat Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Tanah Bumbu, menyampaikan berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemkab Tanah Bumbu dalam rangka penanganan Covid-19.

Mulai dari melakukan tracking, sosialisasi kepada masyarakat tentang disiplin protokol kesehatan, melakukan kebijakan anggaran dalam penaganan Covid-19, mendirikan posko kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa.

Kemudian melakukan disinfektasi, menyediakan tempat cuci tangan dan bilik disinfektan di sarana umum, melakukan kebijakan karantina, dan menyediakan lahan pemakaman bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Selanjutnya membentuk Kampung Tangguh Tanggap Covid-19 di 16 desa dan 1 kelurahan, yang bekerja sama dengan TNI dan Polri.

Selain itu, berbagai bantuan sosial juga disalurkan seperti bansos PKH, BPNT, BST Kemensos, Bansos Pemprov Kalsel, dan Bansos Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan itu, Rooswandi juga menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi di Tanah Bumbu.

Di antaranya ketersediaan VTM yang sangat kurang dan masih tergantung pemberian provinsi, keterbatasan tenaga pelaksana swab, serta masih kurangnya peran serta masyarakat pada upaya pencegahan penularan Covid-19.

Sementara itu, Ketua Harian TGTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie, mengatakan dalam rangka penanganan Covid-19, Pemprov Kalsel akan melakukan upaya tracing (penelusuran) dan tracking (pelacakan).

Upaya tracing dan tracking ini gencar dilakukan pada bulan Juni dan Juli 2020. Dari hasil tracing dan tracking ini, diharapkan pada bulan Agustus 2020 temuan kasus Covid-19 akan melandai dan terjadi penurunan.

“Untuk percepatan penulusuran dan pelacakan kasus Covid-19 ini penguatannya ada di puskesmas,” ujarnya.

Kemudian dalam rangka pencegahan pula, Pemprov juga membentuk Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang bertugas untuk menyampaikan berbagai hal penting tentang Covid-19 serta mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Edukasi pencegahan Covid-19 ini penting dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19,” sebutnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ketika Alumni Sambangi SMAN 2 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jangan Sampai Drop, Kesehatan Anggota Terus Dicek
apahabar.com

Kalsel

Ketika Desa Haratai-Loksado Tutup, Sorang Warga Kotabaru Jalani Sanksi Adat

Borneo

Polsek Banjarmasin Tengah Bekuk Pencuri Kotak Amal Masjid
apahabar.com

Kalsel

Ekonom Kalsel Bicara Manfaat RUU Cipta Kerja
apahabar.com

Kalsel

Serahkan Berkas, Andin Optimis Dicalonkan Golkar
apahabar.com

Kalsel

Balapan Liar di Banjabaru Masih Marak, Lokasi Teranyar Jalan Baru ke Bandara
apahabar.com

Kalsel

Pengamanan Rutin Kegiatan Jemaat Gereja di Satui Berlangsung Kondusif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com