16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Paman Birin Sambangi KPU dan Bawaslu

- Apahabar.com Kamis, 4 Juni 2020 - 09:58 WIB

Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Paman Birin Sambangi KPU dan Bawaslu

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, Rabu (3/6) siang. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring kesiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020.
Didampingi Sekretaris Daerah, Abdul Haris Makkie dan Kepala SKPD lingkup Kalsel dan jajaran instansi terkait, kunjungan dilakukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, Rabu (3/6) siang.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Paman Birin itu menyampaikan, Pilkada yang rencananya bakal digelar pada tanggal 9 Desember 2020 ini harus diperhatikan secara serius, sebab berkaitan dengan situasi Covid-19.

“Saya berkunjung ke KPU dan Bawaslu dalam upaya Pilkada di Kalsel dapat berjalan dengan sukses, demokratis dan lancar meski di tengah wabah virus Covid-19,” ujarnya.

Disinggung soal anggaran untuk penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, Paman Birin mengaku pihaknya telah menyiapkan dan anggaran sudah tersedia, sehingga daerah sudah mampu menyelenggarakan Pilkada 2020 ini.

“Jangan takut anggaran Pilkada 2020 tidak akan dipotong sedikit pun,” ungkapnya.

Namun, Paman Birin menekankan kepada pihak penyelenggara Pilkada 2020, agar menggunakan dana tersebut sesuai porsinya, jangan sampai ada penyalahgunaan.

“Pesan saya, jangan sampai dana itu dikorupsi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini merasa cukup dengan anggaran Rp60 miliar yang sudah diajukan.

“Tidak ada pengajuan penambahan anggaran, hanya saja peruntukkannya nanti akan kami rubah, misalnya dari awalnya untuk rapat diubah untuk beli kuota internet karena akan lebih banyak pertemuan lewat online,” paparnya.

Selain itu, terkait kelengkapan alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer dan sebagainya kalau anggaran kami tidak mencukupi maka kami hanya meminta barang saja.

“Ada tim gugus tugas Covid-19 yang bisa memfasilitasi untuk Bawaslu,” terangnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua KPU Kalsel, Sarmuji.

Dikatakannya, pihaknya hingga saat ini juga tidak mengajukan penambahan anggaran dari semula Rp50 miliar.

“Kalau ada kekurangan APD kami hanya meminta barang saja,” ujarnya.

Terlepas itu, Sarmuji mengatakan tahapan Pilkada selanjutnya akan dimuat dalam PKPU RI yang baru, termasuk juga proses verifikasi bakal calon kepala daerah yang menempuh jalur perorangan atau independen. Semua proses tahapan pilkada pada saat wabah COVID-19 ini dihentikan, untuk kelanjutannya akan menunggu instruksi KPU RI.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Riyad Dhafi R - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Torehan Sejarah (1): Kalsel Pertama Kali Miliki Rel Kereta Api di Indonesia?
apahabar.com

Kalsel

Nestapa Bocah di Banjarmasin: Diajari Jadi Budak Seks Sejak 14 Tahun
apahabar.com

Kalsel

Besuk Polisi Sakit di RS Bhayangkara, Kapolda Kalsel: Biaya Ditanggung Kapolri
apahabar.com

Kalsel

CSR Adaro Energy Tingkatkan Kualitas Guru PAUD Lewat Program PHBK
apahabar.com

Kalsel

Sejarah Kekeringan di Banjarmasin; Sungai Bisa Dilewati Gerobak Sapi
apahabar.com

Kalsel

Satu Jemaah Haji Batola Terancam Pulang Terlambat
apahabar.com

Kalsel

Ikuti Penyuluhan Ditresnarkoba Polda Kalsel via Online, Hadiah Mulai dari Sepeda Gunung Hingga Motor Matic
apahabar.com

Kalsel

Penunggak Pajak Walet di Batola Diancam Penggembokan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com