ga('send', 'pageview');
Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI




Home Tanah Bumbu

Selasa, 16 Juni 2020 - 11:25 WIB

Warga Kampung Baru (Mattone) Keluhkan Pengangkutan Sampah

Reporter: Syahriadi - apahabar.com

Salah satu bak sampah yang berada di Jalan Iwang RT 03. Foto-Kades Kampung Baru (Mattone).

Salah satu bak sampah yang berada di Jalan Iwang RT 03. Foto-Kades Kampung Baru (Mattone).

apahabar.com, BATULICIN – Tumpukan sampah dan bau kurang sedap sudah menjadi pemandangan sehari-hari di puluhan bak sampah di Desa Kampung Baru (Mattone), Kecamatan Kusan Hilir.

Salah satunya bak sampah yang berada di Jalan Andi Iwang RT 03 desa tersebut. Sampah tidak setiap hari diangkut oleh truk sampah dan dibiarkan membusuk.

“Sampah dibiarkan berhari-hari, sehingga menebar bau busuk. Bahkan penuh dengan belatung baru diangkut petugasnya,” ungkap Ketua RT 03, M Nasir.

Hal yang sama juga dikeluhkan Ibu Lia warga RT 01. Ia menyebut bak sampah dekat rumahnya juga jarang diangkut hingga membusuk dan mengeluarkan bau tidak enak.

“Padahal saya sering mendengar imbauan Pak Kades tentang pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 dengan mengikuti SOP kesehatan termasuk juga selalu menjaga kebersihan lingkungan. Tapi kontradiksi dengan bak sampah dekat rumah saya dibiarkan membusuk,” bebernya.

Baca juga :  Resmikan Pasar Rakyat di Sungai Cuka, Ini Harapan Bupati Tanbu

Ibu Lia berharap sampah bisa diangkut setiap hari, seperti sebelum sebelumnya. Sehingga kebersihan dan kesehatan terjaga, dan juga tidak merusak pemandangan.

Sementara itu Kades Kampung Baru (Mattone), Andi S Jaya, saat dihubungi membenarkan banyak keluhan yang disampaikan warganya mengenai masalah sampah yang berhari-hari tidak diangkut.

“Ya memang benar, bahkan ada yang sempat melontarkan kata-kata kasar di WA, karena begitu kecewa dengan truk pengangkut sampah yang langsung balik arah sebelum mengangkut sampah di sana,” ungkapnya.

Andi menerangkan sebenarnya pihaknya sudah menghubungi Koordinator Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan di Kusan Hilir dan Sungai Loban terkait masalah sampah yang dikeluhkan warganya.

Hasil koordinasi tersebut, kata Andi, mereka hanya beralasan bahwa truk pengangkut sampah yang beroperasi sudah penuh, sehingga tidak bisa setiap hari mengangkut sampah warga khususnya di Desa Kampung Baru (Mattone).

Baca juga :  Resmikan Pasar Rakyat di Sungai Cuka, Ini Harapan Bupati Tanbu

“Sebenarnya saya merasa kecewa dengan alasan yang mereka berikan, karena bukan solusi yang ditawarkan. Kalau tidak bisa pagi, kan bisa sore ngangkutnya, jangan sampai dimalamkan,” ujar Andi.

Lebih kecewanya lagi, kata Andi, karena pengangkutan sampah di desanya dilakukan dengan cara diselang-seling sampai berhari hari baru ada pengangkutan. Sementara di desa tetangga pengangkutan dilakukan setiap pagi.

Andi berharap kepada Koordinator Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kusan Hilir dan Sungai Loban, lebih progresif dalam bekerja.

“Paling tidak punya aplikasi WA untuk memudahkan berkoordinasi sesama anggotanya untuk menyampaikan laporan informasi yang perlu dari masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Resmikan Pasar Rakyat di Sungai Cuka, Ini Harapan Bupati Tanbu
apahabar.com

Tanah Bumbu

Ikhtiar Forkopimda Tanbu Hadapi Covid-19, Simulasi Taktical Floor Game
apahabar.com

Tanah Bumbu

Hibah Bawaslu Tanbu Sudah Diserahkan 100 Persen
apahabar.com

Tanah Bumbu

Bupati Lepas Bibit Ikan Lele Bantuan PT BIB di Perumahan Pra Sejahtera
apahabar.com

Tanah Bumbu

Raih Nilai Tertinggi, 9 Pelajar di Tanbu Dihadiahi Sepeda
apahabar.com

Tanah Bumbu

Satreskrim Polres Tanbu Ungkap Kasus Penipuan Modus Baru
apahabar.com

Tanah Bumbu

Air Hingga Sepinggang di Satui, Puluhan Warga Diungsikan
apahabar.com

Tanah Bumbu

Tak Gelar Open House Iduladha, Pemkab Tanbu Sampaikan Ini di Medsos
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com