Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

20 Persen Warga Kabupaten Banjar Tak Paham Protokol Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 28 Juli 2020 - 20:30 WIB

20 Persen Warga Kabupaten Banjar Tak Paham Protokol Covid-19

Ilustrasi. Foto-kompas.com

apahabar.com, MARTAPURA – Berdasarkan hasil survei dari TIM Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Banjar, hampir 20 persen masyarakat tidak paham terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meski demikian, dalam survei tersebut, mayoritas masyarakat atau 80 persen sudah memahami protokol kesehatan yang dimaksud.

“Artinya sebagian besar masyarakat telah mengerti apa itu Covid-19 dan pencegahannya seperti menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan,” ungkap Kadiskominfo, Statistik, dan Persandian Banjar, HM Aidil Basith, saat menyampaikan hasil survei opini publik secara kuisioner, tentang Akseptabilitas Masyarakat Kabupaten Banjar terhadap informasi Covid-19.

Pemkab Banjar pun masih berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait protokol Covid-19. Pejabat yang kerap disapa Abah Basith ini menilai masyarakat sering kali abai terhadap protokol saat mengikuti salat berjemaah.

“Karena kita melihat pada salat lima waktunya, masyarakat tidak menerapkan prokes, kita tidak ingin penularan terjadi di masjid, oleh karena itu kita bergerak dari masjid ke masjid untuk mengedukasi kembali,” jelas Abah Basith.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Banjar, Eddy Elminsyah Jaya mengatakan survei tersebut dilakukan melalui dua metode secara daring dan tatap, dari 23 hingga 25 Juni 2020 dengan melibatkan 227 responden.

“Target responden yang berada di enam Kecamatan yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan metode purposive random sampling, dimana tingkat kepercayaan 95 persen,” ucapnya.

Eddy menjelaskan survei yang digelar merupakan satu-satunya di Kalsel, untuk menilai sejauh mana efektifitas informasi Covid-19 diterima oleh masyarakat. Harapannya, hasil survei menjadi dasar untuk bahan kebijakan ke depannya.

Selanjutnya, Diskominfo Banjar terus menyosialisasikan secara terus menerus, baik melalui multiplatform dan melibatkan seluruh stakeholder, agar masyarakat konsisten dalam pencegahan Covid-19.

“Kita, Dinas Kominfo sudah mengoptimalkan platform media, baik bekerjasama dengan media yang tergabung di Jurnalis Banjar, maupun mengggunakan Radio Suara Banjar, Intan TV, siaran keliling, dan media sosial yang dimiliki Pemkab Banjar,” terangnya.

apahabar.com

Kadiskominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith. Foto-Istimewa

Editor: Puja Mandela

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Hari Bhayangkara, Bupati Banjar Menyimak Amanat Presiden Jokowi
Cegah Corona, Kota Intan Disemprot Disinfektan

Kabupaten Banjar

Cegah Corona, Kota Intan Disemprot Disinfektan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Begini Cara Warga di Pelosok Kabupaten Banjar Menangkal Corona
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bantuan Sosial Tunai Disalurkan, PKM Kabupaten Banjar Dapat 600 Ribu Per Bulan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Gugus Tugas Desa Biih Terapkan Protokol Covid-19 kepada Satgas TMMD
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Baru Dilantik, Basith Segera Evaluasi Media Kominfo Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Buku Saku Covid-19 Bahasa Banjar Sudah Tersedia di Aplikasi iMartapura
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com