Biang Kerok Banjir Kalsel, Ternyata Tak Cuma Tambang dan Sawit Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok Blusukan Batal, Denny Minta Evakuasi Korban Banjir Kalsel via Udara Banjir Kalsel, Mayat Mengapung Kembali Ditemukan di Banjar Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel

Akhir Tahun, Stimulus Rp1.039 Triliun Ditarget Terealisasi

- Apahabar.com Selasa, 21 Juli 2020 - 16:16 WIB

Akhir Tahun, Stimulus Rp1.039 Triliun Ditarget Terealisasi

Pemerintah telah menambah anggaran dana untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) imbas pandemi Covid-19. Foto: Merdeka.com

apahabar.com, JAKARTA – Stimulus fiskal senilai Rp1.039 triliun ditarget terealisasi akhir 2020.

“Kami akan monitor agar sampai akhir tahun ini belanja negara yang masih ada di APBN di atas Rp1.000 triliun bisa direalisasikan dalam enam bulan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan PEN di Jakarta, Selasa (21/7).

Untuk diketahui, dana sebanyak itu merupakan perangsang pertumbuhan ekonomi untuk penanganan dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebagai dampak Covid-19.

Menko Airlangga selaku Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan PEN ini akan memastikan bahwa anggaran yang disiapkan itu sudah dibelanjakan baik melalui kementerian/lembaga, nonkementerian/lembaga, dan pemerintah daerah.

Hingga saat ini, belanja untuk penanganan corona dan PEN terus digenjot setelah sebelumnya disorot Presiden Joko Widodo karena sejumlah pos anggaran belum terserap maksimal.

Apabila anggaran yang disiapkan pemerintah itu diserap lebih cepat, maka diharapkan roda perekonomian kembali berputar dan menggeliatkan ekonomi masyarakat setelah sempat terpuruk akibat pandemi penyakit dari virus SARS CoV-2 ini.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menambahkan bahwa pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman yang disiapkan dalam pos anggaran dalam PEN.

Untuk pos sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp106,11 triliun.

Dari jumlah itu, sebesar Rp10 triliun di antaranya dialokasikan untuk pinjaman kepada pemerintah daerah yang dilaksanakan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI.

“Pemerintah siapkan agar daerah-daerah juga bisa melakukan pinjaman melalui program yang disiapkan PEN antara lain melalui PT SMI,” katanya.

Begitu juga program restrukturisasi kredit UMKM dan korporasi saat ini masih berlanjut diharapkan menggenjot realisasi belanja PEN.

Pos anggaran untuk mendukung UMKM mencapai Rp123,46 triliun dan pembiayaan korporasi mencapai Rp53,57 triliun.

Sedangkan untuk kesehatan mencapai Rp87,55 triliun, biaya untuk perlindungan sosial Rp203,9 triliun dan insentif usaha mencapai Rp120,16 triliun.

“Program restrukturisasi kredit UMKM dan korporasi juga sudah diterbitkan PP terkait LPS diharapkan ini bisa lebih baik lagi dan juga realisasi program PEN baik untuk UMKM maupun untuk sektor korporasi,” katanya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

New Normal Bikin Rupiah Menguat Pagi Ini
apahabar.com

Ekbis

Mitsubishi Sebut Avanza Bukan Pesaing Berat Xpander Tahun Depan
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Beri Lampu Hijau Impor Langsung Garam Industri untuk Bahan Baku
apahabar.com

Ekbis

Vaksin Pfizer Diprediksi Pengaruhi Gerak IHSG
apahabar.com

Ekbis

Telkomsel Hadirkan Mobile Banking Expo 2019 di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Berawal dari Hobi, Musisi Kalsel Geluti Modifikasi Mobil
Rupiah Terkoreksi Akibat Memburuknya Ekonomi Global

Ekbis

Rupiah Terkoreksi Akibat Memburuknya Ekonomi Global
apahabar.com

Ekbis

Bergerak Variatif, IHSG Diprediksi Cenderung Menguat Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com