Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Baru Dikukuhkan, Puluhan BPD di Muara Uya Diberi Pembekalan

- Apahabar.com Senin, 20 Juli 2020 - 19:12 WIB

Baru Dikukuhkan, Puluhan BPD di Muara Uya Diberi Pembekalan

Sebelum mengikuti pembekalan para anggota BPD dicek suhu badannya, sebagian dari penerapan protokol kesehatan Covid-19. Foto - Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Sebanyak 70 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Muara Uya diberikan orientasi dan pembekalan terkait tugas mereka sebagai mitra Pemerintahan Desa, Senin (20/7) di Gedung Serba Guna Desa Muara Uya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan kegiatan ini dibagi dua shif, masing-masing diikuti 35 orang dan berlangsung 2 hari, Senin dan Selasa, tanggal 20-21 Juli 2020.

Camat Muara Uya, Abdul Wahid mengatakan pembekalan BPD ini diikuti 75 orang dan dibagi 2 shif untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Shift I diisi 35 BPD dari Desa Muara Uya, Kupang Nunding, Binjai, Simpung Layung,Lumbang, Palapi dan Salikung. Sedangkan shift II juga 35 orang, berasal dari Desa Santuun, Makupum, Kampung Baru,Ribang, Pasar Batu, Uwie dan Sungai Kumap.

Kegiatan ini atas inisiatif persatuan Kepala Desa se Kecamatan Muara Uya, sehubungan dengan telah diresmikannya Anggota BPD periode 2020-2026.

“Peningkatan kapasitas dimaksud supaya tercipta sinergitas dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Desa dengan BPD sesuai tugas dan fungsinya,” kata Wahid, Senin (20/7) sore.

Sebagaimana arahan Bupati Tabalong, BPD diharapkan dapat memperkuat fungsi kelembagaan terutama dalam hal praktek penyelenggaraan Musyawarah Desa, Musdes khusus, Musrembangdes.

Kemudian, berperan aktif pemberdayaan masyarakat, mengawal kesejahteraan masyarakat (Bansos, kesehatan, pendidikan, infrastruktur pelayanan dasar di desa), penerapan kode etik BPD serta tertib administrasi BPD.

“Diharapkan mereka juga bisa melakukan pemetaan penyerapan serta penyaluran aspirasi masyarakat untuk dibawa ke dalam Musdes agar berfokus sesuai wilayah (dapil) keterwakilan Anggota BPD sehingga solusi yang dihasilkan cepat dan tepat,” harap Wahid.

Sementara itu, yang menjadi narasumber dari DPMPD Tabalong (Kepala Dinas, Kabid Bikawil, dan Kasi Bina Aparatur Pemerintahan Desa) dan Kecamatan Muara Uya.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula Pembinaan Mental dan fisik (Bintalsik) anggota BPD yang melibatkan Narasumber/Instruktur dari Koramil 1008-01 Muara Uya dan Polsek Muara Uya,.

Latihan fisik (latihan kedisiplinan, baris berbaris, ketahanan mental dan fisik), materi wawasan kebangsaan dan nilai nilai dasar bela negara (Danramil 1008-01 Muara Uya), serta pembekalan pengetahuan hukum dalam wilayah hukum Polsek Muara Uya (Kapolsek Muara Uya).

Editor: Syarif

Reporter: Ahc26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Korban Kebakaran di Jalan Veteran Butuh Pasokan Makanan
apahabar.com

Kalsel

Isu Rekonstruksi Kebakaran di MAN 1 HST Merebak, Warga Padati Gerbang Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Tambahan 55.321 Sampul Pemilu Diterima KPU Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Perbup Nomor 20, Polres Tapin Batasi Kegiatan di Ruang Terbuka
apahabar.com

Kalsel

Tambah 18 Kasus, Positif Covid-19 di Kalsel Jadi 76
apahabar.com

Kalsel

Mulai Oktober, Terminal Baru Syamsudin Noor Siap Digunakan
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Banjarbaru, Duet Ovie-Iwansyah Bisa Jegal Calon Petahana
apahabar.com

Kalsel

Cuncung Desak Pemerintah Segera Periksa Seluruh Peserta Ijtima Ulama Asal Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com