Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam!

Baru Menjabat, Kalapas Kotabaru Pastikan Tak Ada Lagi Napi ‘Bergelantungan’

- Apahabar.com Kamis, 23 Juli 2020 - 16:09 WIB

Baru Menjabat, Kalapas Kotabaru Pastikan Tak Ada Lagi Napi ‘Bergelantungan’

Lapas Kelas IIA Kotabaru saat ini dihuni sebanyak 940 orang Napi. Sementara, standarnya hanya bisa diisi sebanyak 287 orang. Foto-Antara

apahabar.com, KOTABARU – Baru awal Juni 2020 lalu, Hidayat menjabat Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Meski terbilang baru, Hidayat sudah melakukan banyak terobosan. Termasuk pembenahan di lingkup Lapas yang dinilai super overkapasitas.

Salah satu terobosan yang berhasil dilakukannya, yakni telah membuat nyaman para napidana (napi), Sebab, di semua kamar napi telah dibuatkan ranjang atau tempat tidur.

Sebelumnya, karena kamar sangat penuh, para napi terpaksa harus tidur bergelantungan menggunakan kain sarung.

Hidayat mengatakan terobosan, dan pembenahan terus akan dilakukan demi menjadikan Lapas Kotabaru yang lebih baik. Sebagai wadah warga binaan yang menjalani hukuman.

“Ya. Kami, dari awal dan seterusnya, akan melakukan pembenahan di Lapas ini. Nah, yang barus selesai dilakukan, napi tidak lagi tidur bergelantungan. Sebab, sudah kami buatkan ranjang di setiap kamar,” ujar Hidayat, Kamis (23/7) siang.

Selain itu, pengetatan pengawasan terhadap napi juga jadi atensi. Mempercepat penyelesaian berbagai persoalan yang muncul di tengah para napi, menjadi prioritas bagi Hidayat.

Selanjutnya, Hidayat bilang, pembinaan terhadap para napi juga akan terus dilakukan secara maksimal untuk memberikan nilai tersendiri. Juga memaksimalkan potensi, serta kreatifitas napi.

“Nah, hari ini, kami menggandeng pihak Balai Latihan Kerja (BLK) setempat, napi akan dibina untuk mengembangkan tanaman hidrophonik,” ujarnya.

Sekedar informasi, Lapas Kelas IIA Kotabaru saat ini dihuni sebanyak 940 orang Napi. Sementara, standarnya hanya bisa diisi sebanyak 287 orang.

apahabar.com

Hidayat, Kalapas Kotabaru saat menggelar kopi morning bersama wartawan di Kotabaru. Foto – Masduki

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Masduki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dr Heru, Pejuang Medis Banjarmasin yang Wafat Diduga Tertular OTG
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Banjarmasin Gelar Unjuk Rasa Lawan Kekerasan di Balikpapan
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Copas Pengelolaan Dana Kelurahan dari Makassar
apahabar.com

Kalsel

Jaga Protokol Kesehatan, Karantina Pasien Positif Sudah Penuh
apahabar.com

Kalsel

Berbekal Senpi Palsu Ancam Warga, Pria di Banjarmasin Timur Diringkus
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal dan Ringin Mewarnai Kamis Ini

Kalsel

Salat Id Polda Kalsel, Khatib Ajak Umat Jaga Persatuan dan Kedamaian
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Surabaya, Bank Kalsel Curi Ilmu Digitalisasi Kredit UMKM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com