Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Belasan Ribu Hewan Kurban Disiapkan, Disbunak Kalsel Pastikan Sehat

- Apahabar.com Kamis, 30 Juli 2020 - 17:12 WIB

Belasan Ribu Hewan Kurban Disiapkan, Disbunak Kalsel Pastikan Sehat

Seorang peternak di Banjarbaru saat membawa sapinya yang telah dibeli untuk Hari Raya Iduladha besok. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel memastikan stok hewan kurban aman, pasalnya belasan ribu stok telah tersedia.

“Hasil rapat koordinasi dengan kabupaten/kota setelah dihitung, untuk di Kalsel persediaannya ada sebanyak 11.321 ekor untuk sapi, kambing 2046 ekor, kerbau 385 ekor, dan domba 282 ekor,” ujar Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan, Rina Savita kepada apahabar.com, Kamis (30/7) siang.

Ditambahkannya, ketersediaan stok tahun ini meningkat ketimbang tahun sebelumnya, yakni sekitar 9 hingga 10 ribu hewan kurban.

Dengan demikian, kata Rina, pihaknya memastikan untuk ketersediaan tahun ini cukup.

Rina juga menjelaskan, sebelumnya telah mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020, terkait Penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada panitia kurban.

Penerapan standar Covid-19 ini katanya sudah pasti diterapkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), sedangkan untuk di Tempat Pemotongan Hewan atau TPH juga diyakininya demikian.

Pasalnya sosialisasi telah digaungkan jauh jauh hari sebelum hari H.

“Ada 6 kabupaten/kota yang melakukan kurban di RPH dengan pendistribusian tetap oleh panitia, dan kami sarankan baiknya panitia membagikan ke rumah rumah warga untuk menghindari perkumpulan massa,” terangnya.

Adapun ke 6 lokasi yang berkurban melalui RPH ini yaitu Banjar, Tabalong, Tanah Bumbu, Marabahan, Tanah Laut dan Kota Banjarmasin.

Selain itu, ia juga memastikan, seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat.

“Jadi semua kabupaten kota kemarin sudah melaporkan ke kita bahwa mereka sudah melakukan cek di titik titik pengumpulan sapi kurban, jadi ditempat tempat penjualan sapi kurban sudah dilakukan pengecekan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Protokol Kesehatan di THM, Tunggu Surat Keputusan Bersama

Nasional

Pelaku Pembunuhan Mayat di Dalam Drum Tertangkap!
apahabar.com

Tak Berkategori

Menteri Agama: Ahli Waris Bisa Gantikan Calon Jemaah Haji Yang Wafat
apahabar.com

Tak Berkategori

Program Berobat Gratis SHM-MAR Disambut Antusias Warga Simpang Empat

Tak Berkategori

20 Tahun Jadi Istri Kedua, Nita Thalia Sebut Penghasilannya Dipotong Selama 15 Tahun, Nurdin : Rp 30 Juta Per Bulan Buat Dia
apahabar.com

Tak Berkategori

Kuota Internet Belajar Tahap Pertama Oktober 2020 Dikirim Hari Ini, Begini Cara Komplain Bila Belum Terima!
apahabar.com

Tak Berkategori

Ronaldo Positif Corona, Begini Kondisi Terbarunya
apahabar.com

Tak Berkategori

Kabar Duka, Jurnalis PDP Corona di Kalteng Tutup Usia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com