Tenang.. Kombes Subchan Jamin Stok Oksigen Kalsel Aman! Resmi, Jokowi Perpanjang PPKM Level IV hingga 2 Agustus Pakar ULM: Pelacakan Covid-19 di Banjarmasin Mendekati Nol! STOK Oksigen di RS Ulin Banjarmasin Tinggal Hitungan Jam, Cek Faktanya Kucurkan Miliaran Rupiah, PPKM Level IV Banjarmasin Tanpa Jam Malam

Bolehkah Membasuh Najis Besar dengan Sabun?

- Apahabar.com     Senin, 27 Juli 2020 - 11:15 WITA

Bolehkah Membasuh Najis Besar dengan Sabun?

Ustadz Ma’ruf Khozin. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Najis besar biasanya dibasuh 7 kali dengan air dan salah satunya disertai dengan tanah. Lantas, adakah alternatif lain selain tanah dalam membasuhnya. Bolehkah dengan sabun?

Diterangkan Ustadz Ma’ruf Khozin, dalam madzhab Syafi’i ada istilah najis Mughalladzah, yakni najisnya anjing dan babi (berdasarkan Qiyas/ disamakan dengan anjing).

Mughalladzah ini berdasarkan hadis: Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika anjing minum dalam wadah kalian maka basuhlah 7 kali” (HR Bukhari)

Penjelasan lebih detil terdapat dalam hadis: Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Wadah kalian bisa suci jika diminum oleh anjing adalah dengan dibasuh 7 kali, (salah) satu basuhan (dicampur) dengan tanah” (HR Muslim).

“Apakah harus dengan tanah? Bagaimana dengan sabun maupun deterjen? Ada sebuah pendapat yang membolehkan,” ujarnya.

“Pendapat yang kuat adalah benar-benar menggunakan tanah, sebagai upaya menggunakan 2 alat bersuci (air dan tanah). Pendapat kedua boleh dengan selain tanah seperti kayu Asynan (di Arab) dan sabun.” (Al-Mahalli, Syarah Minhaj, 1/84)

Meskipun ini pendapat dlaif (lemah) dalam madzhab Syafi’i namun boleh diamalkan khususnya saat darurat. Misalnya, menjadi dokter spesialis hewan yang menangani anjing sakit atau yang pernah dialami oleh pekerja Muslim di tempat kerjanya bersentuhan dengan hewan tersebut setiap hari dan tidak mungkin alat-alat masaknya dibasuh dengan tanah, atau petugas keamanan yang ditugasi bekerja dengan anjing pelacak, dan sebagainya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Mengenal Ilmuan Muslim Penemu Roket
apahabar.com

Habar

Warga Pengaron Siapkan 30 Truk Kayu Bakar untuk Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Hikmah

Orang Tua yang Beruntung dalam Islam, Siapakah Mereka?
apahabar.com

Habar

Hari Ini, Masjid Nabawi Dibuka untuk Umum
apahabar.com

Hikmah

Rasulullah Meminta Hujan yang Tak Berujung Petaka
Memuliakan Bulan Rajab

Hikmah

Kisah Wanita yang Memuliakan Bulan Rajab
apahabar.com

Habar

Saudi Minta Tunda Kontrak Layanan, Kemenag RI: Bukan Tunda Rencana Haji!
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Lapangan Murjani Disulap Jadi Tempat Parkir dan Salat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com