INNALILLAHI, Anggota TNI Ditemukan Membusuk di Indekos Banjarmasin Kesbangpol dan KPU Jamin Hak 8.620 Pemilih Difabel di Kalsel Terpenuhi Tabir Kematian 2 Bocah di Benawa HST, Korban Dipocong Hidup-Hidup oleh Ibu Kandung Pembunuhan Wakar di Kelayan B Sudah Direncanakan, Pelaku Khilaf karena Luka Lama Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless

Cara Aman Beli Motor Bekas

- Apahabar.com Sabtu, 11 Juli 2020 - 06:15 WIB

Cara Aman Beli Motor Bekas

Ilustrasi pedagang motor bekas. Foto-Viva

apahabar.com, JAKARTA – Motot bekas menawarkan daya tarik, mulai dari harganya yang lebih murah ketimbang beli baru hingga dapat langsung digunakan tanpa perlu menunggu proses pengurusan surat-surat kendaraan.

Tapi, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendeteksi kerusakan yang ada. Ada beberapa unit yang memang dilepas oleh sang pemilik, karena dianggap tidak lagi layak pakai. Oleh pedagang, unit tersebut kemudian diperbaiki ala kadarnya dengan dana semurah mungkin, dan kemudian dijual kembali menggunakan harga pasaran.

Salah satu komponen yang sulit untuk diketahui apabila ada kerusakan, yakni bagian mesin. Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar mengatakan bahwa ada satu trik yang dilakukan para pedagang agar mesin motor bekas yang dijual bersuara halus.

“Bisa saja, untuk menghindari suara kasar itu maka dipakai oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi,” ujarnya.

Rangga menjelaskan, suara berisik muncul karena jarak komponen mesin sudah semakin renggang, sehingga gerak dari piston dan bagian lainnya tidak lagi presisi.

“Celah itu menimbulkan suara kasar. Dengan oli tingkat kekentalan tinggi, lapisan oli bisa maksimal melumasi komponen-komponen itu,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Rangga menyarankan agar sebelum melakukan pembayaran, konsumen terlebih dahulu membawa motor yang akan dibeli ke bengkel resmi, guna dilakukan pengecekan.

“Kita enggak tahu, komponen masih bagus dan masih asli. Asli pun belum tentu bagus, dan bagus juga belum tentu masih asli,” kata dia. (viva)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Viral! Sentil Omnibus Law, Video DPO Bintang Emon Ditonton Jutaan Kali
apahabar.com

Gaya

5 Cara Mengendalikan Hasrat Makan Camilan Berlemak
apahabar.com

Gaya

Fase Normal Baru Buat Menginap di Hotel Tak Lagi Sama
apahabar.com

Gaya

Modis Tapi Ramah Lingkungan? Coba Sandal Jepit dari Alga
apahabar.com

Gaya

Akar Tanaman Herbal Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh
apahabar.com

Gaya

Persatuan Dokter Paru: Terpapar Asap Rokok Menurunkan Imunitas Lawan Covid-19
apahabar.com

Gaya

4 Style Hijab ala Luna Maya
apahabar.com

Gaya

Kenapa Makan Kekenyangan Bikin Ngantuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com