H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Cara Maksimalkan Perlindungan Akun di Media Sosial

- Apahabar.com Rabu, 22 Juli 2020 - 08:00 WIB

Cara Maksimalkan Perlindungan Akun di Media Sosial

Ilustrasi media sosial. Foto-Pixabay

apahabar.com, JAKARTA – Kasus peretasan akun Twitter atau media sosial lain kerap terjadi. Bagaimana caranya agar akun media sosial aman?

“Kami meminta semua orang untuk tidak panik, dan hanya menerima pola pikir bahwa setiap pengguna akun media sosial memerlukan pendekatan yang bertanggung jawab dan perlindungan menyeluruh,” ujar Dmitry Bestuzhev, pakar keamanan siber di Kaspersky.

Menurut Dmitry, kejadian ini juga mungkin menjadi pertanda bahwa kita semua perlu memikirkan bagaimana pengguna mengelola akun media sosial dan keamanannya.

“Setelah itu, kita akan mendapatkan sudut pandang serta pengetahuan dalam mengenali instrumen penipuan paling rumit dan meminimalkan dampak buruk yang ditimbulkan,” tutur Dmitry.

Untuk mengenali penipuan di media sosial, Dmitry menyebut elemen terpenting dari setiap penipuan adalah batas waktu yang diberikan.

Tidak hanya mencegah korban dari melakukan pemeriksaan menyeluruh pada masalah ini, hal ini juga dapat menambahkan beberapa tekanan psikologis pada pengguna. Ini membuat pengguna cenderung mengabaikan detail.

“Karena takut kehilangan peluang besar, bahkan orang yang paling berhati-hati pun mungkin tergoda untuk mengambil risiko dan jatuh dalam trik penyerang,” kata Dmitry.

Skema penipuan tampak asli

Skema penipuan juga telah sepenuhnya disesuaikan dengan kepribadian pemilik dari akun yang diretas, yang tidak menimbulkan kecurigaan. Si pelaku bahkan mungkin melangkah lebih jauh dan mengilustrasikan penipuan dengan rancangan yang tampak asli.
Dmitry juga menekankan sangat kecil kemungkinan bahwa perusahaan atau individu dengan reputasi matang akan meminta pengguna untuk mentransfer uang, bahkan berjanji untuk mengembalikan uang itu nanti.

Maksimalkan perlindungan akun

Untuk memaksimalkan perlindungan akun media sosial, perhatikan beberapa hal berikut:

• Meskipun sangat penting untuk memiliki kata sandi yang kuat, mereka juga harus unik, sehingga jika situs web lain membocorkan kredensial, akun Anda tetap aman. Untuk membuat kata sandi yang aman dan rumit untuk setiap situs web, gunakan teknik memori atau pengelola kata sandi.
• Gunakan autentikas dua faktor, ketika login dan kata sandi perlu dikonfirmasi dengan memasukkan kode khusus. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak menggunakan pesan teks untuk menerima kode ini, karena berpotensi untuk dibajak, gunakanlah aplikasi yang menghasilkan kode-kode tersebut. Atau, gunakan kunci fisik, yang terhubung ke perangkat terpisah melalui kabel USB atau NFC.
• Tindakan keamanan lain yang perlu diambil – adalah peninjauan menyeluruh terhadap aplikasi yang memiliki akses ke akun twitter. Mereka dapat ditemukan di pengaturan akun twitter. Kami menyarankan mencabut akses ke akun Anda dari seluruhnya, atau yang dianggap tidak terlindungi secara menyeluruh sehingga jika terjadi peretasan, akun Anda tidak dapat dijangkau.
• Mulai gunakan “Privacy Checker” untuk membantu menjadikan profil media sosial Anda lebih pribadi. Ini akan mempersulit pihak ketiga untuk menemukan informasi yang sangat personal. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Harga dan Spesifikasi Realme C17, Tipe Tertinggi Seri C Pesaing Xiaomi Redmi Note 9
apahabar.com

Gaya

Cara Hentikan Orang yang Stalking WhatsApp
apahabar.com

Gaya

Di Tengah Pandemi, Lalu Lintas Streaming Film Naik 193 Persen
apahabar.com

Gaya

7 Cara Diet Saat Cuaca Panas
apahabar.com

Gaya

Peserta Touring Kemerdekaan Masuki Etape Pertama
apahabar.com

Gaya

Kopi dari Kotoran Gajah Disebut Minuman Mahal dan Langka
apahabar.com

Gaya

Memilih Makanan Sahur agar Tetap Bugar selama Berpuasa, Berikut Tipsnya
apahabar.com

Gaya

Peringati Sumpah Pemuda, Gabungan Komunitas Sepeda di Kalsel Tempuh 669 Kilometer Menuju Kaltim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com