Jadwal Liga Champions Malam Ini, Liverpool, City, Real Madrid, Inter, Live SCTV, Barcelona vs Juventus Besok! Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah

Cegah Covid-19, Jokowi Intruksikan Kampanye Masif Protokol Kesehatan

- Apahabar.com Senin, 13 Juli 2020 - 12:39 WIB

Cegah Covid-19, Jokowi Intruksikan Kampanye Masif Protokol Kesehatan

Anggota Paguyuban Kakang dan Mbekayu Banyumas (Pakemas) membagikan masker kepada sekelompok remaja yang sedang duduk-duduk di sekitar Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (12/7), dalam kampanye penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Foto-Dinkominfo Banyumasvia Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada jajaran kementerian dan lembaga terkait untuk menggelar kampanye masif mengenai protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7) Jokowi mengemukakan pentingnya disiplin warga menjalankan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) tersebut.

“Harus memasifkan kembali gerakan nasional disiplin protokol kesehatan mengenai jaga jarak, penggunaan masker, cuci tangan,” katanya dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19.

Dia mengutip hasil survei di Jawa Timur yang menunjukkan bahwa 70 persen warga tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. Kondisi yang demikian menunjukkan masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Oleh karena itu, Kepala Negara menginstruksikan peningkatan kampanye penerapan protokol kesehatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, akademisi, relawan, TNI, dan Polri.

“Ini mobilisasi yang saya inginkan, mobilisasi di Polri, TNI, organisasi masyarakat, relawan, tokoh, di kampus, semua digerakkan untuk mengampanyekan itu sekaligus melakukan pengawasannya,” kata Presiden Jokowi.

Hingga Minggu (12/7), jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Indonesia mencapai 75.699 orang dengan jumlah pasien yang sudah sembuh sebanyak 35.638 orang dan pasien yang meninggal dunia 3.606 orang.

Kasus COVID-19 sudah menyebar di seluruh provinsi di Indonesia dengan kasus terbanyak ada di Jawa Timur (16.658) disusul DKI Jakarta (14.517), Sulawesi Selatan (6.973), Jawa Tengah (5.473), Jawa Barat (5.077), Kalimantan Selatan (4.146), Sumatera Selatan (2.653), Sumatera Utara (2.323), Papua (2.267), Bali (2.195), Sulawesi Utara (1.660), Banten (1.593), Nusa Tenggara Barat (1.550), dan Kalimantan Tengah (1.196).(Ant)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Alasan Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
apahabar.com

Nasional

Baik dan Sabar, Ma’ruf Amin Digelari Karaeng Manaba
apahabar.com

Nasional

India Mulai Produksi Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

KPK Diduga Tangkap Tangan Ketum PPP Romahurmuziy
apahabar.com

Nasional

Anggota Polisi dan Istrinya Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak di Kepala
apahabar.com

Nasional

Survei Indo Barometer: Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Meningkat
apahabar.com

Nasional

Lockdown Wuhan Dicabut, WNI Enggan Keluar Rumah
apahabar.com

Nasional

2 WNI Positif Terjangkit, Presiden Tegaskan Keseriusan Pemerintah Tangani Wabah Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com