Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Cegah Covid-19, Jokowi Intruksikan Kampanye Masif Protokol Kesehatan

- Apahabar.com     Senin, 13 Juli 2020 - 12:39 WITA

Cegah Covid-19, Jokowi Intruksikan Kampanye Masif Protokol Kesehatan

Anggota Paguyuban Kakang dan Mbekayu Banyumas (Pakemas) membagikan masker kepada sekelompok remaja yang sedang duduk-duduk di sekitar Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (12/7), dalam kampanye penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Foto-Dinkominfo Banyumasvia Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada jajaran kementerian dan lembaga terkait untuk menggelar kampanye masif mengenai protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7) Jokowi mengemukakan pentingnya disiplin warga menjalankan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) tersebut.

“Harus memasifkan kembali gerakan nasional disiplin protokol kesehatan mengenai jaga jarak, penggunaan masker, cuci tangan,” katanya dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19.

Dia mengutip hasil survei di Jawa Timur yang menunjukkan bahwa 70 persen warga tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. Kondisi yang demikian menunjukkan masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Oleh karena itu, Kepala Negara menginstruksikan peningkatan kampanye penerapan protokol kesehatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, akademisi, relawan, TNI, dan Polri.

“Ini mobilisasi yang saya inginkan, mobilisasi di Polri, TNI, organisasi masyarakat, relawan, tokoh, di kampus, semua digerakkan untuk mengampanyekan itu sekaligus melakukan pengawasannya,” kata Presiden Jokowi.

Hingga Minggu (12/7), jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Indonesia mencapai 75.699 orang dengan jumlah pasien yang sudah sembuh sebanyak 35.638 orang dan pasien yang meninggal dunia 3.606 orang.

Kasus COVID-19 sudah menyebar di seluruh provinsi di Indonesia dengan kasus terbanyak ada di Jawa Timur (16.658) disusul DKI Jakarta (14.517), Sulawesi Selatan (6.973), Jawa Tengah (5.473), Jawa Barat (5.077), Kalimantan Selatan (4.146), Sumatera Selatan (2.653), Sumatera Utara (2.323), Papua (2.267), Bali (2.195), Sulawesi Utara (1.660), Banten (1.593), Nusa Tenggara Barat (1.550), dan Kalimantan Tengah (1.196).(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Kisah Murid SMA Setelah Lulus Nekat Melamar Guru Mendadak Viral

Nasional

CATAT! PNS Dilarang Cuti dan Liburan Selama Nataru
Pinjol

Nasional

Berisiko, Jangan Ngutang ke Pinjol Buat Lunasi Utang
Tidak Ada Libur di Nataru

Nasional

Pemerintah: Rapor Siswa Dibagikan di Januari 2022, Tidak Ada Libur di Nataru
apahabar.com

Nasional

Spanduk Bekas Kampanye Pemilu Jadi Jaket Keren
apahabar.com

Nasional

Detik-Detik Tsunami Akibat Letusan Anak Krakatau
Menparekraf Sandiaga Uno

Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno: Parawisata Bali Siap Dibuka Oktober 2021
apahabar.com

Nasional

Viral di Sosmed, Aksi Heroik Bocah 10 Tahun Rela Merenggang Nyawa Lindungi Ibunya dari Pemerkosaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com