Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Dengar Info Objek Wisata Baru, Disporapar Tabalong Langsung Tinjau Lokasi

- Apahabar.com Selasa, 28 Juli 2020 - 11:28 WIB

Dengar Info Objek Wisata Baru, Disporapar Tabalong Langsung Tinjau Lokasi

Anggota FPTI Tabalong menjajal tebing ampik. Foto - Istimewa.

apahabar.com, TANJUNG – Mendapat informasi ada potensi wisata baru di Desa Garagata Kecamatan Jaro, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong bergerak cepat melakukan peninjauan.

Dipimpin Sekretaris Tumbur P Manalu, mereka menyusuri potensi wisata tersebut bersama warga setempat.

Kabid Pariwisata pada Disporapar Tabalong, Lilis Martadiana, mengatakan kalau tebing ampik memang pas dijadikan obyek wisata baru di daerah ini.

Tebing ampik merupakan keterpaduan yang bagus dengan kegiatan olah raga panjat tebing, apalagi di depannya terhampar alam persawahan dan pegunungan.

“Sangat cocok sekali untuk dikembangkan sebagai wisata berpadu dengan kegiatan olahraga. Di mana ada hamparan pegunungan dan juga persawahan yang menambah daya tarik untuk berswafoto,” kata Lilis, Selasa (28/7).

Ditambahkan, depan tebing ada batu bisa di bikin semacam momen introduction penumbuh minat untuk naik dan panjat. Pihaknya sudah melihat di mana akan dibuat tangga naik dan turunnya untuk spot swafoto kiri dan kanannya.

“Samping kanan tebing ada siluet pepohonan dan bebatuan yang teduh, bahkan ada airnya bisa dibikin spot joglo atau pendopo kecil sebagai tempat istirahat dengan selfi,” beber Lilis.

“Aliran sungai kecil itu bisa digali untuk menjadi lebih cantik dan pemanfaatan air juga sekaligus untuk cuci tangan,” imbuhnya.

Bagaimana pengelolaannya, apakah desa atau diambil alih Pemkab Tabalong?

“Ini yang belum kita bicarakan, tetapi keinginan masyarakat setempat nampaknya lebih besar,” ujarnya.

Sebelum melangkah lebih jauh, kata Lilis, tentu butuh koordinasi dahulu dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan ( KPH) agar tidak bermasalah di kemudian hari.

” Sebelum dibuka kita akan berkoordinasi dengan KPH terlebih dahulu, apakah masuk dalam kawasan hutan atau tidak, untuk menghindari permasalahan di kemudian hari,” kata Lilis.

Sementara itu, Sekretaris Disporapar Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manalu, menjelaskan untuk dijadikan objek wisata baru tentunya banyak hal yang akan diperhatikan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi atau pihak terkait terlebih dahulu.

Terkait dengan tebing tersebut, awalnya ini sudah d survei Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong melalui divisi panjat tebing alam. Spot ini sangat bagus dan menarik serta menjanjikan khususnya bagi rekan-rekan penggiat dan pencinta panjat tebing

“Berdasarkan komunikasi yang kami lakukan dengan FPTI, ini akan dijadikan salah satu spot area latihan bagi para panjat tebing maupun atlet,” ucapnya.

Semacam variasi latihan kalau mereka akan mencari variasi latihan baru, mereka akan dicoba memanfaatkan spot tebing ampik.

” Ke depan untuk pemanfaatan lokasi ini sebagai sarana lokasi panjat tebing tentu akan memperhatikan beberapa hal, seperti segi keamanan bagi pemanjat juga memperhatikan perijinan atau berkoordinasi dengan warga setempat di RT 7 Desa Garagata,” pungkas Tumbur.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: AHC26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Amal Bakti Kemenag

Tabalong

Hari Amal Bakti Kemenag, Satlantas Polres HSU Atur Jalur Lalu Lintas
apahabar.com

Tabalong

Pembagian BST di Pugaan, Disertai Sosialisasi Perbup No 26
Keamanan

Kalsel

Garansi Keamanan Warga Beribadah, Petugas Gabungan Jaga Gereja di Tabalong
Tabalong

Tabalong

Sanggar Langit Tabalong Menari Si Pujung di depan Menpan RB
Berangsur

Tabalong

Dua Hari Menggenang, Banjir di Tabalong Sudah Berangsur Surut
Panaan

Tabalong

Jembatan Darurat Panaan Tabalong Segera Diperbaiki
apahabar.com

Tabalong

Tunggakan PBB-P2 Capai Rp 23 Miliar, BPPRD Segera Validasi Data
apahabar.com

Tabalong

Surat DC Entertainment Ditolak, Tempat Hiburan di Tabalong Masih Dilarang Beroperasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com