Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Dewan Tanbu Gelar Rapat Pembahasan Raperda Terkait Perubahan Status Desa

- Apahabar.com Rabu, 15 Juli 2020 - 14:52 WIB

Dewan Tanbu Gelar Rapat Pembahasan Raperda Terkait Perubahan Status Desa

Rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait perubahan status Kelurahan Batulicin menjadi Desa Batulicin Lama, dan Kelurahan Batulicin dalam Kecamatan Batulicin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait perubahan status Kelurahan Batulicin menjadi Desa Batulicin Lama, dan Kelurahan Batulicin dalam Kecamatan Batulicin, belum lama ini.

Rapat dipimpin Ketua Bapemperda, Andy Erwin Prasetya, melibatkan pihak terkait yaitu Tenaga Ahli DPRD, Kepala DPMD, Asisten I, BPKAD, BAPPEDA, Camat Batulicin, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum Setda, dan Lurah Batulicin.

Pada kesempatan itu, Kepala DPMD Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri, memberikan pemaparan gambaran status dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Nahrul mengatakan pihaknya sebagai inisiator dari pengajuan Raperda tersebut dengan berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa, yang menyatakan bahwa sebuah pemekaran dengan syarat minimal penduduknya berjumlah 4.000 jiwa. Sedangkan di Batulicin jumlah penduduk sebanyak 8.082 jiwa.

Nahrul menerangkan Desa Batulicin Lama memiliki 13 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 5.443 jiwa. Sementara untuk Kelurahan Batulicin jumlah penduduknya sebanyak 2.649 jiwa. Sehingga atas saran dari biro hukum provinsi untuk pemekaran wilayah Batulicin harus Perda.

Perubahan status ini disampaikannya atas permintaan masyarakat yang dituangkan pada berita acara musyawarah desa dalam hal kemajuan masyarakat untuk percepatan pembangunan, dan karena ada sebuah wilayah tertinggal yang termasuk di Desa Batulicin Lama.

Mengenai aset yang dimiliki, Nahrul menyebut sudah ada pembicaraan dengan Lurah Batulicin, Camat dan Bagian Aset, yang akan difasilitasi oleh Camat.

Sementara untuk struktur sudah disiapkan DPMD, yang menurutnya semula adalah untuk Lurah Batulicin akan dijadikan kantor Desa Batulicin Lama.

Sedangkan Kantor Kelurahan Batulicin akan dipindah ke Kantor Camat Batulicin, dan Kantor Camat Batulicin pindah ke kantor baru.

“Dalam hal percepatan pembangunan di Kecamatan Batulicin memiliki syarat kuat wilayahnya,” jelasnya.

Camat Batulicin, M Yamani, mengungkapkan pelaksanaan kegiatan status perubahan kelurahan ini sudah beberapa kali mereka laksanakan melalui rapat di kabupaten.

Ia berharap semua akan terwujud sesuai rencana dan kesepakatan untuk kemajuan wilayah.

Sementara itu pihak DPRD Tanah Bumbu melalui pimpinan rapat mengharapkan apa yang sudah dipersiapkan untuk perubahan status sudah dipersiapkan secara matang.

“Pada prinsipnya kita setuju untuk dibuatkan Perda,” ungkap Andi Erwin.

Anggota DPRD Tanah Bumbu dari Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudarma, menyampaikan pihaknya juga mempunyai pandangan yang sama terkait perubahan tersebut yakni untuk menyambut anggaran dari pemerintah pusat dalam pemerataan pembangunan desa.

“Dewan sangat mengapresiasi dan mendukung adanya Perda ini untuk segera disahkan,” tuturnya.

Pada kesimpulannya Bapemperda DPRD Tanah Bumbu terkait Raperda ini menyetujui untuk dilanjutkan ke tahapan menjadi Perda pada forum pembahasan selanjutnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Penyampaian Raperda APBD Tahun 2021
Kunjungan Danrem

DPRD Kab Tanah Bumbu

Apresiasi Kunjungan Danrem, Dewan Tanbu Ingin Sinergitas Selalu Terjalin
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Kampanyekan Protokol Kesehatan di Reses Tahap III
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Gabungan Komisi DPRD Tanah Bumbu Gelar RDP Terkait Bansos
RAPBD

DPRD Kab Tanah Bumbu

Setujui RAPBD 2021, Fraksi PDIP Minta Pengawasan Lebih Maksimal
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Godok 2 Raperda Perubahan
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Ketua Dewan Harapkan Hipmi Tanbu Mampu Jawab Tantangan Penguatan Ekonomi Daerah
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Fraksi Dewan Tanbu Setujui Raperda LPJ APBD 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com