Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah

Digiku Kredit untuk UMKM

- Apahabar.com     Senin, 20 Juli 2020 - 09:00 WITA

Digiku Kredit untuk UMKM

Ilustrasi UMKM. Foto-Kemenkeu

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia bersama Bank-Bank Milik Negara (Himbara) meluncurkan layanan kredit digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diberinama Digiku. Proyek ini untuk mendorong pelaku UMKM untuk melakukan transoformasi ke ranah digital.

“Kami menyambut baik program Digital Kredit UMKM (DigiKu) yang merupakan kerja sama Himbara dengan ecommerce platform ini,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Digiku diharapkan dapat menciptakan good finance, sehingga UMKM dapat mengakses kredit dengan lebih mudah.

“Kami juga berharap transaksi e-commerce akan semakin tinggi,” kata dia melanjutkan. Besarnya potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 mendatang menjadi hal yang diperhitungan oleh negara-negara di kawasan. Pasalnya, potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun tersebut mencapai US$ 133 miliar.

Sementara di tahun yang sama, realisasi potensi ekonomi digital ASEAN senilai US$ 153 miliar. “Ini artinya lebih dari 85% pasarnya ada di Indonesia,” ujarnya. Lebih jauh, data World Economic Forum juga mengatakan bahwa sumber pendanaan yang paling penting adalah perbankan, bantuan pemerintah, dan pinjaman online. Selain itu, sebanyak 34% digital tools yang digunakan saat pandemi adalah e-banking.

Dengan diluncurkannya Digiku, Airlangga menargetkan penyaluran KUR melalui offline dna online bisa mencapai angka Rp190 triliun. (rep)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Sentimen Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi, Dongkrak Penguatan Rupiah
apahabar.com

Ekbis

Imbas Perlambatan Ekonomi AS, Rupiah Kembali Menguat 22 Poin
apahabar.com

Ekbis

Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing
Harga Minyak

Ekbis

Pasokan Ketat, Harga Minyak Menguat-Bren Dekati 84 Dolar per Barel
apahabar.com

Ekbis

Bersamaan Perkembangan Paket Stimulus Fiskal AS, Rupiah Bergerak Melemah
apahabar.com

Ekbis

Dukung PEN, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 42,6 T dari Dana Negara
UMKM

Ekbis

Triwulan II 2021, Kredit Macet bank bjb Terjaga Rendah
apahabar.com

Ekbis

Permintaan Kurang, Harga Batu Bara Turun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com