Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Digiku Kredit untuk UMKM

- Apahabar.com Senin, 20 Juli 2020 - 09:00 WIB

Digiku Kredit untuk UMKM

Ilustrasi UMKM. Foto-Kemenkeu

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia bersama Bank-Bank Milik Negara (Himbara) meluncurkan layanan kredit digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diberinama Digiku. Proyek ini untuk mendorong pelaku UMKM untuk melakukan transoformasi ke ranah digital.

“Kami menyambut baik program Digital Kredit UMKM (DigiKu) yang merupakan kerja sama Himbara dengan ecommerce platform ini,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Digiku diharapkan dapat menciptakan good finance, sehingga UMKM dapat mengakses kredit dengan lebih mudah.

“Kami juga berharap transaksi e-commerce akan semakin tinggi,” kata dia melanjutkan. Besarnya potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 mendatang menjadi hal yang diperhitungan oleh negara-negara di kawasan. Pasalnya, potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun tersebut mencapai US$ 133 miliar.

Sementara di tahun yang sama, realisasi potensi ekonomi digital ASEAN senilai US$ 153 miliar. “Ini artinya lebih dari 85% pasarnya ada di Indonesia,” ujarnya. Lebih jauh, data World Economic Forum juga mengatakan bahwa sumber pendanaan yang paling penting adalah perbankan, bantuan pemerintah, dan pinjaman online. Selain itu, sebanyak 34% digital tools yang digunakan saat pandemi adalah e-banking.

Dengan diluncurkannya Digiku, Airlangga menargetkan penyaluran KUR melalui offline dna online bisa mencapai angka Rp190 triliun. (rep)

Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

BPS: Kupang Paling Tinggi Inflasi, Banda Aceh Terendah
apahabar.com

Ekbis

Presiden Portugal Tertarik dengan Batik dan Kerajinan Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Rokok Jadi Sumber Kemiskinan di Indonesia, Berikut Uraian BPS
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram
apahabar.com

Ekbis

Bulan Depan Layani Rute Penerbangan Baru
apahabar.com

Ekbis

Defisit Perdagangan RI di 2018 Catatkan Rekor Terburuk
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Kembali Meroket, Berikut Rincian Lengkapnya
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Temukan Cadangan Gas di Sulawesi Tengah, Berapa Besarannya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com