MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Dijanjikan Pangkalan Elpiji, Pria di HSU Ditipu Rp100 Juta

- Apahabar.com Jumat, 10 Juli 2020 - 10:03 WIB

Dijanjikan Pangkalan Elpiji, Pria di HSU Ditipu Rp100 Juta

Satreskrim HSU berhasil mengamankan pelaku penipuan berupa janji pengurusan izin pangkalan elpiji 3 Kg. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Niat ingin membuka pangkalan elpiji 3 Kg di desanya, seorang pria di Hulu Sungai Utara (HSU) malah tertipu ratusan juta.

Kasus penipuan ini dialami seorang warga di jalan Lorong Gerilya II, RT 002, Desa Palampitan Hilir, Kecamatan Amuntai Tengah, HSU, Hamdani (43). Pelaku diduga ditipu oleh S (43) dan AK (45).

Kawanan penipu yang diketahui berdomisili di Kecamatan Haur Gading dan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini mengaku bisa mengurus izin pangkalan Elpiji 3 Kg untuk korban.

Namun, setelah enam bulan berlalu, izin yang ditunggu-tunggunya tak kunjung ada.

Kasus ini terjadi pada Januari 2020 lalu. Saat itu Hamdani bertemu dengan S untuk membicarakan pengurusan izin pangkalan elpiji.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 10 Januari 2020 sekira pukul 17.00 WITA, pelaku S mendatangi rumah korban di jalan Lorong Gerilya II RT 002 Desa Palampitan Hilir, Kecamatan Amuntai Tengah, HSU.

Waktu itu, S menyanggupi akan bantu mengurus izin pangkalan LPG. Korban langsung menyerahkan uang sebanyak Rp50 juta untuk kepengurusan izin tersebut.

Selang tiga hari kemudian, pelaku kedua atas nama AK bersama dua orang rekannya, mendatangi rumah korban. Saat itu ia berdalih sebagai petugas Pertamina.

Usai pertemuan tersebut, tepatnya pada tanggal 23 Januari 2020, AK kembali mendatangi rumah korban dan mengatakan surat izin tersebut akan selesai dan segera keluar.

Kemudian korban kembali menyerahkan uang sebesar Rp50 juta kepada AK.

Setelah pertemuan pertama hingga enam bulan lamanya, izin yang diminta korban tak kunjung ada.

Bahkan setiap korban menghubungi kedua pelaku menanyakan masalah izin, mereka selalu beralasan yang tak masuk diakal.

Apalagi, setiap didatangi ke rumah pelaku, selalu menghindar.

Merasa telah ditipu, korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres HSU dengan membawa bukti dua buah kwitansi penyerahan uang sebesar Rp 50 juta ke terlapor terkait pengurusan izin pangkalan elpiji 3 Kg.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, melalui Kasat Reskrim Iptu Kamarudin, membenarkan jika ada laporan masuk terkait penipuan pembuatan izin pangkalan gas.

“Laporannya sudah kita terima dan korban serta saksi-saksi sudah kita periksa. Kemudian kita lakukan penangkapan kepada para pelaku,” kata Iptu Kamarudin kepada apahabar.com melalui sambungan telepon, Kamis (9/6) malam.

Tak perlu menunggu lama, para pelaku penipuan tersebut berhasil diamankan polisi.

Satu pelaku ditangkap saat berada di sebuah bengkel Jalan Jermani Husen, Desa Kaludan Besar, Kecamatan Banjang, HSU, Kamis (9/6) sekira pukul 16.00 wita.

Sementara pelaku lainnya diamankan pada hari yang sama, tepatnya sekira pukul 20.00 wita di sebuah warung Jalan H Abdul Ghani Majedi Kelurahan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, HSU.

“Kepada penyidik yang memeriksa, kedua pelaku mengaku menerima uang sebesar Rp100 juta untuk mengurus izin pangkalan gas. Mereka kemudian akan dijerat dengan pasal pasal 378 KUHPidana dan atau 372 KUHPidana. Tentang penipuan dan atau Penggelapan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Eddy Andriyanto - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

96 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Balangan
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Pemprov Kalsel Bakal Salurkan Dana Desa Tahap Terakhir
apahabar.com

Kalsel

Api ‘Ngamuk’, 1 Rumah Kosong di Komplek PLN Banjarbaru Ludes
Pencuri dan Penadah Motor Diringkus Polsek Banjarmasin Utara

Kalsel

Pencuri dan Penadah Motor Diringkus Polsek Banjarmasin Utara
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Expo Ajang Memperkenalkan Wisata dan Budaya Banjar
apahabar.com

Kalsel

Belum Cicipi Duit Haram, Tiga Serangkai Ditangkap di Kotabaru
Di Tengah Wabah Corona, Aktifitas Ekonomi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Stabil

Kalsel

Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Aktifitas Ekonomi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Banjarmasin, 2 Orang PDP Boleh Pulang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com