Perselingkuhan Istri Polisi dan Penjual Buah di Palangka Raya Terbongkar Polisi Ungkap Kronologis Kebakaran Maut di Beruntung Baru Sakit Hati, Motif Disebarnya Video Mesum 13 Detik di Samarinda Banjarmasin Terendam, Analisa Pemkot Kenapa Meluas-Siapkan Pompanisasi Terungkap, Bendahara HKN Banjarmasin Sempat Tarik Duit Ratusan Juta

Dijanjikan Pangkalan Elpiji, Pria di HSU Ditipu Rp100 Juta

- Apahabar.com     Jumat, 10 Juli 2020 - 10:03 WITA

Dijanjikan Pangkalan Elpiji, Pria di HSU Ditipu Rp100 Juta

Satreskrim HSU berhasil mengamankan pelaku penipuan berupa janji pengurusan izin pangkalan elpiji 3 Kg. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Niat ingin membuka pangkalan elpiji 3 Kg di desanya, seorang pria di Hulu Sungai Utara (HSU) malah tertipu ratusan juta.

Kasus penipuan ini dialami seorang warga di jalan Lorong Gerilya II, RT 002, Desa Palampitan Hilir, Kecamatan Amuntai Tengah, HSU, Hamdani (43). Pelaku diduga ditipu oleh S (43) dan AK (45).

Kawanan penipu yang diketahui berdomisili di Kecamatan Haur Gading dan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini mengaku bisa mengurus izin pangkalan Elpiji 3 Kg untuk korban.

Namun, setelah enam bulan berlalu, izin yang ditunggu-tunggunya tak kunjung ada.

Kasus ini terjadi pada Januari 2020 lalu. Saat itu Hamdani bertemu dengan S untuk membicarakan pengurusan izin pangkalan elpiji.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 10 Januari 2020 sekira pukul 17.00 WITA, pelaku S mendatangi rumah korban di jalan Lorong Gerilya II RT 002 Desa Palampitan Hilir, Kecamatan Amuntai Tengah, HSU.

Waktu itu, S menyanggupi akan bantu mengurus izin pangkalan LPG. Korban langsung menyerahkan uang sebanyak Rp50 juta untuk kepengurusan izin tersebut.

Selang tiga hari kemudian, pelaku kedua atas nama AK bersama dua orang rekannya, mendatangi rumah korban. Saat itu ia berdalih sebagai petugas Pertamina.

Usai pertemuan tersebut, tepatnya pada tanggal 23 Januari 2020, AK kembali mendatangi rumah korban dan mengatakan surat izin tersebut akan selesai dan segera keluar.

Kemudian korban kembali menyerahkan uang sebesar Rp50 juta kepada AK.

Setelah pertemuan pertama hingga enam bulan lamanya, izin yang diminta korban tak kunjung ada.

Bahkan setiap korban menghubungi kedua pelaku menanyakan masalah izin, mereka selalu beralasan yang tak masuk diakal.

Apalagi, setiap didatangi ke rumah pelaku, selalu menghindar.

Merasa telah ditipu, korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres HSU dengan membawa bukti dua buah kwitansi penyerahan uang sebesar Rp 50 juta ke terlapor terkait pengurusan izin pangkalan elpiji 3 Kg.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, melalui Kasat Reskrim Iptu Kamarudin, membenarkan jika ada laporan masuk terkait penipuan pembuatan izin pangkalan gas.

“Laporannya sudah kita terima dan korban serta saksi-saksi sudah kita periksa. Kemudian kita lakukan penangkapan kepada para pelaku,” kata Iptu Kamarudin kepada apahabar.com melalui sambungan telepon, Kamis (9/6) malam.

Tak perlu menunggu lama, para pelaku penipuan tersebut berhasil diamankan polisi.

Satu pelaku ditangkap saat berada di sebuah bengkel Jalan Jermani Husen, Desa Kaludan Besar, Kecamatan Banjang, HSU, Kamis (9/6) sekira pukul 16.00 wita.

Sementara pelaku lainnya diamankan pada hari yang sama, tepatnya sekira pukul 20.00 wita di sebuah warung Jalan H Abdul Ghani Majedi Kelurahan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, HSU.

“Kepada penyidik yang memeriksa, kedua pelaku mengaku menerima uang sebesar Rp100 juta untuk mengurus izin pangkalan gas. Mereka kemudian akan dijerat dengan pasal pasal 378 KUHPidana dan atau 372 KUHPidana. Tentang penipuan dan atau Penggelapan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Eddy Andriyanto - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bantu Haul Guru Sekumpul, Dandim Kerahkan 150 Personel TNI

Kalsel

Duh, Mobil Plat Merah Masih Terparkir Sembarangan di Pusat Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Detik-Detik Penangkapan Pengendara Avanza Bawa Sabu di HSU
apahabar.com

Kalsel

350 Personel Bersiaga di Pilkades Tala
apahabar.com

Kalsel

Pasien Covid-19 Kabur, RSDI Banjarbaru Gembok Pintu
Kotabaru

Kalsel

Gegara Sisa Sabu, 2 Pria Teler di Kotabaru Digelandang Petugas
apahabar.com

Kalsel

Satresnarkoba Polres Tabalong Ringkus DPO Kasus Sabu
Kapolres

Kalsel

Pandemi Covid-19, Penyambutan Kapolres Tabalong Terapkan Prokes Ketat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com