Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Dua Tersangka Pencemaran Nama Baik Ahok Tidak Ditahan

- Apahabar.com Kamis, 30 Juli 2020 - 21:51 WIB

Dua Tersangka Pencemaran Nama Baik Ahok Tidak Ditahan

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus memimimpin pemaparan kasus pencemaran nama baik terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan tersangka yang berinisial KS (baju merah) di Mako Polda Metro Jaya, Kamis (30/7). Foto-Antara/Fianda Sjofjan Rassat

apahabar.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya tidak menahan KS (67) dan EJ (47) yang telah ditetapkan sebagi tersangka pencemaran nama baik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok lantaran hukumannya kurang dari 5 tahun penjara.

“Karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara, yang bersangkutan tidak kita tahan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Kamis (30/7).

Meski tidak ditahan, tersangka KS dikenakan wajib lapor oleh pihak Kepolisian. Yusri juga memastikan proses hukum tersangka akan terus berjalan.

“Kasus tetap berjalan, kita kenakan wajib lapor sambil menunggu nanti pemberkasan,” ujarnya.

Sedangkan tersangka kedua yang berinisial EJ (47) diamankan Kamis sore oleh tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Sumatera Utara. Yang bersangkutan rencananya malam ini akan langsung dibawa ke Jakarta untuk diperiksa.

“Yang bersangkutan masih di Polda Sumatera Utara, rencananya malam ini dibawa ke Jakarta untuk kita periksa. Diperkirakan tiba sekitar pukul 20.00 WIB,” ujarnya.

Tersangka KS adalah pemilik akun Intagram @ito.kurnia, sedangkan EJ adalah pemilik akun Instagram @an7a_s679. Kedua akun ini telah mengunggah konten berisi hinaan kepada Basuki dan keluarganya.

KS dengan IG-nya beberapa kali mengunggah pencemaran nama baik kepada BTP dan istrinya. Pertama menyandingkan di IG itu foto istri BTP dan anaknya dengan binatang dan disandingkan dengan kalimat-kalimat yang tidak pantas.

“Itu masuk unsur-unsur pencemaran nama baik menurut ahli. Akun Instagram yang satu lagi juga sama,” ujarnya.

Yusri menjelaskan, unggahan keduanya di media sosial Instragram yang telah melanggar Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 45 ayat 3 Undang-undang Nomer 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukum maksimal 4 tahun penjara.(Ant)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Oknum TNI Tembak Mati 3 Warga Prabumulih Diduga Terkait Utang
apahabar.com

Hukum

Penemuan Orok Diduga Hasil Aborsi, Polisi Buru Pelaku
apahabar.com

Hukum

Pengaku Nabi Terakhir di HST Diciduk di Rumahnya, Polisi Temukan Barang Bukti
apahabar.com

Hukum

Lima Hari, Dua Nyawa Melayang di Jalan
apahabar.com

Hukum

Polisi Ungkap Sejumlah Kemungkinan di Balik Pembunuhan Editor Metro TV
apahabar.com

Hukum

Miliki Sabu, Penjual Parfum di Kelayan Ditangkap Polisi
apahabar.com

Hukum

Lagi Galau, Sandy Tumiwa Akui Pakai Sabu
apahabar.com

Hukum

Setubuhi Bocah 10 Tahun, Istri Laporkan Suami ke Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com