3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Esensi Pilkada 2020, Pemkab HST Terus Berkoordinasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

- Apahabar.com Minggu, 19 Juli 2020 - 17:24 WIB

Esensi Pilkada 2020, Pemkab HST Terus Berkoordinasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Wabup Berry mendapatkan buku prosedur Covid-19 dari Mendagri Tito Karnavian usai Rakor di Gedung Mahligai Banjarmasin, Sabtu (18/7).Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu agar pelaksanaan Pilkada 2020 di Bumi Murakata berjalan lancar.

Seperti yang diketahui tahapan Pilkada 2020 dimulai sejak 15 Juni. Dari tahapan verifikasi faktual, coklit, pendaftaran paslon dan masa kampanye.

Puncaknya atau pemungutan suara, sesuai Perpu Nomor 2 Tahun 2020, Pilkada digelar pada 9 Desember nanti.

“Insyaallah, semua berjalan lancar dan kita akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, sehingga pelaksanaan Pilkada di HST tahun ini dapat berjalan lancar,” kata Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan usai menghadiri Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada 2020 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (18/7).

Berry menekankan, esensi dari pelaksanaan Pilkada tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Tetapi juga mengajak masyarakat menjadi pemilih cerdas dalam memilih pemimpin yang akan berdampak pada pembangunan.

Ia juga berharap, angka partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak di 2020 ini dapat mencapai angka yang tinggi.

Untuk mencapai target itu, menurut aktivis lingkungan hidup ini, diperlukan langkah bersama semua pemangku kepentingan atau stakeholder seperti, KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, masyarakat termasuk media untuk menggelorakan supaya masyarakat berpartisipasi menyalurkan hak suaranya.

“Siapa pun yang terpilih nantinya, itu artinya mendapatkan dukungan dan restu yang kuat dari masyarakat. Sehingga pada saat dia memimpin, dia percaya diri karena rakyat mendukung dia,” kata eks Direktur Walhi ini.

Sebelumnya, dalam Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada 2020, Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor membahas isu strategis memantapkan pelaksanaan Pilkada 2020.

Mantan Kapolri ini optimis, Pilkada pada 9 Desember 2020 di Kalsel bisa terlaksana.

“Kita ramai-ramai bantu untuk sosialisasi agar partisipasi masyarakat tinggi. Isu yang kita angkat, sentralnya adalah mengenai masalah efektivitas kepala daerah dan daerah yang melakukan Pilkada ini dalam rangka menangani Covid-19. Sehingga, justru Pilkada bisa mempercepat pengendalian Covid-19 di Kalsel disamping akan membantu sektor ekonomi dan dampak sosialnya,” kata Tito.

Tito menekankan penerapan pelaksanaan Pilkada harus secara ketat dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di sisi lain, Tito mengapresiasi Kalsel yang telah siap dengan anggaran Pilkada. Dia mendorong agar segera mencairkan dana hibah Pilkada.

“Segera cairkan seluruh dana hibah pemilihan yang sudah tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Sebab, masih ada beberapa daerah yang belum mencairkan seluruhnya,” tegas Tito.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan Rakor itu dilaksanakan untuk melakukan deteksi dini.

“Pilkada serentak yang dilaksanakan tahun ini memang bukan yang pertama, tetapi kewaspadaan, deteksi dini, cegah dini, konsolidasi dini dan membangun solidaritas di seluruh tahapan menjadi sangat penting karena ini merupakan agenda besar untuk memilih pemimpin daerah,” tekan Paman Birin sapaan akrab H Sahbirin Noor.

Hasil umum pada Rakor itu, di Provinsi Kalsel ada 8 kota/kabupaten yang menyelenggrakan Pilkada. Itu termasuk gubernurnya.

Ke 8 kota/kabupaten di Kalsel telah siap dalam melaksanakan pemilhaan.

Rapat saat itu dihadiri oleh pejabat pimpinan tinggi madya Kemendagri, Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta sejumlah bupati ataupun wakil bupati se-Kalsel.

apahabar.com

Wabup Berry berkoordinasi dengan jajaran Kemendagri usai Rakor di Gedung Mahligai Banjarmasin, Sabtu (18/7).Foto-Prokom HST for apahabar.com

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Salurkan Bantuan Pada Hari Anak Nasional, Ini Pesan Istri Bupati HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di LPEM FEB UI
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian : Sesuaikan Hasil Reses Dewan dengan Alokasi Musrenbang
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Sosialisasikan Pencegahan Covid 19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tradisi Maulid di HST Ditiadakan? Ini Komentar Chairansyah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dongkrak Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah di HST, LHE 2019 Jadi Pemicu
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di HST, Indomaret Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Pandemi

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lestarikan Alam Bumi Murakata, Dua Lokasi Wisata HST Ditanami Ratusan Pohon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com