7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Gegara Covid-19, Puluhan Proyek di Kalsel Gagal Tender

- Apahabar.com Selasa, 28 Juli 2020 - 13:09 WIB

Gegara Covid-19, Puluhan Proyek di Kalsel Gagal Tender

ilustrasi: goriau.com Foto-Istimewa

apahabar. com, BANJARBARU – Pengalihan pengelolaan Anggaran  Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) untuk penanganan Covid-19 menyebabkan 40 paket proyek pekerjaan di Kalimantan Selatan dibatalkan.

“Sekitar 40. Ada yang batal dan ditunda, ” sebut Kabag Pengelolaan Barang dan Jasa pada Biro Perlengkapan dan Layanan Setdaprov Kalsel, Khairil Anwar kepada apahabar. com, di ruang kerjanya, Selasa (28/7).

Refocusing dan realokasi anggaran ini dilakukan untuk menangani dampak dari wabah virus corona. Kementerian keuangan akhirnya melakukan pemangkasan sekira 50 persen dari total anggaran, meliputi kegiatan seperti pembelanjaan barang hingga perjalanan dinas.

Hingga Juni tadi, paket tender yang telah masuk tercatat sebanyak 280 paket.

“Surat menteri keuangan untuk dana DAK, (proyek) fisik tidak jadi dilaksanakan. Otomatis kegiatannya diundur atau ditunda. Lalu adanya penyesuaian anggaran terkait pencegahan penanggulangan COVID-19, ” jelas dia.

Terkait pemotongan anggaran, proyek fisik menjadi kewenangan setiap SKPD. Sementara, pihaknya hanya sebatas pelaksanaan tender saja.

“Ada juga yang keburu ditenderkan. Teknis tergantung mereka dengan calon penyedia, apakah dikurangi separuh atau dihilangkan sama sekali, ” katanya

Sementara, pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19 menjadi kebijakan pemerintah daerah dalam hal ini Satgas Covid-19.

“Apakah nanti bentuknya untuk penginapan tenaga medis, pembelian rapid test, rapid test atau lainnya. Gugus tugas yang menangani,” tutupnya.

apahabar.com

Kabag Pengelolaan Barang dan Jasa pada Biro Perlengkapan dan Layanan Setdaprov Kalsel, Khairil Anwar (kiri) didampingi Kasubbag pemantauan dan evaluasi pengadaan barang dan jasa, Fahrurazi (kanan). Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dispora Kalsel Apresiasi Talenta Futsal Remaja Masjid
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pembangunan Bandara di Banua Anam, Pemprov Kalsel dan Pemkab HST Beda Sikap
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Optimalisasi Sektor Perikanan Dinilai Mampu Dongkrak Perekonomian Banua
apahabar.com

Pemprov Kalsel

24 Ribu Siswa SMA/SMK di Kalsel Akan Dapat Bantuan Paket Internet Gratis
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jika Kalsel Terjangkit Corona, Ini yang Bakal Dilakukan Dinkes
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Waspada Darah Tinggi Mengintai Jemaah
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lawan Covid-19, Gubernur Kalsel Paman Birin Ajak Goweser Banua Rayakan Haornas ke-37
apahabar.com

Pemprov Kalsel

10 Ribu Swab di Kalsel, Pemprov Antisipasi Pasien Membludak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com