Tambah Ratusan Personel, PLN Percepat Pemulihan Listrik Terdampak Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit Selain Surat Miskin, Berikut Syarat Pengobatan Gratis Korban Banjir di Banjarmasin Hingga Hari ke-10 Memori CVR Sriwijaya Air Belum Ditemukan UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal

Hadapi Pilkada Serentak, Polresta Banjarmasin Siagakan 500 Personel

- Apahabar.com Senin, 20 Juli 2020 - 17:17 WIB

Hadapi Pilkada Serentak, Polresta Banjarmasin Siagakan 500 Personel

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Polresta Banjarmasin siap mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2020.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan mengaku telah menyiapkan 500 personel untuk diturunkan mengamankan pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Pengamanan Pilkada tahun ini terbilang berbeda dengan gelaran sebelumnya, sebab masih dalam suasan Covid-19. Tentu selain mengamankan jalannya Pilkada, personel juga harus mengamankan diri agar tak tertular virus corona. Karena itu, para personel yang bertugas akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

“Personel yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan kita lengkapi dengan APD sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” kata Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan.

APD yang disiapkan sebut putra banua ini, masker, kaca pelindung wajah (face shield) serta cairan antiseptik. Sebelum bertugas mereka juga akan dicek suhu tubuh menggunakan thermogun. Jangan sampai nantinya malah personel yang terjangkit.

Berapa besaran anggaran yang disiapkan? Rahmat menjelaskan nilainya tidak terlalu besar. Yang jelas dana tersebut dapat mengakomodir kebutuhan APD para personel yang akan ditugaskan baik pengamanan kampanye, TPS hingga pendistribusian surat suara.

“Dana Kita siapkan, anggaran Sispamkota bisa digunakan untuk dana kontijensi salah satunya adalah untuk APD, tidak terlalu besar, sekitar 100-200 juta,” katanya.

Dalam pengamanan Pilkada, urai Rahmat, pihaknya akan fokus terhadap penerapan protokol kesehatan, terutama physical distancing (menjaga jarak). Sebab saat pelaksanaan nanti pasti akan melibatkan banyak massa. Situasi ini tentu rawan penularan. Makanya perlu pengamanan ekstra.

“Kita akan fokus pengamanan jarak saat berjalannya Pilkada ,” sambungnya.

Perwira tiga melati di pundak ini menambahkan, pihaknya juga mendapatkan bantuan APD kaca pelindung dari Pemerintah Kota Banjarmasin. Itu dapat sedikit membantu.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Rizal Khalqi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

April, SMP di Tanah Bumbu Berbasis Komputer
NTD Polda Kalsel

Kalsel

13 Tahun Pengabdian, NTD Polda Kalsel Bagi Bantuan kepada Warga Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Hanya Dalam Sehari, Dua Truk Renggut Nyawa Kades dan Ojek
apahabar.com

Kalsel

Lindungi Warga dari Covid-19, PD AMPG Banjarmasin Bagikan 5000 Masker
apahabar.com

Kalsel

ULM Banjarmasin Bantu Pendirian Fakultas Kehutanan Universitas Pahlawan di Riau
apahabar.com

Kalsel

Pondok Sehat Al Wahida, Layani Terapi Stres Lewat Metode Ruqyah
Surung Sintak

Kalsel

Inovatif, Pelayanan Sampah Surung Sintak Bantu Warga Banjarmasin Tak Punya TPS
apahabar.com

Kalsel

Kisah Guru Honorer Pulau Sembilan Kangen Murid Saat Pandemi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com