BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Harga Karet Anjlok, Sebagian Warga Nupang Nuding Bercocok Tanam

- Apahabar.com Senin, 13 Juli 2020 - 17:10 WIB

Harga Karet Anjlok, Sebagian Warga Nupang Nuding Bercocok Tanam

Salah seorang warga merawat kebun bawang pray nya. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Saat pandemi Covid-19, harga karet anjlok. Sebagian warga Desa Nupang Nunding, Kecamatan Muara Uya pun memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam.

Tanaman di lahan warga beragam jenis sayur dan buah. Tanaman yang banyak dibudidayakan adalah bawang pray, tomat, jagung pangan dan semangka.

Dipilihnya tanaman itu karena usia panen cukup pendek, sehingga bisa membantu perekonomian mereka di tengah anjloknya harga karet.

Kepala Desa Nupang Nunding Kecamatan Muara Uya, Rusdi, mengatakan dirinya bersama sebagian warga lain sebulan lalu mulai menanam komoditas tersebut.

“Harapannya, 2 bulan lebih sedikit semua komoditas tersebut sudah panen, sehingga membantu perekonomian warga di tengah harga karet Rp5.500-6.000,” kata Rusdi, Senin (13/7) melalui percakapan WhatsApp.

Tanaman tersebut ada yang ditanam di lahan kosong sebelum ditanami karet dan ada juga tumpang sari dengan karet. Kira-kira total luasan kurang lebih 10-20 hektar.

“Untuk harga saat ini cukup bagus, seperti jagung pakan sekilonya Rp3.500, Pasarnya pun sudah ada, yaitu di Ampah Kalimantan Tengah,” ungkap Rusdi.

Ditambahkan, untuk bibit jagung dibantu pemerintah, sementara yang lainnya dengan modal sendiri.

Dengan banyaknya minat warga berkebun, pihaknya berharap kedepan Pemkab Tabalong membangunkan pasar regional. Apalagi saat ini hasil kebun banyak dibeli para tengkulak.

” Kami berharap dengan banyaknya warga berkebun selain karet, pemerintah bisa membangunkan pasar regional, sehingga hasil kebun bisa segera terjual,” harap Rusdi.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahc26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tahun Ini, Honda Bidik Realisasi Ekspor Brio
apahabar.com

Ekbis

Angkasa Pura I Kerja Sama Inisiasi Koridor Sehat dengan IIAC di Korsel
apahabar.com

Ekbis

Perluas Transaksi Nontunai, BI Pacu Instrumen Kebijakan
apahabar.com

Ekbis

Dapat 1,6 T dari Inter Milan, Erick: Bukan untuk Kampanye
apahabar.com

Ekbis

Pasar Domestik Masih Menarik, IHSG Bergerak Menguat
apahabar.com

Ekbis

Deklarasi Repnas Kalsel untuk Jokowi-Ma’ruf, Hadirkan 32 Pelaku UMKM
apahabar.com

Ekbis

Terikat Utang Online Abal-abal, Korban Disuruh Jual Ginjal
apahabar.com

Ekbis

BNI Raih Bank Internasional Terbaik 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com