Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000

Hasil Verfak KPU Banjar, Semua Calon Belum Langsung Lulus

- Apahabar.com Rabu, 22 Juli 2020 - 10:35 WIB

Hasil Verfak KPU Banjar, Semua Calon Belum Langsung Lulus

Penandatanganan surat berita acara hasil rekapitulasi Verfak dukungan Bapaslon perseorangan Pilkada Banjar 2020, yang digelar KPU Banjar di Ball Room Q-Mall Banjarbaru, Selasa (21/7) malam. Foto-apahabar.com/hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Pilkada Kabupaten Banjar 2020, belum ada yang memenuhi syarat minimal dukungan dari 35.237.

Hal ini setelah hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Verifikasi Faktual (Verfak) Bapaslon Perseorangan, yang digelar KPUD Kabupaten Banjar, di Ball Room Q-Mall Banjarbaru, sejak Senin (20/7) hingga Selasa (21/7).

Ada tiga Bapaslon di Pilkada Banjar 2020, yakni Andin Sofyanoor-KH M Syarif Busthomi (Guru Oton), Yunani-M Suriani Shiddiq, dan Mada Teruna Ferryansyah.

Berjalannya rapat pleno cukup alot, hingga akhirnya molor sampai jam malam. Sekitar pukul 21.30 Ketua KPU Banjar, H Muhaimin akhirnya membacakan berita acara hasil rekapitulasi Verfak.

Hasil rekapitulasi Verfak pasangan Andin-Guru Oton sebanyak 28.678 yang masuk syarat (MS).

“Total kekurangan adalah berjumlah 6.559. Adapun jumlah yang wajib diserahkan dalam masa perbaikan dua kali lipat, yaitu berjumlah 13.118 dukungan,” jelas Muhaimin membacakan surat putusan.

Selanjutnya, Bapaslon perseorangan Mada-Ferry setelah dilakukan rekapitulasi, total dukungan yang masuk syarat berjumlah 17.976 dukungan.

“Adapun kekurangannya berjumlah 17.261 dukungan. Adapun jumlah yang wajib diserahkan dalam masa perbaikan dua kali lipat, yaitu berjumlah 34.522,” ucap Muhaimin.

Sementara Bapaslon Yunani-Suriani setelah rekapitulasi Verfak, total jumlah dukungan yang masuk syarat berjumlah 22.442.

“Adapun kekurangannya berjumlah 12.795. Jumlah yang wajib diserahkan saat masa perbaikan dikali dua, yaitu berjumlah 25.590,” kata Muhaimin.

Muhaimin menjelaskan, hasil ini sudah final dan tidak bisa diganggu gutat. “Karena kita sudah melaksanakan rekapitulasi dari tingkat bawah sampai kecamatan dan kabupaten. Seandainya ada yang dipermasalahkan, mestinya sudah selesai di tingkat bawah,” ungkapnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Banjar, Hairul Fahal mengakui kendati ada beberapa koreksi dari pihaknya, namun hasil rekapitulasi yang digelar selama dua hari ini sudah final.

“Hasil malam ini adalah final. Memang tadi ada beberapa keberatan dari Bawaslu, terkait penuangan berita acara BA6 KWK agar itu diseusaikan penempatan pengisiannya yaitu untuk Kecamatan Aluh-aluh, dan Cintapuri Darussalam. Namun hal ini tidak mengubah hasil, sesuai BA5 KWK yang ada di PPS,” jelas Falah.

Ia menambahkan, kendati hasil sudah final, namun bagi Bapaslon yang masih merasa keberatan, dapat mengajukan gugatan keberatan ke Bawaslu Banjar.

“Apabila memang ada Bapaslon yang keberatan, boleh mengajukan gugatan keberatan kepada Bawaslu terkait berita acara malam ini,” punglas Falah.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Dikunjungi Cawali Nomor 4 Hj Ananda, Pengrajin Kayu Ini Curhat Tak Ada Lapak Seni di Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Ovie-Iwan Mundur, PDIP: Pilkada Banjarbaru Tanpa Tandingan
apahabar.com

Politik

Masyarakat Diminta Sorot Politik Uang
apahabar.com

Politik

Teka-Teki Bacalon yang Bakal Diusung Gerindra di Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Naik 3.585 dari DPS, DPT Pilgub Kalsel 2020 di Tabalong Jadi 170.237

Politik

Dagangannya Diborong Cuncung, Kadariah Terharu
apahabar.com

Politik

Melihat Sosok Calon Wakil di Pilwali Banjarmasin, Simak Kata Pengamat
apahabar.com

Politik

Survei CPCS: Elektabilitas Parpol Turun, PSI dan NasDem Malah Naik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com