Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Iduladha Istimewa Etty, Bebas Hukuman Mati di Saudi Kumpul Keluarga Lagi

- Apahabar.com Kamis, 30 Juli 2020 - 22:41 WIB

Iduladha Istimewa Etty, Bebas Hukuman Mati di Saudi Kumpul Keluarga Lagi

Putra Etty binti Toyyib, Rosidin, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang membantu pembebasan ibunya dari vonis hukuman mati di Arab Saudi dalam acara serah terima di Kementerian Luar Negeri, Kamis (30/7). Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah RI secara resmi menyerahkan Etty binti Toyyib Anwar, pekerja migran Indonesia bebas dari hukuman mati di Arab Saudi kepada keluarganya, Kamis (30/7).

Dengan demikian, Etty bisa berkumpul keluarganya lagi seperti sedia kala.

“Kepada Ibu Etty dan keluarga, saya sampaikan bahwa proses pembebasan Ibu Etty bukan upaya yang mudah. Kita patut bersyukur bahwa dalam proses pembebasan banyak pihak yang membantu kita,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara serah terima yang dipantau secara virtual, Kamis.

Etty Toyyib adalah terpidana qisas atas kasus pembunuhan di Saudi pada 2020.

Pekerja migran asal Majalengka, Jawa Barat, itu dijatuhi hukuman pancung karena didakwa meracuni majikannya, Faisal al Ghamdi.

Selama hampir 19 tahun Etty dipenjara, perwakilan RI di Riyadh dan Jeddah melakukan pendekatan kepada keluarga korban agar dia diampuni, serta melakukan pendampingan kekonsuleran.

Sebagai buah dari upaya panjang tersebut, Etty akhirnya dibebaskan melalui pembayaran diyat sebesar empat juta real (sekitar Rp15,2 miliar) kepada keluarga korban.

Ia kemudian dipulangkan dan tiba di Tanah Air pada 6 Juli lalu.

Setibanya di Tanah Air, Etty harus menjalani perawatan di RS Darurat Corona di Wisma Atlet Jakarta karena dinyatakan positif Covid-19.

“Alhamdulillah sekarang sudah sehat, setelah melalui semua aturan yang ditetapkan pemerintah terkait protokol kesehatan sehingga hari ini dapat bertemu kembali dengan keluarga,” kata Menlu Retno.

Merujuk pada kasus Etty, Menlu Retno menegaskan pentingnya penguatan aspek pencegahan agar pekerja migran Indonesia tidak tersandung kasus hukum di negara penempatan.

“Penting bagi kita untuk memperkuat aspek pencegahan, seperti pemahaman mengenai hukum setempat, terutama bagi WNI yang bekerja di negara-negara seperti di Arab Saudi,” kata dia.(ant)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Kominfo Cabut Pembatasan Medsos
apahabar.com

Nasional

Sosok Brigadir Rangga, Polisi Penembak Rekannya Sesama Polisi
apahabar.com

Nasional

Atta Halilintar Muncul di Ujian Anak SD, Anggota Dewan Meradang
apahabar.com

Nasional

Kemenkue Kaji Kenaikan Cukai Rokok 2021
apahabar.com

Nasional

Esemka Banyak Gunakan Komponen Lokal, Ini Profil Pemasoknya
apahabar.com

Nasional

Dua Penyerang Novel Baswedan Dituntut 1 Tahun Penjara
apahabar.com

Nasional

Demonstrasi di Wamena Berujung Anarkis, Bandara Wamena Ditutup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com