Breaking News! Tabrakan Horor di Kotabaru, Motor vs Mobil Honda BRV Di Mubes WAPDA ke-IV, Gubernur Kalsel Ungkap Proyek Siring Ponpes Darussalam Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel

IKN di Penajam, Butuh Rp 60 M untuk Lahan Bendungan

- Apahabar.com     Jumat, 3 Juli 2020 - 05:30 WITA

IKN di Penajam, Butuh Rp 60 M untuk Lahan Bendungan

Hamparan lahan lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto-Antara/Novi Abdi

apahabar.com, PENAJAM – Sekalipun anggaran sempat dipangkas, pemerintah dipastikan akan tetap melanjutkan pembangunan bendungan di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Pembangunan dalam rangka megaproyek ibu kota negara (IKN).

Pembebasan lahan seluas 81 hektare untuk lokasi pembangunan bendungan guna penyediaan air bersih membutuhkan biaya Rp60 miliar.

Biaya pembangunan bendungan akan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN.

“Dana Rp60 miliar difokuskan pemerintah pusat untuk bebaskan lahan lokasi konstruksi bendungan seluas 81 hektare di wilayah Kecamatan Sepaku,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang, Kamis (2/7).

Daerah yang terkena pembebasan lahan meliputi wilayah Desa Argomulyo, Sukomulyo dan Tengin Baru, dan prosesnya menunggu pembuatan peta bidang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Kalau petanya, lahan lokasi untuk konstruksi bendungan seluas 81 hektare dan itu sudah cukup luas,” tambahnya.

Nicko menjelaskan pendanaan untuk pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi itu sempat mengalami pemotongan anggaran Rp20 miliar.

Ia berharap proses pembebasan lahan itu segera diselesaikan mengingat pembangunan bendungan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah itu.

“Nanti kami cek lagi, apakah lahan yang dibebaskan itu hanya dua atau tiga desa karena lahan lokasi pembangunan bendungan berada di sudut Desa Argomulyo, Sukomulyo dan Tengin Baru,” kata Nicko.

Nicko menambahkan saat ini untuk pembentukan tim penilai (appraisal) sedang menunggu pembuatan peta bidang yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut rencana, Bendungan Sepaku-Semoi yang dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, memiliki daya tampung sekitar 11,6 juta meter kubik dengan debit 2.400 liter per detik. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tisu

Kaltim

Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu

Kaltim

Pemkot Balikpapan Salurkan BST Tahap Kedua ke Ribuan Penerima

Kaltim

Besok, Pemkot Siapkan 2.000 Dosis Vaksin Bagi Warga KTP Luar Balikpapan
Curanmor

Kaltim

Bapak dan Anak Komplotan Curanmor Lintas Daerah Diringkus Polda Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Balikpapan, Awal Munculnya Kelompok Pemberontak
Bayi Baru Lahir

Kaltim

Catat! Bayi Baru Lahir di Balikpapan Langsung Ditanggung BPJS Kesehatan
Balikpapan

Kaltim

Termasuk Balikpapan, Kapolri Rotasi Puluhan Kapolres di Berbagai Daerah
PPKM Level 3

Kaltim

Bukan PPKM Level 3, Sandiaga Uno: Hanya Pembatasan Mobilitas Libur Nataru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com