Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Internet Gratis untuk Siswa, Legislator Kalsel Minta Anggaran Dikembalikan!

- Apahabar.com     Jumat, 3 Juli 2020 - 12:24 WITA

Internet Gratis untuk Siswa, Legislator Kalsel Minta Anggaran Dikembalikan!

Luthfi Saifuddin, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Luthfi Saifuddin berang. Ketua Komisi IV DPRD Kalsel itu naik pitam usai mendengar penjelasan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang ternyata belum menindaklanjuti rekomendasi bantuan internet gratis dan keperluan belajar untuk siswa kurang mampu.

“Kami kecewa, jawaban gugus tugas yang menyatakan ini masih dalam proses penelaahan,” kata Luthfi kepada apahabar.com, Jumat (3/7).

Politisi Partai Gerindra itu berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti kinerja Pemprov yang dianggapnya tak serius dengan pendidikan saat pendemi Covid-19

“Kalau tidak ditindaklanjuti, kami akan buat pansus dan terus mempertanyakan sikap pemerintah dan gugus terhadap dunia pendidikan. Karena selama pandemi ini rasanya belum ada perhatian khusus dari pemerintah dan gugus untuk dunia pendidikan,” tegasnya.

Padahal, beberapa waktu lalu Komisi IV sudah menyampaikan permintaan itu pada Dinas Pendidikan dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan (GTPP) Covid-19.

Sejauh ini, kata dia, Rp88 miliar yang berasal dari anggaran pendidikan di Kalsel telah dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Meski begitu, ia berpendapat, aspek pendidikan tidak kalah penting dengan dengan aspek lainnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Sementara, Plt Wakil Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar menyatakan pihaknya membutuhkan waktu setidaknya satu atau dua pekan untuk mengkaji lebih dalam terkait rekomendasi yang disampaikan Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel tersebut.

Menurut Roy, pihaknya akan mengundang pakar dan membahas rekomendasi tersebut baik terkait kebutuhan anggaran yang diperlukan.

“Serta yang paling penting yaitu pemenuhan indikator urgensinya yang menentukan bisa atau tidaknya rekomendasi itu dipenuhi menggunakan anggaran penanganan dan penanggulangan Covid-19 yang sudah dicadangkan,” jelasnya.

Bicara kondisi keuangan dengan jumlah kasus baru Covid-19 yang masih bertambah, kata dia, tentu memerlukan alokasi anggaran yang tidak sedikit.

“Jadi kami akan dalami apakah menjadi prioritas di kondisi sekarang ini. Nanti juga akan dikaji bagaimana peran Pemda kabupaten/kota,” kata Roy.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi, dari data yang dimilikinya, pihaknya sudah mengidentifikasi ada sebanyak 20 ribu peserta didik tingkat SMA/SMK sederajat yang dinilai memerlukan bantuan internet gratis.

“Peserta didik yang butuh dukungan internet untuk akses belajar daring sekitar 20 ribu dari total sekitar 127 ribu lebih siswa kita di Kalsel,” kata Yusuf.

Menurutnya perumusan bantuan internet gratis untuk para peserta didik tersebut memang seharusnya disesuaikan mempertimbangkan faktor perkiraan pelaksanaan belajar dari rumah dan program masing-masing satuan pendidikan.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Rizal Khalqi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Tok! Dewan Kalsel Sahkan Dua Raperda
Banjir

DPRD Kalsel

Club Motor OWLMC Tanbu Salurkan Bantuan Banjir, Legislator Kalsel Bangga
APBD Perubahan Kalsel

DPRD Kalsel

Pandemi, APBD Perubahan Kalsel Naik 23,81 %

DPRD Kalsel

Hadir di Forum DPRD Seluruh Indonesia, Supian HK Bicara Soal Percepatan Vaksinasi Kalsel
Komisi III DPRD Kalsel memantau pembangunan jembatan Alalak I. Foto-Istimewa

DPRD Kalsel

Komisi III DPRD Kalsel Pantau Perkembangan Penyelesaian Jembatan Alalak I
listrik

DPRD Kalsel

20 Tahun, Listrik dan Jalan Mulus Belum Dirasakan Warga Desa Tajur Tanbu
apahabar.com

DPRD Kalsel

Fraksi PAN-Demokrat Pinta SKPD Tingkatkan Pengawasan Pelaksanaan Proyek 2021
apahabar.com

DPRD Kalsel

Ada Mamanda Pada Syukuran Rumah Jabatan Ketua DPRD Kalsel  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com