Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Jelang Rikkes Tahap II, Kapolda Kalsel Pastikan Seleksi Akpol dan Tamtama Polri Bersih dan Transparan

- Apahabar.com Rabu, 22 Juli 2020 - 19:56 WIB

Jelang Rikkes Tahap II, Kapolda Kalsel Pastikan Seleksi Akpol dan Tamtama Polri Bersih dan Transparan

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memimpin sidang terbuka menuju pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Tahap II, Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memimpin sidang terbuka menuju pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Tahap II seleksi penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri 2020 Panda Polda Kalsel, Selasa (21/7) pukul 10.00 Wita.

Kegiatan yang digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel ini turut dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono Irwasda Kombes Pol Djoko Poerbohadijojo, Pejabat Utama Polda Kalsel, Pengawas Internal dan External serta Perwakilan orang tua.

Kapolda Kalsel menyatakan komitmennya sekaligus memastikan proses seleksi penerimaan Taruna Akpol maupun Tamtama Polri yang sementara berlangsung berjalan bersih dan transparan.

“Tidak akan ada perlakuan khusus bagi peserta seleksi Akpol maupun Tamtama, semua harus berjalan transparan serta bersih,” tegas Kapolda Kalsel.

Dalam sidang tersebut, Kapolda Kalsel juga menginstruksikan Panitia agar pelaksanaan seleksi dapat mengacu pada prinsip “BETAH” (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dengan

berbasis teknologi informasi yang merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Kapolri ke-1 (satu) yaitu Mewujudkan SDM yang unggul melalui proses rekruitmen.

“Seluruh tahapan seleksi terbuka, tidak ada perlakuan khusus terhadap peserta seleksi, semua data bisa kita pertanggungjawabkan, selain itu selalu buka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau hal-hal yang tidak berkenan kepada Panitia,” jelas Kapolda Kalsel.
Editor: Muhammad Bulkini

Menurutnya, dalam sebuah proses seleksi, pasti terdapat peserta yang lolos maupun tidak. Untuk itu ia minta dalam prosesnya nanti, peserta yang tidak lolos dapat menjadikan pengalaman sebagai bahan evaluasi untuk seleksi berikutnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., menuturkan bahwa tujuan utama proses rekruitmen Polri yakni melahirkan personil Polri yang profesional dalam bidang tugasnya, serta dapat menjadi insan pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan tetap menjadi penegak hukum yang jujur dan adil dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat.

Dari 95 orang peserta Taruna Akpol dan 68 peserta Tamtama Polri yang telah menjalani serangkaian tes mulai dari Pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan kesehatan tahap I, Pemeriksaan Psikologi tahap I, Jasmani dan Akademik, terdapat 24 peserta Taruna Akpol (23 Laki-laki, 1 Perempuan), dan 12 peserta Tamtama Polri (9 Tamtama Brimob dan 3 Tamtama Polair) yang dinyatakan lolos mengikuti Pemeriksaan tahap II.

Bahkan selama proses seleksi tersebut, Kapolda, Wakapolda dan para Pejabat Utama Polda Kalsel terus mengikuti serta mengawasi langsung jalannya rangkaian tes yang dilaksanakan.

“Kepada para peserta seleksi selamat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, jaga kesehatan sampai seluruh tahapan seleksi selesai. Bagi yang belum lolos, agar dijadikan evaluasi untuk bisa diperbaiki sehingga bisa berusaha pada seleksi tahun berikutnya,” pungkas Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Money Politics

Kalsel

Antisipasi Money Politics, Bawaslu Pantau Masa Tenang Pilgub Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kloter Pertama Calon Haji Banjarmasin Dilepas dari Sabilal
apahabar.com

Kalsel

Siapkan Rp 15 Miliar, Kalsel Bangun Masjid Bambu di Kiram
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Cuti Kampanye Pilkada 2020, Hermansyah Pegang Kendali Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Resmikan Terminal Baru Syamsudin Noor, Jokowi Puji Keseriusan Paman Birin
Masjid

Kalsel

Pandemi dan Lesunya Kehidupan Masyarakat di Sekitar Masjid Pusaka Banua Lawas Tabalong
PPKM

Kalsel

Kalsel Tak Masuk Daftar PPKM, Begini Respons Pelaku Usaha Perhotelan di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Hujan Deras, Sebagian Ruas Jalan di Banjarmasin Terendam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com