Begal Sadis Mengintai Sopir Travel, Simak Imbauan Tim Macan Kalsel  Vonis Mati Pembawa Sabu Ratusan Kilo di Tabalong, Terdakwa Langsung Banding Dihantam Covid-19, Pajak Hiburan Kota Banjarmasin 0 Persen! Pembantaian Sekeluarga di Sigi Sulteng, TNI Terjunkan Pasukan Khusus Berjuang untuk Keluarga, Legimin Tetap Semangat Jualan Kerupuk di Tengah Pandemi

Jokowi Bahas Isu Pencaplokan Tanah Palestina dengan Abbas

- Apahabar.com Rabu, 29 Juli 2020 - 18:39 WIB

Jokowi Bahas Isu Pencaplokan Tanah Palestina dengan Abbas

Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Foto-AP/Majdi Mohammed

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Selasa (28/7) kemarin.

Mereka membahas tentang perkembangan isu Palestina, termasuk perihal rencana Israel mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat.

Pada awal percakapan, Jokowi dan Abbas saling mengucapkan selamat hari raya Iduladha. Setelah itu Abbas memberi penjelasan singkat tentang perkembangan terbaru di wilayah Palestina.

Dia pun menyampaikan kepada Jokowi perihal upaya yang dilakukan para pemimpin Palestina guna mencegah implementasi aneksasi Tepi Barat oleh Israel.

Abbas menyebut langkah demikian dapat menghancurkan semua peluang perdamaian yang adil dan langgeng berdasarkan resolusi legitimasi internasional.

“Presiden Abbas menyatakan terima kasih rakyat Palestina dan kepemimpinan mereka kepada posisi Indonesia di forum internasional dalam mendukung perjuangan Palestina serta hak rakyat Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan,” kata kantor berita Palestina WAFA dalam laporannya seperti dilansir Republika.co.id.

Pada kesempatan itu, Jokowi kembali menegaskan posisi Indonesia yang tak tergoyahkan dalam mendukung perjuangan Palestina.

Indonesia, kata Jokowi, akan menolak semua tindakan sepihak yang bertujuan mencaplok tanah Palestina. Sebab hal itu bertentangan dengan hukum internasional dan resolusi legitimasi internasional.

“Presiden Indonesia menyambut baik dialog antara faksi-faksi Palestina untuk menyatukan posisi Palestina dalam masalah aneksasi yang mengarah pada penyatuan Palestina sepenuhnya,” kata WAFA dalam laporannya.

Selain perihal perkembangan isu di kawasan, Jokowi dan Abbas turut membahas tentang penanganan pandemi Covid-19.

Abbas menghargai dukungan serta bantuan yang diberikan Indonesia kepada Pemerintah Palestina dan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) untuk memerangi virus korona.

Jokowi pun memuji upaya luar biasa yang dilakukan Palestina untuk menangani penyebaran Covid-19.

Dia menekankan bahwa Indonesia juga tengah bekerja keras guna mengendalikan wabah.

“Presiden Indonesia mengumumkan bahwa ia telah menginstruksikan pemerintahnya untuk memberikan bantuan medis yang mendesak kepada Palestina untuk mengatasi virus korona,” kata WAFA.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Kim Jong Un: Tak Akan Ada lagi Perang, Senjata Nuklir Hanya untuk Bertahan
apahabar.com

Internasional

Sekutu Terbesar AS Akui Kemenangan Joe Biden
apahabar.com

Internasional

REG-COV2, Obat Eksperimen Covid-19 Dipakai Donald Trump
apahabar.com

Internasional

Tambah 45.674, Covid-19 di India Capai 8,5 Juta Kasus
apahabar.com

Internasional

Sebelum di Wuhan, Jejak Virus Corona Ditemukan di Barcelona Maret 2019
apahabar.com

Internasional

Positif Covid-19, Presiden AS Donald Trump ‘Berkicau’: ‘Saya Merasa Jauh Lebih Baik
apahabar.com

Internasional

Jejak Buaya Purba Ditemukan di Korea, Fakta Baru Tunjukkan Mereka Berjalan dengan Dua Kaki
apahabar.com

Internasional

Sejarah, Arab Saudi Gelar Turnamen Sepak Bola Wanita Tahun Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com